Ads

Payment Gateway Indonesia: Pengertian, Jenis, Dan Cara Penerapan Di Bisnis Kamu

Payment Gateway Indonesia


Payment Gateway Indonesia

Payment Gateway adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk transaksi secara online yang langsung terhubung ke berbagai metode pembayaran (kartu kredit, go-pay, ovo, dan lain – lain). Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah orang yang cukup banyak menghabiskan waktu berbelanja secara online.

Dengan adanya payment gateway ini tentunya memudahkan konsumen, dan juga pemiliki bisnis (bisa produk dan juga jasa) untuk bertransaksi langsung melalui jaringan internet. Biasanya pemilik bisnis yang memkai payment gateway disebut dengan Merchant, jadi kedepannya jangan bingung ketika kita menyebut merchant.

Ada banyak pembayaran online juga yang sudah ada di Indonesia seperti Go- Pay, DANA, OVO, Link Aja, dan juga berbagai layanan pembayaran lainnya. Beberapa transaksi cashless ini membantu lho saat bertransaksi untuk memudahkan transaksi menjadi lebih cepat. 

Pengertian Payment Gateway 

Seperti yang sudah dibahas bahwa payment gateway adalah sebuah layanan yang disediakan kepada merchant, agar konsumen lebih mudah melakukan metode pembayaran online. Sebagai contoh kamu memiliki sebuah bisnis misalnya toko cuci sepatu. 

Dengan menggunakan payment gateway jasa cuci sepatu kamu akan bisa melakukan pembayaran online melalui website yang kamu miliki, bahkan beberapa payment gateway menyediakan layanan tanpa kamu harus memiliki website kok. 

Payment gateway sendiri diawali pada masa sebelum internet berkembang pesat. Pada awalnya pada tahun 1994 Authorize.net dengan seorang pengembang perangkat lunak atau software developer bernama Jeff Knowless mengemabangkan sebuah sistem yang digunakan untuk pembayaran visa.

Kemudian mulai dari saat itulah payment gateway sangat berkembang pesat dengan munculnya berbagai macam raksasa ecommerce seperti Amazon, Ebay, dan lain – lain. 

Cara Kerja Payment Gateway

Payment Gateway Indonesia
Payment Gateway Indonesia

Pada dasarnya cara kerja dari payment Gateway ini cukup sederhana. Walaupun sederhana payment gateway memiliki tugas yang sangat penting. Tugas utamanya adalah memproses transaksi yang terjadi antara merchant dan konsumen mereka. 

Payment gateway mengamankan atau dalam bahasa teknologinya mengenkripsi informasi yang berkaitan dengan keuangan dari kedua belah pihak si konsumen dan juga merchant, dan memastikan bahwa transaksi berjalan aman. 

Jika diperhatikan melalui langkah – langkah cara kerja, adalah sebagai berikut: 

Langkah 1: Konsumen membeli produk baik berupa barang ataupun jasa online melewati website ataupun lewat apa saja yang ada di internet. 

Langkah 2: Kemudian Merchant mengirimkan data pesanan secara otomatis ke payment gateway. Setelah itu barulah konsumen atau pembeli membayar dengan menggunakan metode pembayaran yang mereka mau (gopay, ovo, bank, atau lain – lain). Kemudian pembayaran akan dilanjutkan ke bank yang bersangkutan untuk meminta proses otentikasi (authentication process).

Langkah 3: Jika otentikasi diterima kemudian payment gateway memastikan untuk menerima atau menolak transaksi, penolakan biasanya terjadi karena kurangnya jumlah uang dan sebagainya. 

Langkah 4: Payment gateway mengirim notifikasi kepada merchant dan juga customer mengenai sukses tidaknya transaksi yang berlangsung. 

Langkah 5: Uang transaksi berhasil disimpan di bank yang bersangkutan. 

Nah, kira – kira cara kerja payment gateway sederhananya adalah seperti itu, tapi karena metode pembayaran sangatlah banyak maka terdapat berbagai cara kerja lainnya yang bisa didapatkan dari payment gateway. Namun secara garis besar prinsipnya adalah seperti itu. 

Jenis Dan Macam Penyedia Payment Gateway Indonesia

Terdapat beberapa penyedia layanan payment gateway yang ada di Indonesia yang cukup populer. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Doku

Jujur saya sendiri adalah orang yang paling familiar dengan Doku. Mungkin kamu bertanya kenapa? Ada cerita dibalik itu semua. Saya pernah memakai payment gateway yang satu ini di sebuah website. Pada waktu saya masih bekerja di sebuah perusahaan travel agen, saya menggunakan Doku sebagai payment Gateway pilihan. 

Sebenarnya pemilihan ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan tersendiri kenapa pada saat itu kami memilih Doku sebagai payment gateway. Salah satu alasannya adalah bahwa pricing atau harga yang ditawarkan cukup murah, dibandingkan beberapa payment gateway lainnya pada waktu itu. 

Doku juga melayani berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih, mulai dari kartu kredit, virtual account, dan masih banyak lagi. 


