Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom ROM Xiaomi Redmi Note 6 Pro Review PUBG Mobile


Yak bertemu lagi di blog yokiandika yang dimana saat ini kita akan membahas tema mengenai Custom ROM Xiaomi dan kebetulan saya adalah pengguna Redmi Note 6 Pro. Jadi kita akan review seperti apa sih Custom Rom Xiaomi dan mengapa kamu semua harus menggunakannya. Selain itu kita juga harus mengetahui resiko dan berbagai hal lain yang berdampak pada smartphone kita.

Custom Rom Xiaomi yang akan kita bahas di sini bernama EvolutionX, kenapa saya memilih ROM ini? Salah satu alasannya adalah kemudahan dalam instalasi, dan juga kestabilan yang dimiliki oleh ROM ini. Sebenarnya, pengaruh untuk performa dalam ROM ini jika digunakan untuk bermain PUBG Mobile tidaklah banyak.

Kenapa? Karena memang PUBG Mobile dipengaruhi oleh perangkat smartphone untuk bisa bermain dengan sangat nyaman. Jadi jangan terlalu berharap lebih dengan mengira bahwa dengan menggunakan Custom ROM Xiaomi Redmi Note 6 Pro menjadi lebih enak ya? Paling tidak anda harus mengetahui beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga: Cara mengatasi lag PUBG Mobile di Hp kentang

Review Custom ROM Xiaomi Redmi Note 6 Pro PUBG Mobile

Dari segi cara instalasi Custom ROM di Redmi Note 6 Pro akan kita bahas di artikel lain ya, kemungkinan sesegera mungkin untuk kamu yang penasaran bagaimana cara ampuhnya. Nah, sebelum itu kita akan membahas terlebih dahulu bagaimana sih review performnya.
Ada beberapa perbedaan performa yang saya rasakan sebagai pengguna. Berikut ini adalah beberapa hal diantaranya.

Lagging (freeze) Berkurang

Sangat jarang saya sebagai pengguna Redmi Note 6 Pro tidak mengalami freeze di tengah – tengah pertandingan sebuah PUBG Mobile. Namun saat menggunakan ROM EvolutionX ini sedikit senang rasanya bisa mendapatkan pengalaman bermain game dengan sangat nyaman. Paling tidak perasaan lag dan juga freeze berkurang drastis menurut pengamatan saya pribadi.

FPS Hingga ke High

Sebagai pengguna Redmi Note 6 Pro, ada salah satu hal yang tidak bisa diubah settingan PUBG untuk FPS. Biasanya di MIUI settingan hanya mentok di Medium, sementara untuk di Custom ROM Xiaomi satu ini mampu berada di setting High, mayanlah untuk kelas menengah. Memang tidak tahu pasti berapa FPS yang berhasil didapatkan paling tidak kemungkinan besar 30an FPS.

Seperti yang harus kita ketahui bahwa bermain PUBG Mobile sendiri FPS ini sangatlah penting. Biasanya pro player harus bermain di angka kisaran 60 FPS. Saya sendiri belum mencoba dengan menggunakan tambahan config.

Panas Wajar Seperti Menggunakan MIUI Biasa

Dari segi heat atau panas saat bermain PUBG Mobile dirasa normal dan masih di taraf seperti saat bermain menggunakan MIUI. Malahan dari pengamatan saya baterai sedikit lebih irit dibandingkan saat menggunakan MIUI. Tapi ini hanya perasaan saja ya? Karena saya tidak mengukurnya secara akurat dengan menggunakan timer.

Fitur Gaming Mode Bawaan

EVOLUTIONX juga memiliki fitur bawaan berupa gaming mode dimana saat menggunakan fitur game satu ini kamu tidak akan merasa terganggu dengan berbagai notifikasi yang mungkin muncul. Jadi jangan lupa aktifkan juga fitur satu ini deh!

Tampilan Kece

Memang tidak ada hubungannya dengan game PUBG Mobile, namun dari segi tampilan saya pribadi suka. Lebih fresh dan tidak itu – itu saja seperti MIUI dan menurut kami lebih halus serta animasi lebih enteng.

