Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Aplikasi Android di Luar Playstore Dengan Format APK, XAPK, dan APKs


Cara Install Aplikasi Android di Luar Playstore Dengan Format APK, XAPK, dan APKs

Sobat semua apakabar? Kembali lagi pembahasan tips dan trik teknologi yang bisa kalian ikuti di blog tercinta kita yokiandika.com . Beberapa waktu yang lalu ada seorang kawan yang bertanya mengenai sebuah aplikasi android. Pertanyaannya sebenarnya sederhana, “Bagaimana cara install aplikasi android secara manual? ”.

Walaupun terdengar sangat sederhana namun beberapa orang merasa kesulitan mengetahui cara install aplikasi android manual ini. Terlebih jika format ekstensi filenya adalah XAPK ataupun APKs, mungkin kamu nggak bakalan bingung jika formatnya APK saja bukan? Nah bagaimana kalau XAPK atau APKs? Pasti bingung.

Kenapa Harus Install Aplikasi Android di Luar Google Playstore (Manual)?

Seperti yang kamu ketahui kita dimudahkan untuk melakukan instalasi menggunakan sebuah platform yang bernama Google Playstore. Android sendiri adalah sebuah sistem operasi yang open source alias bisa digunakan dan dipakai oleh siapa saja. Permasalahannya tidak semua aplikasi android yang kita inginkan ada di toko aplikasi milik Google ini.

Tentu sebagai pemilik Android, Google selalu ingin penggunanya selalu menggunakan platform miliknya sehingga semakin ke sini kita dipersulit dengan cara install aplikasi android manual. Terbukti dulunya Google hanya menggunakan esktensi APK untuk aplikasi android dan sekarang ada ekstensi yang disebut dengan APKs dan juga XAPK.

Saat kalian mengetahui cara install aplikasi di luar Google Playstore atau dengan cara manual ini, kamu akan bisa melakukan instalasi aplikasi android seskuka hati. Tentu perlu diketahui juga masalah keamanan juga ya? Jangan sampai keasikan install aplikasi android kamu tidak memperhatikan keamanan dari aplikasi.

Jadi intinya cara install aplikasi android manual ini penting karena dengan tahu langkah, metode, dan cara yang ada di sini kalian semua bisa menggunakannya untuk melakukan instalasi aplikasi apa saja yang tidak ada di Google Playstore ataupun yang menawarkan fitur tambahkan atau dikenal dengan nama mod apk.

Baca Juga: Review Aplikasi VIU Android

Cara Install Aplikasi Android Manual di Luar Google Playstore

Kami akan membagi caranya menjadi beberapa bagian, pertama adalah instalasi Apk, XAPK, dan terakhir kita membahas mengenai instalasi APKs. Yuk Mari kita bahas langsung saja agar kami tidak lagi penasaran.

1.    Cara Install APK

Cara install apk adalah cara dan langkah yang paling mudah untuk bisa kalian lakukan. Yang perlu kita lakukan hanyalah “Allow Unknown Resources” atau mengijinkan dari sumber asing. Di beberapa tahun lalu cara ini bisa dilakukan sekaligus, namun semenjak Android versi 8.0 Oreo kita harus melakukannya satu persatu. Mari kita lihat beberapa langkah berikut ini.
  • Jika kalian sudah memiliki file apk, maka langkah pertama adalah langsung saja buka apk tersebut dengan klik file tersebut.
  • Kalau kamu baru pertama kali melakukan instalasi apk biasanya akan muncul pop-up yang menunjukkan adanya dua tombol yaitu “Cancel” dan “Settings”. Pilih Settings.
  • Kamu akan masuk ke setting dengan tampilan seperti di bawah ini.
settings allow from this sources

  • Langsung saja “Enable” kan pilihan “Allow from this resources”. Dan tekan tombol back untuk melakukan instalasi.
  • Tekan tombol Install, dan tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai.
  • Selamat kalian sudah bisa melakukan instalasi apk.


2.    Cara Install XAPK

XAPK adalah sebuah format yang terdiri dari APK dan juga OBB yang merupakan file tambahan yang digunakan untuk sebuah aplikasi android agar bisa berjalan dengan lancar. Pengertian mudahnya XAPK ini adalah sebuah file yang dikompres agar lebih memiliki ukuran yang lebih kecil.

