Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Aplikasi VIU Android Lengkap Versi Gratis dan Pengguna Premium


Review-Aplikasi-VIU

Sobat pencinta film, drama, serial TV, dan juga berbagai program variety show khususnya untuk hiburan Asia mungkin harus membaca informasi Review Aplikasi VIU Android yang akan kami bagikan ini. Seperti yang kamu ketahui ya sobat bahwa karena kami menggunakan smartphone dan hp android atau masih belum menggunakan Iphone jadi kami memang melakukan review aplikasi android.

Berbicara mengenai aplikasi VIU sendiri mungkin kita juga pernah membandingkan dengan beberapa aplikasi streaming on demand lainnya pada artikel perbandingan VIUvs DrakorID+ sebelumnya bukan? Jika anda membaca artikel tersebut mungkin anda sudah mengetahui beberapa keunggulan dari VIU.

Namun di kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit cerita mengenai Review Aplikasi VIU Android berdasarkan dari pengalaman penggunaan selama kurang lebih hampir satu tahun ini. Mulai dari kelebihan, kekurangan, fitur, serta perbedaan akun Free dan juga Premium yang mungkin bisa kamu dapatkan dari satu tempat saja.

Ya benar kalian para pencinta drama mungkin membutuhkan review ini untuk panduan penggunaan aplikasi VIU. Jadi terus simak artikel dari yokiandika.com agar kalian bisa mengetahui berbagai kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi android yang akan kita review kali ini. Sudah siap? Mari kita coba bahas satu persatu di artikel dan kesempatan kali ini.


Apa Itu Aplikasi VIU Android

Viu adalah sebuah platform video streaming provider yang menghadirkan berbagai konten hiburan yang lebih berfokus di ASIA. Dengan sistem OTT atau sering disebut dengan over-the-top platform, Aplikasi VIU ini mendistribusikan berbagai video secara langsung kepada pengguna internet dengan platform yang mereka miliki.

Viu didirikan pada tahun 2015 di Hongkong yang merupakan tanah kelahiran dari platform streaming video ini. Diluncurkan tepat pada 26 Oktober 2016.

Pada tahun 2016 tepatnya di bulan Januari, VIU pertama kali memperkenalkan diri dengan lauching di Singapura yang kemudian disusul India dan Malaysia pada bulan Maret dan Indonesia pada bulan Mei. Namun pada 2019 VIU menarik diri dari pasaran India.

VIU adalah sebuah perusahaan yang berada di bawah PCCW Limited yang juga dikenal sebagai Pacific Century CyberWorks yang merupakan sebuah perusahaan yang ada di Hongkong dan bergerak di industri Telekomunikasi. PCCW sendiri merupakan salah satu perusahaan besar dimana sudah banyak anak perusahaan yang meluas di berbagai Negara.

Fitur Fitur Utama

Dalam review aplikasi VIU android ini akan aneh jika kami di sini tidak memberitahukan mengengai fitur yang dimiliki oleh platform yang menurut kami keren ini. Nah, akan kami berikan beberapa fitur yang bisa didapatkan ketika menggunakan aplikasi VIU sebagai pendamping kalian para penggemar drama. Menurut kami VIU tidak jauh – jauh dari drama Korea, Thailand, China, Jepang, dan drama Asia lainnya.

Pangsa penggemar drama Asia di Indonesia sendiri juga cukup banyak. Namun di sini kalian juga bisa menonton drama dan series lokal Indonesia yang tidak kalah seru juga. Mari kita lihat beberapa fitur yang dimiliki.

Catatan: Penulis melakukan review dengan nonton drama korea ya? Karena admin sendiri adalah penggemar drama korea jadi fitur ini kami tulis berdasarkan dari seri – seri drama korea.

1.    Daftar Drama Yang “Lumayan” Lengkap

daftar-drama-viu

Jika harus memberikan nilai kelengkapan dari drama korea akan kami nilai dengan “3” dari “5” poin. Kelengkapan drama korea series memang cukup lengkap dan juga pilihan drama. Selain itu bisa dibilang juga update sehingga kita bisa nonton drama yang sedang on-air saat ini. Namun terkadang ada beberapa drakor yang tidak ditayangkan di aplikasi VIU.

Dari beberapa bulan kami menggunakan aplikasi yang satu ini, dalam review Aplikasi VIU Android kami rasa dari daftar drama bisa dikatakan cukup memuaskan walaupun belum sampai ke ekspektasi terbesar kami.

Ada beberapa pola penting yang bisa diperhatikan. Sebagian besar drama yang tayang di Netflix akan butuh waktu lama untuk tayang di VIU, atau bahkan tidak akan tayang di VIU.

Dan beberapa pola lainnya seperti drama tvN sering tampil di Netflix sehingga kita jarang menikmati drama hits tvN di VIU, walaupun beberapa memang ada yang tayang di VIU.

Kami beri contoh misal drama korea “Itaewon Class”, “Hi Bye Mama”, “Crash Landing On You” merupakan drama tvN dan tidak tayang di VIU, sementara “Memorist” yang juga drama tvN tayang di VIU.

Intinya, jangan mengharapkan drama akan tayang di aplikasi VIU, jika sudah tayang di Netflix. Begitulah kira kira dari review Aplikasi VIU android dan pengalaman yang kami dapatkan hampir setahun menggunakan aplikasi ini.

2.    Player dan Kualitas Video

Review-Aplikasi-VIU-Playerplayer

Dalam review Aplikasi VIU Android ini kami memberikan nilai “4” dari “5” poin untuk player dan kualitas video yang dimiliki oleh aplikasi streaming video yang satu ini. Menurut kami player dan juga kualitas video yang diberikan sangat baik. Kami paling suka dengan player yang dimiliki oleh platform satu ini khususnya untuk para pengguna aplikasi mobile.

Coba kamu lakukan ini, tonton salah satu drama atau film favorit kalian. Kemudian kalian tekan tombol “home” (jangan tekan back) setelah itu kembali buka aplikasi VIU, maka kalian akan mendapatkan video terakhir yang kita tonton. Bukan hanya itu ketika kita buka video tersebut kita akan membuka tepat dimenit berapa terakhir kita tinggalkan. Menurut kami fitur ini sangatlah keren dan menarik.

Selain itu fitur lain yang juga tidak kalah keren adalah misal kita nonton sebuah variety show katakanlah Running Man, maka ketika kamu buka seri Running Man lagi maka akan terlihat episode berapa yang terakhir kalian tonton.

Sementara itu dari kualitas video juga memang juga bisa dibilang bagus kita bisa mengatur sendiri kualitas yang ada sehingga bisa disesuaikan. Saat menggunakan paket data internet provider di setting ke low quality, agar hemat kuota, dan sebagainya.

3.    Notifikasi

Setting notifikasi ini juga bisa kita atur di bagian “Setting”. Hal ini berguna untuk memberikan pemberitahuan bahwa sebuah drama yang sering kita tonton sudah rilis episode baru. Selain itu memberikan kita beberapa rekomendasi drama yang sedang trend, dan sebagainya. Namun, saya pribadi jarang untuk mengaktifkannya karena memang tidak memerlukan fitur ini.

Jangan Lewatkan Juga: Aplikasi VSCO Mod Apk

Perbedaan VIU Premium dan Freemium atau Gratis

Dalam membuat review aplikasi VIU Android ini kami menunggu selama beberapa bulan untuk mengetahui perbedaan antara fitur gratis (Freemium) dan fitur Premium berbayar. Dan akhirnya kami mendapatkan perbedaan yang sangat mencolok dari keduanya.

1.    Akses Ke Semua Video, Drama, Film, Serial

viu-daftar-drama

Bagi pengguna Freemium gratis, anda akan mendapatkan akses gratis ke semua drama pada satu bulan pertama tanpa harus login. Ya, saat itu kami mencoba cara ini dan berhasil, kami menonton berbagai drama pada sebulan pertama.

Saat itu kami mencoba menyelesaikan sebuah drama berjudul Dr. Romantic yang bisa diakses semua episodenya. Kemudian, pada saat yang sama kami juga mengakses drama on-going pada waktu itu Dr. Romantic 2 (season 2) selama sebulan yang berarti beberapa episode.