Midtrans

Seperti halnya dengan Doku, Midtrans juga merupakan salah satu penyedia layanan Payment Gateway yang ada di Indonesia. Sebenarnya Midtrans ini sangatlah lengkap dalam hal pembayaran, bahkan sudah bisa menangani pembayaran dengan Go-Pay, dimana transaksi dengan menggunakan Go-Pay juga sudah banyak dilakukan. 

Selain itu untuk saat ini juga persaingan harganya juga sangat tipi, dibandingkan dengan masa lalu dimana saat saya masih menggunakan Doku. Jadi untuk sekarang memang sulit untuk menentukan layanan mana yang terbaik. 

iPaymu

iPaymu merupakan salah satu layanan penyedia payment gateway juga. Kelebihan dari iPaymu ini kamu tidak perlu memiliki website untuk bisa menggunakan layanan ini. Kamu bisa mendaftar dengan mudah di iPaymu, kemudian kamu bisa share link produk atau jasa kamu agar customer bisa membayarnya dengan cepat. 

Espay

Payment Gateway Indonesia selanjutnya adalah Espay. Di sini juga terdapat kemudahan yang diberikan mulai dari metode pembayaran yang digunakan, kemudian pemasangan Espay di website. Selain itu Espay juga melayani metode pembayaran e-money seperti OVO, DANA, Link Aja, dan e-money lainnya.

Espay juga menerapkan pengambilan keuntungan dari setiap transaksi yang anda jalankan, namun belum pasti infomarsi mengenai besaran nominal yang mereka ambil. 

Faspay

Daftar terakhir kita adalah Faspay. Payment gateway yang satu ini juga memiliki berbagai layanan yang sangat lengkap. Jika dilihat dari metode pembayaran yang bisa diterapkan dengan menggunakan Faspay tentunya anda akan terkejut saking lengkapnya. Hanya saja kekurangan dari Faspay adalah biaya yang ditarik cukup mahal. 

Cara Menentukan Payment Gateway Indonesia Terbaik

Jadi kamu sudah mengetahui mengenai beberapa payment gateway yang ada di Indonesia bukan? Terus bagaimana caranya agar kamu bisa menentukan payment gateway yang terbaik. Tentunya ada beberapa cara untuk bisa menentukan payment gateway mana yang terbaik. 

Kamu bisa gunakan beberapa cara berikut ini. 

1. Cek Sekali Lagi Apakah Kamu Benar – Benar Membutuhkan Payment Gateway

Jadi jika transaksi yang masuk di usaha kamu sudah sangat banyak mungkin kamu membutuhkan payment gateway, tapi untuk transaksi yang masih belum terlalu banyak tentunya akan merugikan kamu. Selain itu juga perhatikan apakah sistem toko online kamu sudah benar – benar berjalan dengan baik.

Misalkan jika website yang kamu miliki masih belum bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara online akan sangat merugikan jika menggunakan payment gateway. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa semua sistem sudah berjalan dengan lancar.

2. Cek Pricing Atau Harga Dari Payment Gateway

Rata – rata payment gateway di Indonesia menggunakan sistem pembayaran saat adanya transaksi. Jadi misalnya kamu ada sebuah transaksi yang dibayarkan melalui kartu kredit, maka biasanya provider payment gateway ini meminta 2 – 3% dari nilai transaksi. 

Nah, tolong perhatikan berapa jumlah uang yang diambil dari payment gateway. Dengan begitu tentunya kamu akan memilih yang paling kecil bukan?

3. Layanan CS Dan Technical Support Yang Tanggap

Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Saat kamu melakukan instalasi dan juga pemasangan payment gateway misal ke website kamu, atau ke media sosial atau kemanapun itu saat ada kesulitan siapa yang akan kita tanya? 

Pastikan memilih layanan dengan CS dan Support yang tanggap, responsif serta cepat dalam penyelesaian masalah. Kamu akan lebih hemat waktu jika benar – benar memilih TS dan CS yang cepat dan baik. Karena saya pernah menggunakan Doku, maka saya tahu bahwa beberapa tahun yang lalu TS dari Doku lumayan cepat. 


Kesimpulan Payment Gateway Indonesia

Jadi kesimpulannya, Payment Gateway adalah sebuah teknologi yang memudahkan kita untuk melakukan pembayaran dengan metode yang berbeda dengan mudah. Payment gateway membuat customer kita akan lebih mudah melakukan transaksi dengan produk dan jasa yang kita tawarkan. 

Customer akan bisa membayar dengan berbagai pilihan misalnya rekening bank, virtual account, e-money, dan berbagai metode pembayaran lainnya. Selain itu sudah seharusnya Payment Gateway juga memberikan keamanan lebih dalam transaksi online. 

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa payment gateway yang cukup populer dan sering digunakan. Tentunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh setiap provider payment gateway di Indonesia. Untuk itulah kita harus cermat dalam memilihnya. 

Jadi bagaimana apakan kalian sudah jelas mengenai payment gateway ini? Bisa dong tulis komentar pendapat kamu di kolom komentar. 

0 Response to "Payment Gateway Indonesia: Pengertian, Jenis, Dan Cara Penerapan Di Bisnis Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel