Ads

Drama Huawei : Setelah Google, Facebook dan Instagram Mencabut Kerjasama Dengan Huawei


Kabar yang sedang hangat saat ini adalah mengenai drama salah satu produsen teknologi yang cukup berpengaruh di dunia, yaitu Huawei. Huawei yang merupakan produsen smartphone yang pasar mereka mampu menembus pasar internasional dan cukup laku khususnya di Amerika, mulai dicekal oleh pemerintah Amerika.

Apa sih yang sebenarnya terjadi dengan Huawei ini? Dan apa saja dampak bagi Huawei? Kali ini blog yokiandika akan mencoba membahas drama huawei yang sedang hangat ini secara mendalam, karena topik ini cukup menarik dikaji dari sisi teknologi dan tentunya tidak bisa lepas dari sisi ekonomi juga.

Presiden Amerika Serikat mengeluarkan perintah untuk menghentikan semua bentuk kerjasama, penjualan, dengan Huawei di wilayah Amerika Serikat yang berarti bahwa perusahaan lain seperti Google contohnya harus memiliki ijin dari pemerintah untuk bisa bekerja sama dengan Huawei.

Tidak Ada Update Android Dari Google Untuk Huawei 

Dengan terjadinya hal tersebut menyebabkan Google memberikan keputusannya untuk menarik semua update android untuk perangkat Huawei yang akan rilis, dengan kata lain semua produk Google termasuk android tidak akan mendukung perangkat pabrikan China ini.

Menurut Business Insider, Huawei masih akan tetap melakukan update secara mandiri terhadap semua perangkatnya walaupun secara resmi Google menarik semua layanannya dari Huawei.

Dua bulan lalu seperti dilansir oleh Business Insider, yang menyadur pernyataan Head Of Mobile Huawei, Huawei sedang mengembangkan sistem operasi sendiri untuk mengatasi hal ini. Dia mengatakan "Jika memang kita tidak bisa menggunakan Android lagi, tentunya kami sudah memiliki rencana cadangan".

Tentu saja dampak dari dihentikannya dukungan layanan google terhadap Huawei ini juga sangat berpengaruh terhadap pasar Huawei karena Huawei merupakan salah satu smartphone Android yang cukup sukses di pasaran.

Walaupun begitu penghentian update terhadap Huawei ini sesungguhnya tidak secara ekstrim langsung dihentikan. Menurut pernyataan Google yang disadur dari Business Insider, Google tidak akan menghentikan secara bersamaan layanan yang sudah ada di perangkat Huawei yang sudah ada, jadi jika teman semua punya smartphone Huawei jangan khawatir tentunya masih bisa menggunakan smartphone anda. 

Dan juga Huawei sudah menyampaikan bahwa mereka memiliki berbagai rencana cadangan yang sudah disiapkan.

Facebook Dan Teman - Teman Juga Meninggalkan Huawei

Bentuk peraturan dari pemerintah Amerika Serikat ini tentunya harus dipatuhi oleh semua perusahaan yang ada di Amerika Serikat, termasuk Facebook yang merupakan raksasa teknologi juga. Baiklah, setelah Google, Facebook dan Instagram kemungkinan besar akan meninggalkan support atau dukungan mereka dari perangkat Huawei.

Facebook tidak mengijinkan aplikasi yang dibuatnya termasuk instagram untuk menjadi aplikasi bawaan di perangkat Huawei. Bisa dibilang user Huawei tetap bisa menginstall aplikasi ini, namun aplikasi ini tidak akan menjadi aplikasi bawaan di perangkat Huawei, seperti itulah Business Insider melansir berita ini.

Dampak yang didapat memang tidak secara langsung diterima oleh Huawei, tapi untuk para pengguna Huawei akan sedikit mengalamai kerugian karena tidak bisa mengakses secara langsung aplikasi buatan facebook.

Kesimpulan 

Hal ini merupakan bentuk dari perang dagang China melawan Amerika Serikat. Pabrikan China yang menawarkan harga murah dengan kualitas yang hampir sama dengan produsen Amerika Serikat ini bukanlah yang pertama. Hal yang perlu diketahui juga bahwa beberapa produsen microprosessor yang bekerjasama dengan Huawei sebelumnya yaitu ARM juga menghentikan kerjasama mereka, yang berarti kedepannya Huawei tidak akan menggunakan produk dari produsen ini.

Jadi gimana nih pengguna Huawei? Merasa khawatir? 

0 Response to "Drama Huawei : Setelah Google, Facebook dan Instagram Mencabut Kerjasama Dengan Huawei"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel