Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VIU vs Drakorid+ Perbandingan Aplikasi Nonton Drakor Gratis


yokiandika.com - Halo Sobat sudah lama kita tidak bersua, kali ini saya akan membahas mengenai Viu vs Drakorid+. Jadi mungkin beberapa dari kamu adalah penggemar drama korea yang sering nonton streaming  drama korea melalui aplikasi android bukan?

Jika kamu adalah penggemar drama korea mungkin artikel ini bisa membantu untuk mengetahu perbandingan aplikasi nonton streaming drama korea yang biasa digunakan. Ya dalam hal ini kita akan membandingkan aplikasi nonton drama korea viu vs drakorid+.

Saya sudah mencoba kedua aplikasi android ini kurang lebih selama kurang lebih 3 bulan. Saya mencobanya baik untuk versi gratis maupun berbayarnya. Jadi siapkan diri untuk simak artikel kali ini, kamu bisa melihat perbandingan kedua aplikasi android yang digunakan untuk nonton streaming drama korea ini.

Aplikasi VIU

Viu adalah sebuah aplikasi nonton streaming drama korea yang cukup lengkap. Sebenarnya Viu bukan hanya untuk nonton drama korea saja melainkan semua drama asia. Jadi dengan menggunakan aplikasi VIU kamu bisa nonton drama asia termasuk Jepang, Thailand, dan lain sebagainya.

Aplikasi VIU dikembangkan oleh pengembang bernama Viuclip Mobile Video, dan sudah diunduh sekitar 50 juta kali. Dengan begitu aplikasi android yang satu ini cukuplah populer dikalangan para penikmat drama korea.

Selain itu aplikasi VIU termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang legal alias resmi sehingga kamu bisa dengan tenang menikmati drama. Selain itu bukankah dengan menggunakan aplikasi legal berarti kamu mendukung karya – karya idola kamu? Nah Viu menjadi salah satunya.

Aplikasi Drakorid+

Saat pertama kali mencoba aplikasi drakorid+ ini sebenarnya untuk tujuan pekerjaan. Tidak disangka ternyata aplikasi nonton drama korea ini sangat “nagih” dan sangat layak menjadi salah satu aplikasi yang harus ada di hp android terutama untuk para pencinta drakor.

Bisa dibilang dari segi tampilan memanglah sangat sederhana, sehingga kamu nggak bakalan sulit untuk menggunakan aplikasi android yang satu ini. Walaupun tidak sepopuler VIU dari jumlah download tapi aplikasi drakorid+ ini memiliki kelebihan yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Viu vs Drakorid+

Oke mari kita adu beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing – masing aplikasi nonton drakor ini. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membandingkan nih kedua aplikasi ini. Semoga dari hasil perbandingan ini kalian bisa mengetahui beberapa aplikasi mana yang paling sesuai untuk kamu semua ya?

Tampilan dan User Interface


Kalau dari user interface sih keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Kalau saya pribadi keduanya seimbang walaupun dari segi desain memang VIU lebih unggul menurut saya pribadi. Tapi secara keseluruhan memang sama – sama mudah untuk digunakan.

Kamu bisa mencari drama yang ingin ditonton, kemudian ada daftar drama secara lengkap dan lain sebagainya. Bahkan kelebihan dari Drakorid+ ini menurut saya pribadi lebih mudah mencari daftar drama sesuai dengan keinginan.

Drakorid+: Memiliki kemudahan pencarian drama korea dengan adanya list semua drakor yang ada. Informasi cast dan sinopsis yang lengkap, drama tervaforit (berdasarkan jumlah viewer), dan drama yang baru saja diperbarui.

Viu: Memiliki tampilan modern yang sangat nyaman untuk dilihat. Untuk mencari drama korea juga mudah dengan memilih menu di TV Korea, atau bisa langsung search judul di kolom pencarian. Selain itu di VIU juga akan diberikan akses banner untuk drama yang baru rilis.

Kelengkapan Drama


VIU: Viu sebenarnya menampilkan drama korea secara lengkap namun mungkin karena permasalahan hak siar aplikasi yang satu ini tidak menampilkan dan menayangkan drama yang disiarkan di tvN dan tentunya di Netflix. Ya, jika kamu ingin nonton yang disiarkan di tvN, mungkin harus menggabungkannya dengan Netflix.

Beberapa drama seperti Crash Landing on You, Itaewon Class, Kingdom Season 2, Hi Bye Mama, tidak disiarkan di aplikasi yang satu ini. Jadi menurut saya pribadi untuk kelengkapan drama memang kurang memuaskan karena kita harus menggabungkan dengan layanan lain seperti misalnya Netflix.

