Ads

Facebook F8 Developer Conference : Berita Terbaru Mengenai Facebook, Whatsapp, dan Messenger


Facebook F8 Developer Conference adalah sebuah event tahunan yang digunakan oleh facebook untuk pitching atau memperkenalkan teknologi terbaru dan produk terbaru mereka yang akan keluar dan rilis.

Event F8 2019 kali ini cukup menarik bagi saya karena di beberapa kejadian facebook selalu mengulang beberapa kesalahan besar mengenai penyalahgunaan privacy penggunanya. Tapi di konferensi yang digelar beberapa hari lalu ini facebook tetap mengedepankan dan meyakinkan penggunanya bahwa privacy menjadi perhatian utamanya di masa mendatang dan sekarang.

"The Future is Private" - F8 2019 -

Mark Zuckeberg menyebutkan bahwa memang facebook memiliki sejarah yang buruk mengenai privacy, tapi facebook bekerja untuk memperbaiki semua itu dan belajardari kesalahan untuk mewujudkan visi dan misi yaitu privacy untuk penggunanya. 

Untuk mewujudkannya facebook menggunakan beberapa prinsip di setiap produk yang dikembangkan, yaitu : 
  • Private Interaction 
  • Encryption
  • Reduced Permanence
  • Safety
  • Interoperability
  • Secure data storage
Mark juga menambahkan bahwa facebook memastikan semua tools dan servis dari facebook digunakan untuk tujuan yang baik, dan membangun infrastruktur yang mendukung pencapaian privacy di produk facebook selanjutnya.

Apa saja kira - kira produk dan fitur terbaru dari aplikasi yang dibuat facebook, bersama blog yokiandika kita akan membahas satu persatu, jadi siapkan cemilan dan kopi untk membacanya ya.

1. Light Speed 

Lightspeed project


Pekerjaan yang sudah dikerjakan dan akan dikerjakan terus menerus oleh facebook adalah aplikasi dengan minimal memori tersimpan di smartphone. Seperti yang kita ketahui aplikasi android di facebook sendiri adalah salah satu aplikasi yang memakan memori besar, dan facebook berusaha untuk membuat ulang aplikasinya dan memberikan versi dengan memori yang lebih kecil.

Dan lightspeed ini untuk sekarang masih memiliki kemampuan terbatas dibandingkan dengan versi asline, sehingga facebook terus berjanji akan menyajikan fitur penuh seperti di versi mobile aslinya.

Lightspeed ini sementara tersedia di aplikasi messenger dan facebook.

2. Messenger For Desktop 



Akhirnya messenger yang merupakan salah satu aplikasi chatting dan komunikasi mengeluarkan pengumuman akan rilis di versi dekstop.

Menurut Mark Zuckeberg, messenger dekstop ini merupakan permintaan dari para pengguna facebook messenger dan facebook mendengarkan apa yang diminta oleh para penggunanya. Aplikasi ini akan hadir di platform windows dan mac. Belum terkonfirmasi kapan produk ini akan meluncur ke permukaan, yang jelas sesegera mungkin.

3. Whatsapp Business



Whatsapp business bukanlah produk baru dari facebook karena sudah beberapa tahun berlalu sejak pertama kali produk ini diperkenalkan. Tapi ada sesuatu yang menarik di yang diperkenalkan oleh Mark Zuckeberg di F8 lalu. 

Katalog produk - Mark Zuckeberg memperkenalkan fitur terbaru dari Whatsapp Business, salah satunya adalah katalog produk. Dengan menggunakan katalog produk ini diharapkan membantu para pelaku bisnis yang tidak atau belum punya katalog yang dipajang secara online untuk bersaing di industrinya. Menurut saya fitur ini sangat keren sih, jadi sudah tidak sabar menunggu? 

Whatsapp payment - Menurut beberapa ahli keungan, transaksi digital di masa depan memang bukanlah omong kosong belaka. Terbukti beberapa startup pembayaran online, sangat berkembang pesat dan bahkan facebook mengeluarkan produk dan fitur ini di aplikasi whatsapp.

Dengan munggunakan whatsapp payment ini kita bisa mengirimkan transaksi dengan menggunakan aplikasi whatsapp secara cepat dan tidak memerlukan banyak waktu yang banyak, sekali lagi ini merupakan dukungan untuk pelaku bisnis kecil.

4. Desain Baru 


Facebook mengumumkan bahwa logo baru akan mulai dipakai di waktu dekat ini. Selain desain logo baru, tampilan aplikasi facebook baik di web browser, atau di aplikasi mobile (android dan ios) akan di buat ulang dengan desain baru yang lebih elegan dan lebih cepat dan ringan.

Kisi - kisi yang diberikan oleh Mark Zuckeberg adalah facebook akan menggunakan warna yang bersih. Jadi kemungkinan akan berwana putih, ucapkan selamat tinggal pada facebook biru ya? 

5. Instagram Shopping 



Facebook sangat ingin membuat semua platform media sosialnya menjadi sebuah ecommerce. Setelah marketplace di facebook sekarang giliran di instagram yang diberikan fitur tersebut. Dengan fitur baru di instagram ini kita bisa langsung melihat foto produk kemudian membeli secara langsung melalui aplikasi instagram.

Setelah saya mencoba fitur baru ini di instagram, ternyata fitur ini sudah diterapkan di beberapa produk, tapi di indonesia saya belum melihat ada yang bisa melakukan pembayaran langsung di instagram, hanya saja menuju ke website atau store dari penjual. Kemungkinan di update selanjutnya kita bisa langsung membeli langsung melalui instagram.

Kesimpulan 

F8 2019 yang diadakan facebook ini berfokus pada produk yang sudah disebutkan diatas dan berkali - kali facebook menyebutkan bahwa mereka menjunjung tinggi privacy. Tapi apakah benar - benar bisa tercapai? Kita tidak tahu. 

Jadi gimana, produk dan fitur mana yang paling keren menurut kalian? Bisa share di kolom komentar ya? Kita tunggu update produk - produk terbaru dari facebook selanjutnya.


Baca juga artikel : 

0 Response to "Facebook F8 Developer Conference : Berita Terbaru Mengenai Facebook, Whatsapp, dan Messenger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel