PUBG yang sedang mengangkat gamenya untuk menjadi salah satu cabang esports terbesar di dunia pada tahun 2019 ini mengadakan berbagai turnamen tingkat dunia yang diselenggarakan baik secara offline maupun online. Salah satu turnamen yang beberapa minggu lalu digelar adalah turnamen FACEIT Global Summit 2019.

PUBG sendiri tidak hanya mengadakan kompetisi esports di game PUBG Steam melainkan menghadirkan turnamen dunia di game versi mobile nya juga dengan nama PUBG Mobile Club Online (PMCO 2019), yang juga mempertemukan berbagai tim terbaik di dunia.

FACEIT Global Summit 2019 sendiri diadakan pada tanggal 16 - 21 April 2019 yang lalu di London Inggris. Turnamen memiliki prize pool atau hadiah total sebesar 400.000 USD. FACEIT Global Summit ini memiliki beberapa tahapan dimana setiap regional yang mengadakan kualifikasi diambil 4 tim terbaik dan akhirnya dipertemukan di puncak acara.

FACEIT Global Summit 2019 Klasemen

Turnamen ini memiliki sistem yang sangat kompetitif, yang dibagi menjadi : 
  • Group Stage 
  • Elimination Stage 
  • Grandfinal

Group Stage 

Tim yang bermain dibagi menjadi 4 group dengan dan diambil 8 tim dengan posisi teratas untuk melanjutkan ke babak grandfinal. Sedangkan untuk 8 tim terbawah akan berhadapan di elimination stage.

Elimination Stage

Elimination stage ini mempertemukan tim yang gagal lolos dari group stage atau bisa dibilang sebagai lower bracket, tiket terakhir untuk lolos ke grand final. 8 tim terbaik dari elimination stage ini akan bisa mengikuti grand final.

Grand Final

Di grand final, ada total 12 match atau ronde dengan mode semua FPP (untuk turnamen ini semua mode adalah mode first-person). 

Hasil Turnamen

Turnamen ini berhasil dimenangkan oleh tim OP Ranger Gaming dari korea selatan yang berhasil membawa pulang hadiah sebesar 150 USD. Di posisi kedua ada tim dari benua amerika Shoot To Kill yang berhasil membawa pulang hadiah senilai dengan 65000 USD. Kemudian menyusul Team Liquid yang berada di posisi ke 3, dengan perolehan hadiah sebesar 45.000 USD.

Sementara itu juara bertahan dari turnamen ini OMG yang merupakan tim dari china, gagal masuk ke grandfinal dan harus gugur di elimination stage. Untuk tim esports dari indonesia sendiri Aerowolf Tim 1, berhasil menduduki klasemen 10 besar.

Berikut ini adalah klasemen sampai turnamen ini berakhir : 
  1. OP Ranger
  2. Shoot To Kill
  3. Tim Liquid 
  4. OGN entus force 
  5. Armory Gaming 
  6. VSG
  7. Four Angry Men (4AM)
  8. Aerowolf Team 1
  9. Winstrike Team 
  10. Incognito
  11. Tempo Storm 
  12. Cloud 9 
  13. Ninja In Pijamas 
  14. Afreeca Freecs Fatal 
  15. 17 Gaming 
  16. Team Envy 
  17. Ence
  18. ahq e-sports
  19. Brazillian Crussader Esports
  20. Blue Bees
  21. Crystal Luster
  22. MP5
  23. Aerowolf Team 7
  24. Oh My God (OMG)
OMG yang tahun mendapatkan juara, harus mendapatkan posisi paling bontot di turnamen kali ini dan harus puas pulang tanpa mendapatkan hasil yang memuaskan. Sementara itu tim - tim kuat dari korea juga masih bisa menduduki kasta tertinggi juga bahkan mampu mendapatkan juara pertama, tim OP Ranger ini merupakan tim yang berasal dari korea selatan yang merupakan negara kelahiran dari game ini.



Nah jadi sudah cukup puas dengan hasil dari indopride kita yang sudah bisa berada di 10 besar salah satu turnamen terbesar PUBG tahun 2019 ini? atau masih menunggu hasil terbaik mereka di turnamen berikutnya? Sabar ya dan terus ikuti perkembangan terbaru seputar game, dan teknologi di blog yokiandika ini. Jangan lupa share juga untuk menyebarkan informasi seputar game.

Baca juga artikel :