Ads

Pengertian VPN : Cara Kerja VPN Beserta Kegunaannya [Lengkap]


Bagi para kaum millenial dan netizen yang mungkinmemang pecinta teknologi dan game, atau para pecinta film yang ada di netflix atau para pecinta forum luar negeri yang jika browsing hingga situs reddit, pastinya sudah tidak asing lagi penggunaan VPN ini.

Atau beberapa waktu yang lalu sempat beberapa media sosial di Indonesia sempat dibuat down, karena alasan tertentu, entah sengaja atau tidak. Dengan downnya media sosial dan chatting seperti, whatsapp, facebook, instagram tentunya ada beberapa pihak yang merasa dirugikan, dan ternyata hal ini menjadikan VPN sebuah pilihan utama untuk mengatasi masalah itu.

Jadi apasih VPN itu dan bagaimana cara kerja da kegunaan dari VPN itu? Kita akan bahas lebih lanjut di artikel kali ini.

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Tujuan dari VPN awalnya adalah mengamankan jaringan di internet. Pada dasarnya adalah membatasi orang lain untuk melihat aktivitas kita di jaringan internet.

Nah, belakangan ini VPN bergeser fungsi dari awalnya adalah untuk tujuan mengamankan jaringan agar tidak mudah untuk dilihat aktifitas kita, menjadi lebih ke mengakses jaringan yang tidak bisa diakses berdasarkan geografi. 

Sebagai contoh reddit di Indonesia tidak bisa diakses menggunakan jaringan biasa, orang yang ingin mengakses reddit diharuskan memakai VPN untuk bisa mengakses situs tersebut.

VPN sekarang ini sudah multiplatform, biasanya bisa di install sebagai ekstensi di browser, atau pun bisa diinstal di aplikasi mobile seperti android dan iphone.

Jadi bisa dikatakan VPN dapat melakukan hal berikut : 
  • Untuk mengakses situs - situs yang tidak bisa diakses berdasarkan geografi tempat.
  • Melihat situs streaming seperti netflix.
  • Mengamankan jaringan, biasanya wifi umum seperti di cafe cafe atau tempat umum.
  • Paling tidak menyembunyikan keberadaan kita berdasarkan lokasi IP.

Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Cara Kerja VPN
Mudahnya, cara kerja vpn adalah seperti pada gambar yang ada diatas. Disaat kita mengakses internet kebanyakan dari kita tidak tahu apakah jaringan tersebut aman atau tidak, sehingga jarang sekali terdapat pengamanan tambahan. Jika yang kita akses adalah file penting seperti transaksi bank, atau mungkin pekerjaan yang sangat penting bisa jadi ada orang tidak bertanggung jawab yang akan menyalahgunakannya.

Beberapa provider VPN yang ada sudah membuat enkripsi di jaringan sehingga kita bisa melakukan akses kie jaringan internet dengan aman dan nyaman. Terdapat beberapa protokol atau cara kerja dari VPN dilihat dari cara VPN mengamankan data di jaringan.

PPTP (Point to Point Tunneling Protocol)

Menurut sejarahnya PPTP merupakan protocol VPN paling pertama kali dibuat atau bisa dibilang ini merupakan awal dan cikal bakal ditemukannya VPN. Ditemukan oleh microsoft dan digunakan di jaringan yang dimiliki microsoft. Di jaman sekarang protocol ini kurang direkomendasikan.

L2P/IPSec (Layer 2 Tunneling Protocol)

Merupakan kombinasi dari PPTP dan protocol yang dimiliki oleh CISCO. Konsepnya adalah memberikan kunci untuk setiap transmisi data yang dikirimkan. Tapi menurut beberapa ahli protocol ini masih kurang aman.

SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol

Protocol inilah yang ramai digunakan sekarang ini. Berdasarkan cara kerjanya yang menggunakan enkripsi TLS/SSL yang merupakan standar keamanan yang digunakan di web sekarang. SSL dan TLS ini menggunakan kriptografi dimana hanya bisa di decode oleh pengirim dan penerima data saja.

Penjelasan mengenai Enkripsi Data 

Mungkin dari beberapa kalian masih bingung mengenai apa itu enkripsi. Jadi, pada dasarnya setiap kita melakukan akses di Internet kita mengirimkan data dan menerima data. Nah, dengan enkripsi ini data yang kita kirimkan dan kita terima, di racik sedemikian rupa menjadi code yang rahasia yang jarang bisa dipecahkan oleh orang awam sehingga bisa aman tanpa bisa dilihat isi data.

Prinsipnya adalah seperti ini :

1. Mengirim data dengan teks biasa.
2. Di enkripsi menggunakan teknik enkripsi.
3. Kemudian dilanjutkan ke penerima dalam keadaan terenkirpsi.

Itu tadi adalah penjelasan sangat singkat mengenai VPN dan sedikit mengenai enkripsi. Jika kalian merasa artikel ini membantu silakan share ke teman - teman kalian. Atau silakan komen jika masih ada kekurangan atau tambahan dari kalian. Terimakasih!

Baca juga artikel : 

0 Response to "Pengertian VPN : Cara Kerja VPN Beserta Kegunaannya [Lengkap]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel