Google beberapa hari yang lalu telah mengeluarkan  update terbaru mengenai sistem operasi smartphone android, yaitu android Q. Setiap tahunnya memang google selalu mengupdate versi dari android memperbaiki setiap fitur - fiturnya, dan tidak terasa sudah sampai ke android 10 alias android Q ini.

Blog yokiandika kali ini akan membahas fitur, updatean mengenai Android Q yang pastinya kalia semua tunggu - tunggu. 

Menurut pernyataan dari google sendiri Android Q ini sudah bisa dinikmati di versi beta yang dikeluarkan tepatnya pada 5 april 2019 kemarin. Untuk segi tampilan menu, tema dan sebagainya masih terlihat sama dengan versi android sebelunya yaitu Android Pie, tapi pastinya google mengeluarkan beberapa fitur terbaru yang layak untuk dilihat.


Fitur Terbaru Android Q 

Fitur android Q apa saja sih yang ditonjolkan oleh google? Kita bahas satu persatu ya? 

Setting Privasi - Beberapa tahun kebelakang ini industri teknologi sangat berkembang pesat, namun pastinya kalian sudah tahu bahwa perkembangan teknologi kerap juga dibarengi dengan berbagai masalah baru, salah satunya adalah privasi.

Dari beberapa kasus seperti facebook yang terkena kasus data, kemudian berbagai pro dan kontra mengenai privasi yang ada, ini yang menjadi motivasi dari google untuk menjadikan privasi sebagai fokus utama di update android Q terbarunya.

Perubahan paling kentara dari setting privasi ini adalah location setting,  jika kalian penasaran dengan updateannya, saya gambarkan seperti di IOS, dimana bisa disetting satu persatu sharing locationnya.

Ask permission juga akan sering muncul di sistem operasi Android Q terbaru, terlebih instalasi dari settingan developer, atau jika kita ingin menginstall apk di luar dari google playstore.

Built-in Screen Recorder Wacana yang diberikan google di Android versi sebelumnya atau Pie salah satunya adalah bulit-in screen recoding. Di Android Pie google menjanjikan menghadirkan fitur ini namun nyatanya fitur ini belum dibawa sampai sekarang.

Tapi jangan khawatir karena di versi Android Q ini kemungkinan akan ada fitur yang ditunggu - tunggu terutama oleh para conten creator, atau para mobile gamer, yang ingin mengabadikan gameplay gamenya melalui perangkat android. 

Sharing Shortcut Memudahkan Sharing Konten - Itulah mengapa beberapa aplikasi tambahan seperti shareit ada. Karena harus diakui bahwa sharing melalui android masih sangat terbatas dan tidak cepat. 

Google ingin memberikan kemudahan di fitur terbarunya mengenai sharing shorcut agar bisa dengan mudah share konten seperti kontak dan file - file lainnya. 

Developer aplikasi diberi keleluasaan untuk menarget aplikasi yang mereka kembangkan akan bisa di share di mana saja sesuai dengan pilihan mereka.

Wi-fi Sharing Menggunakan QR Codes - Di versi Android Q terbaru ini akan ada fitur sharing wifi dengan mudah menggunakan QR Codes. Pilihan ini akan terdapat pada detail informasi jaringan wifi yang terkoneksi di smartphone, dan akan terdapat pilihan untuk sharing melalui QR Codes. Proses autentikasinnya adalah menggunakan PIN dan kode biometrik,

Teknologi ini sebenarnya bukanlah teknologi baru karena Xiaomi pernah mengeluarkan teknologi serupa pada tahun 2014 lalu. Dan akan lebih baik jika google memberikan fitur bawaan ini di Android versi terbarunya.

Android Q juga mempunyai fitur untuk random MAC Address, nah ini dia sebenarnya yang saya pribadi ingin sekali ada fitur seperti ini. Karena dengan fitur seperti ini kita akan susah dijadikan sebagai target pengiklan.

Fitur - fitur lainnya -  Tentunya masih banyak fitur dan kelebihan selain yang sudah disebutkan diatas. Seperti aplikasi pihak ketiga, google photos yang memiliki berbagai update yang keren seperti stabilizer video, effect foto keren dan lain - lain. 

Atau jika teman - teman semua memiliki berita updatenya bisa saja langsung tambahkan di kolom komentar ya?

Android Q Akan Dipanggil Dengan Nama?

Sudah menjadi sebuah tradisi bahwa setiap sistem operasi android pasti akan diberi nama makanan, atau lebih tepatnya adalah makanan dessert. Google sendiri masih merahasiakan atau masih belum mengumumkan secara resmi nama yang tepat untuk Android Q ini. 

Sampai artikel ini ditulis masih belum ada kepastian tentang nama dari Android terbaru ini, tapi menurut android central, tidak banyak dessert yang dimulai dengan huruf Q, daftarnya adalah sebagai berikut :
  • Quenn of Pudding
  • Quiche
  • Quesito
  • Quindim
  • Queijadas

Tapi siapa yang tahu? Ini hanya pendapat yang diberikan. Kita tunggu saja pengumuman dari google yang kemungkinan akan keluar di gelaran Google I/O 2019 mendatang. Bagaimana nih pendapat teman - teman semua? Masih menunggu keluarnya android Q? 

Baca juga artikel :