Sayangnya kamu tidak bisa langsung membuka file berformat XAPK ini tidak seperti APK yang bisa langsung kita buka melalui file explorer. Lalu bagaimana cara untuk melakukan instalasinya? Berikut adalah cara yang bisa kalian gunakan.
  • Cara install XAPK ini adalah cara tanpa menggunakan aplikasi tambahan ya?
  • Langkah pertama, kalian bisa membuka file explorer dan cari file XAPK tersebut.
  •  Lakukan Rename dengan menjadi file .zip. Kalian bisa menggunakan file explorer kesukaan kalian masing – masing.
  • Kalian bisa melakukan decompress file dengan mengekstrak file tersebut. Kira – kira isi filenya seperti pada gambar di bawah ini.
ekstrak file XAPK

  • Berikutnya silakan buka folder Android, kemudian copy folder OBB dan pastekan ke memori internal android di path Android/OBB/. Ingat ya yang dicopy isi folder OBB bukan folder OBBnya.
  • Setelah itu baru kalian bisa install APK yang dengan cara biasa.
  • Tunggu beberapa saat setelah proses instalasi selesai.
  • Selamat karena sudah berhasil install file XAPK.

Bagaimana cara install XAPK tanpa aplikasi tambahan ini sangat mudah untuk dilakukan juga bukan? Kalian juga bisa menggunakan aplikasi tambahan salah satunya APKPURE yang hanya sekali klik saja untuk install file XAPK. Silakan pilih metode masing – masing yang mudah untuk kamu.

Baca Artikel Lain: 20 Game Android Offline dan Online Terbaik 2020 (Baru!)

3.    Cara Install APKs

Pengertian APKs ini juga mirip dengan XAPK hanya saja APKs adalah sebuah file yang digunakan untuk mengetest aplikasi sebelum nantinya bisa tampil di Google Playstore. Lalu bagaimana cara install APKs ini? Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan yang disebut dengan Split Installer.
  • Silakan untuk install Split Installer di linkberikut ini.
  • Setelah itu buka aplikasi Split Installer dan cari file APKs yang ingin diinstall dengan klik tombol Install APKs.
APKs Splitter

  • Tunggu beberapa saat dan selamat kalian sudah bisa menggunakan aplikasi android tersebut.


Bagaimana mudah bukan cara install file APKs ini? Kalian tidak akan kesulitan dengan cara yang sudah di share di atas kok. Kalau masih mengalami kesulitan langsung komen di kolom komentar di bawah pasti akan kami jawab satu persatu.

Mengatasi Gagal Install APK, XAPK, dan APKs

Ada banyak faktor yang menyebabkan error atau instalasi aplikasi android secara manual tidak berhasil. Tergantung dari notifikasi pesan pop up yang muncul. Sebagai contoh mucul pesan Error “App not Installed”, dan Error “Download failed because you may not have purchased this app”. Mari kita lihat cara mengatasinya.  

Cara Mengatasi Error “App not installed”

Gunakan beberapa langkah ini untuk mengatasi permasalahan Error “App not installed”.

  • Jika kamu mendapatkan pesan error ini maka bisa jadi anda memiliki versi lain dari aplikasi atau game yang ingin diinstall (kamu sudah melakukan instalasi sebelumnya). Silakan untuk uninstall terlebih dahulu.
  • Hal ini juga bisa dikarenakan fitur “Play Protect” aktif. Kalian bisa menonaktifkannya dengan masuk ke Googe Playstore > Play Protect > klik icon gambar “setting” dan non aktifkan play protect.
  • Namun hal ini juga bisa jadi smartphone kalian tidak support dengan file APK ini.
  • Jika masih tidak bisa juga silakan coba untuk restart hp kamu.

Baca Juga: Aplikasi VSCO Mod Apk


Cara Mengatasi Error “Download failed because you may not have purchased this app”

Langkah mengatasi Error “Download failed because you may not have purchased this app” bisa dengan beberapa langkah berikut.
  • Error muncul karena mungkin kalian lupa untuk mengcopy file OBB atau file tambahan di folder yang seharusnya.
  • Jika masih error, dan apabila aplikasi atau game tersedia di Google Play silakan install dari Google Play namun jangan buka aplikasi terlebih dahulu, kemudian copy kan file OBB baru kamu buka aplikasi atau game tersebut.


Kesimpulan

Cara install aplikasi android di luar Playstore dengan format APK, APKs, dan XAPK ini kami buat agar kamu semua mengetahui cara ampuh melakukan instalasi apk yang tidak ada di Google Play. Perlu diingat juga untuk masalah keamanan ya? Kami tidak bertanggung jawab mengenai keamanan aplikasi android yang ada di luar sana.

Jika mengalami kesulitan silakan langsung komen saja di kolom komentar, akan kami jawab satu persatu di sini kok. Terimakasih dan jangan lupa di share ya?

Yoki Andika
Yoki Andika Well. I am a passionate blogger, drama lover, Tech lover, and Game Enthusiast, which will learn to write and speak English. Glad to see you here!

Post a comment for "Cara Install Aplikasi Android di Luar Playstore Dengan Format APK, XAPK, dan APKs"