Setelah satu bulan berlalu anda harus login dan hanya bisa mengakses drama tertentu yang kebanyakan drama lama. Untuk bisa mengakses drama – drama baru maka anda harus membayar ke member premium. Itu perbedaan pertama yang kami pelajari.

2.    Download dan Tonton Offline

 Kami juga melihat perbedaan yang bisa diketahui ketika membeli Subsription yang bisa menjadi salah satu kelebihan yaitu nonton offline. Saat kamu memiliki akses premium, kamu bisa nonton offline dengan cara download drama terlebih dahulu. Hal ini tidak bisa dilakukan pada pengguna Freemium atau gratis.
Sayangnya fitur ini tidak dimiliki di platform website, kami kebingungan bagaimana cara download video, film, melalui platform website. Jika kalian pernah mendapatkan caranya bisa deh share di kolom komentar ya?

3.    Koneksikan ke TV (Pair Device)


Memang di review Aplikasi VIU android ini, kami belum mencoba ke dalam akun gratis, namun untuk pengguna berbayar bisa mengkoneksikan ke Smart TV. Jadi kalian bisa nonton melalui smart TV dengan memasukkan pair code via koneksi Wifi. Kami mencobanya untuk pengguna Premium, jadi kalian bisa akses di perangkat TV, Laptop, dan juga Smartphone.

Tapi kami juga lupa untuk mencobanya di akun gratis mungkin kalian bisa share pengalaman mengkoneksikan ke perangkat TV saat belum berlangganan di kolom komentar ya?

4.    Tidak Ada Iklan

Nah, untuk pengguna gratis memang diberikan akses iklan yang mungkin sedikit menganggu saat nonton streaming, namun tidak dengan pengguna premium. Namun ketika membuat Review Aplikasi VIU, ini kami sedikit terganggu dengan pop up yang sering muncul saat pertama kali membuka aplikasi di Android. Seharusnya lebih sempurna jika pop up ini tidak muncul bagi para pengguna yang sudah melakukan subscription.


Harga Berlangganan Aplikasi VIU

Harga-langganan-viu

Di dalam aplikasi ini terdapat dua jenis paket yang disebut dengan Paket Dasar dan Paket Premium. Paket dasar bisa disebut sebagai pelanggan gratis dan paket premium adalah orang yang berlangganan.

Adapun pilihan langganan sendiri memiliki harga yang beragam dan juga bermacam – macam namun pada dasarnya ada 1 bulanan, 3 bulanan, setahun dan lain sebagainya.

Anda bisa mulai berlangganan dengan Rp. 30.000 per bulan untuk menikmati semua konten dengan premium akun. Biaya ini juga bisa dibilang cukup murah dan terjangkau dibandingkan dengan lawan sebelahnya Netflix.

Kesimpulan

Dari review aplikasi VIU Android yang sudah kita bahas di atas mungkin kamu sudah mengetahui mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi yang satu ini bukan? Nah kami rangkum di sini beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kalian dapatkan.

Kelebihan Aplikasi VIU:
  • Player dan juga interface yang mudah digunakan khususnya untuk pengguna aplikasi mobile.
  • Daftar video streaming yang lengkap dan juga banyak.
  • Nonton online atau offline.
  • Kualitas Video yang bisa disesuaikan sampai ke Full HD untuk semua perangkat sehingga saat nonton di Smart TV dan desktop bisa lebih puas.
  • Gratis untuk satu bulan pertama fitur premium.

Kekurangan Aplikasi VIU:
  • Fitur akun gratis tidak bisa nonton video sesuka hati atau dibatasi.
  • Memiliki iklan yang cukup mengganggu di fitur gratis.
  • Situs website tidak mudah digunakan (menurut kami). Terutama dengan para pengguna mouse.

Itu dia review Aplikasi VIU android dari kami, semoga artikel ini membatu kalian semua ya? Jangan lupa share artikel ini dan terus ikuti review lain bersama dengan kami. Terimakasih.

Yoki Andika
Yoki Andika Well. I am a passionate blogger, drama lover, Tech lover, and Game Enthusiast, which will learn to write and speak English. Glad to see you here!

Post a comment for "Review Aplikasi VIU Android Lengkap Versi Gratis dan Pengguna Premium"