Drakorid+: yang saya takjub dari aplikasi nonton yang satu ini adalah kelengkapan dramanya. Saya tidak tahu apakah aplikasi yang satu ini legal atau tidak yang jelas saat saya membuat review ini Drakorid+ ada di Google Play dan bisa didownload lewat sana. Kamu bisa nonton drama yang ada di tvN, yang ada di Netflix, yang ada di VIU, SBS, semua channel.

Sehingga dari kelengkapan drama saya mengakui Drakorid+ sendiri berada lebih di atas. Walaupun begitu saya juga tidak pasti mengenai legalitas dari aplikasi yang satu ini ya? Jadi harap dicamkan baik – baik.

Layanan


VIU: Aplikasi yang satu ini memberikan akses ke semua drama di sebulan pertamanya. Setelah itu kamu harus membayar untuk menyaksikan drama – drama mereka. Selain itu bisa dibilang bahwa sebenarnya harga berlanggananya juga cukup murah mulai dari Rp 70.000 untuk 3 bulanan.

Drakorid+: Sedangkan untuk aplikasi yang satu ini sebenarnya bisa dibilang kamu bisa menggunakannya secara gratis seumur hidup. Tapi perlu diingat bahwa dalam sebuah aplikasi gratis selalu ada iklan dan iklan di aplikasi drakorid+ ini sangatlah mengganggu menurut saya pribadi. Tidak ada salahnya untuk berlangganan kok karena harga langganannya sangat murah dengan mulai dari Rp 5.000.

Player Video


VIU: yang saya suka dari VIU adalah player videonya yang fleksibel dan juga sangat enak untuk digunakan untuk nonton. Bahkan saya cenderung nonton menggunakan VIU daripada drakorid+ jika memang kedua drama ada di kedua platform gara – gara player dari VIU lebih enak untuk digunakan untuk nonton.

Kerennya lagi VIU ini bisa memutar video tepat dimenit keberapa kita meninggalkan film atau judul film. Dengan kata lain kamu bisa melanjutkan nonton kapan saja tidak perlu mengingat sudah sampai menit, detik keberapa saat nonton.

Drakorid+: Menurut saya pribadi kekurangan dari aplikasi satu ini adalah dari segi player. Ya memang tidak ada yang sempurna didunia ini. Walaupun terbilang gratis seumur hidup tapi dari segi player cukup sulit untuk menyesuaikan diri. Jika tiba – tiba koneksi putus mungkin kamu harus mengulangi nonton dari awal lagi.

Update Drama On-Going

VIU: dari update drama yang sedang berlangsung terbilang VIU memiliki beberapa bug. Sebenarnya saya tidak tahu juga bahwa ini bug atau bukan. Terkadang aplikasi yang satu ini memiliki kecepatan update yang cepat. Jadi misalnya harusnya jadwal hari senin keluar episode baru maka hari itu juga kita bisa nonton. Tapi adakalanya dua hari lagi baru keluar episode baru.

Sebagai contoh saya yang merupakan penggemar Running Man misalnya ingin nonton episode terbaru di hari senin, terkadang hari senin bisa langsung saya tonton terkadang harus menunggu sampai hari selasa atau rabu.

Drakorid+: Saya belum pernah kecewa dengan kecepatan update dari aplikasi yang satu ini. Biasanya aplikasi ini sangat tepat dan cepat dalam waktu update sehingga layak diperhitungkan. Oh iya, satu lagi ada fitur request drama, yang memang fitur ini belum aktif tapi jika sudah aktif nantinya pasti akan lebih seru lagi.   

Kesimpulan

Jika masih kurang jelas mengenai perbedaan antara VIU vs Drakorid+ di atas maka anda bisa lihat tabel yang ada di bawah ini.
VIU Drakorid+
Gratis 1 Bulan Penggunaan (tanpa login) Gratis Seumur Hidup (dengan iklan)
Kelengkapan Drama Tidak ada drama yang tayang di Netflix Bisa dibilang lengkap (tergantung admin)
Player Lebih Enak dilihat kekurangan utama aplikasi ini
Update Drama On-going Sering Terlambat Selalu Tepat Waktu
Penggunaan Mudah Mudah

Nah, itu dia pembahasan kita mengenai VIU vs Drakorid+ yang bisa didapatkan. Jika kamu masih kurang jelas silakan langsung saja tanya di kolom komentar ya? Boleh kok nanya apa saja. Pengen tahu rekomendasi drama juga boleh! Terimakasih dan sampai jumpa di lain kesempatan.
Yoki Andika
Yoki Andika Well. I am a passionate blogger, drama lover, Tech lover, and Game Enthusiast, which will learn to write and speak English. Glad to see you here!

Post a comment for "VIU vs Drakorid+ Perbandingan Aplikasi Nonton Drakor Gratis"