Satu lagi kelebihan dari EVOLUTIONX bahwa aplikasi bloatware atau bawaan MIUI akan hilang. Kalian tidak akan menemukan iklan dan aplikasi dari XIAOMI yang bahkan tidak pernah kita pakai. Bagaimana menarik bukan?


Kenapa Harus Menggunakan Custom ROM

Sebenarnya Xiaomi sendiri memiliki sebuah Interface yang sudah keren menurut saya pribadi. Umumnya Xiaomi memiliki sebuah UI yang disebut dengan MIUI. Karena saya adalah tipe orang yang merasa tidak puas, dan  memiliki rasa penasaran yang tinggi, saya selalu berganti – ganti ROM atau UI, di Android.

Ternyata memang setelah beberapa kali berganti – ganti UI termasuk saya mencoba EvolutionX ini ada beberapa alasan kenapa harus menggunakan Custom ROM Xiaomi untuk Redmi Note 6 Pro khususnya.

1.    Versi Android

Jadi gini, mengandalkan ROM bawaan atau MIUI tidak masalah sebenarnya. Sayangnya Xiaomi membatasi dukungan untuk Redmi Note 6 Pro dan beberapa smartphone seri lama lain.
Wajar, sebagai produsen smartphone mereka lebih memberikan dukungan software untuk seri – seri yang lebih baru.

Nah, dengan menggunakan Custom ROM Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini kita bisa mendapatkan versi android terbaru bahkan versi Android 10.  

Jujur kamu tidak akan mendapatkan versi Android 10, tidak akan pernah jika menggunakan MIUI. Bahkan untuk versi MIUI paling mentok di versi 11 saja kemungkinan ya? Jadi kenapa tidak menggunakan Custom ROM saja?

2.    Lebih Ringan

Harus diakui bahwa hal yang paling mengganggu menurut pengalaman saya pribadi adalah aplikasi bawaan atau sering disebut dengan bloatware. Nah, seperti yang sudah dibahas di atas bahwa Bloatware ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Salah satu cara menghilangkan dengan menggunakan Custom ROM XIaomi Redmi yang saya pakai ini.

Cuma dibekali dengan aplikasi Google yang minimalis yang disebut dengan Gapps. Sudah sangat pas untuk digeber untuk kegiatan sehari – hari nih.

3.    Menghilangkan Iklan di Hp Xiaomi

Setiap ROM memiliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun MIUI disebut menjadi salah satu ROM terbaik namun ada salah satu hal yang sangat mengganggu yaitu iklan yang ditampilkannya. Jika kamu adalah tipe yang ingin menghilangkan gangguan ini, maka sudah tahu jawabannya bukan? Kalau saya pribadi memang suka otak atik, jadi alasan iklan ini sebenarnya bukan tujuan utama.

4.    Customasi Lainnya

Inilah fitur yang paling saya cari yaitu fitur – fitur kustom di dalamnya. Dari sini kamu bisa install seperti aplikasi Google Camera atau gcam, kemudian aplikasi – aplikasi yang sebelumnya tidak mendukung di MIUI. Hal inilah yang sebenarnya saya cari dengan berbagai custom yang menarik dan sangat unik membuat puas bermain – main dengan smartphone android.

Akhir Kata

Walaupun terdengar mewah, sebenarnya kamu juga harus tahu resiko – resiko jika menggunakan Custom ROM di Xiaomi. Salah satunya adalah garansi hilang, kemudian kesalahan instalasi yang menyebabkan hp bootlop ataupun sampai mati total. Jadi pastikan untuk tahu terlebih dahulu resikonya.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar Custom ROM Xiaomi EVOLUTIONX yang saya install di Redmi Note 6 Pro ini, bisa langsung saja masukan di kolom komentar aja deh. Nanti saya jawab satu persatu.
Yoki Andika
Yoki Andika Well. I am a passionate blogger, drama lover, Tech lover, and Game Enthusiast, which will learn to write and speak English. Glad to see you here!

Post a comment for "Custom ROM Xiaomi Redmi Note 6 Pro Review PUBG Mobile"