Ads

Cara Membuat Email : Google, Yahoo, Yandex, Outlook, Lengkap!


Membuat sebuah akun email memang sangat mudah dan gampang untuk kalian, tapi tidak untuk beberapa orang yang kemarin bertemu dengan saya di sebuah tempat di dekat tempat tinggal saya.

Mereka bercerita bahwa mereka bingung cara untuk membuat sebuah akun email karena pekerjaan mereka, mengharuskan mereka membuat sebuah email. Beliau adalah seorang yang bekerja sebagai pegawai pemerintahan yang cukup gaptek, karena mereka lahir jauh sebelum generasi dimana teknologi dan game belum seperti sekarang ini.

Sebenarnya yang membuat saya sangat takjub adalah bagaimana Bapak ini mau belajar hal baru dan tidak malu sama sekali untuk bertanya bahkan kepada saya yang notabene adalah orang asing yang baru pertama kali beliau temui, saat itu.

Dia bertanya gimana caranya membuat email, bagaimana caranya download aplikasi, dll. Beliau ini baru saja beli smartphone android sehari sebelumnya, ya karena mungkin pekerjaannya sudah banyak berhubungan dengan android.

Untuk email akan langsung kita bahas satu persatu melalui artikel ini.

Kenapa Harus Google Mail ?

Kenapa sih harus gmail? 

Kenapa tidak menggunakan email provider lainnya?

Sebenarnya hukum yang mengharuskan memakai Google Mail itu tidak ada. Kalian semua bebas menggunakan email provider semau kalian dan sesuka hati kalian tentunya. Tapi satu strategi dan kelebihan dari Google adalah Google Account atau Akun Google itu terintegrasi dengan apa saja yang berhubungan dengan produk Google, seperti Android contohnya. 

Jika kalian mempunyai Android otomatis kalian harus menggunakan Google Akun, dan dengan membuat sebuah Google Akun, dipastikan kalian bisa login ke gmail. 

Dan ini sangat memudahkan kita sebagai pengguna, karena hanya dengan satu akun saja kita bisa menikmati hampir semua produk Google.

Kelemahan dan Kekurangan Gmail 

Tentunya pasti ada kelemahan dari menggunakan gmail ini. Beberapa tahun yang lalu ada wacana yang mengatakan bahwa privacy dari akun - akun google disalahgunakan dan dijadikan menjadi sebuah produk, yaitu digunakan untuk tujuan penargetan iklan. 

Tapi menurut saya itu hal yang wajar karena, dengan menggunakan akun google, gmail, play store, dll kita sudah setuju dengan kebijakan yang dibuat oleh google. 

Nah sekarang kita akan langsung menuju ke topik utama pembahasan bagaimana cara membuat email.

1. Cara Membuat gmail

Tampilan gmail

Pertama kali untuk membuat gmail adalah harus mempunyai yang namanya google akun. Jika kalian belum membuat atau mempunyai google akun, bisa membuat di Google Akun Page Creation.

Silakan buat akun google terlebih dahulu, karena saya sudah mempunyai akun google ini dan peraturan google menganjurkan untuk mempunyai satu akun untuk satu pengguna maka alangkah lebih baiknya jika kalian ingat username dan password dari akun tersebut.

Setelah itu gunakan akun google tersebut untuk login atau signup ke gmail, dan selamat kalian sudah berhasil membuat sebuah akun gmail.

2. Outlook 


Outlook merupakan sebuah email provider yang dimiliki oleh salah satu raksasa teknologi juga yaitu Microsoft. Cara membuat akun email outlook ini sangat mudah dan gampang. Oh iya, akun outlook ini juga bisa terintegrasi di akun skype yaitu sebuah akun video call streaming yang dimiliki Microsoft juga.

a. Buka website outlook dan klik create free account.

b. Kemudian isikan nama email yang ingin kalian buat.


c. Masukan password, kemudian jika kalian ingin menerima newsletter, silakan centang jika tidak jangan centang di bagian newsletter.


d. Kemudian isikan First Name dan Last Name. 


e. Setelah itu akan keluar bagian dari informasi lainnya. Isikan dan klik next.


f. Dan terakhir adalah isi captcha untuk menyelesaikan pembuatan akun outlook.


g. Selamat Kalian sudah berhasil membuat Akun Email Outlook.



3. Yahoo Mail !

Yahoo mail ini merupakan email provider yang cukup populer dan pernah menjadi yang terbesar sebelum gmail menyerang. Tapi menurut saya sampai sekarang yahoo mail ini juga masih banyak digunakan dalam kegiatan sehari - hari, jadi masih bisa menjadi pertimbangan untuk membuat email di akun yahoo ini. Kita akan langsung saja cara pembuatan email yahoo disini.

a. Buka Website Yahoo atau kalian bisa langsung ke halaman sign-up yahoo mail.

b. Isikan Data yang ada di halaman sign-up (Untuk email yahoo, gmail harus menggunakan nomor telepon).

c. Klik "Text me verification code" dan tunggu sampai sms masuk ke nomor kalian. Setelah masuk isikan code verifikasi.

d. Selamat Akun Email Yahoo kalian sudah bisa digunakan.



4. Yandex Mail 

Yandex pada awalnya merupakan sebuah perusahaan yang mempunyai produk mirip dengan google.Perusahaan ini mempunyai produk - produk seperti search engine atau mesin pencarian, ecommerce, navigasi, dll. Ada sekitar 70 an produk yang dimiliki oleh Yandex ini, salah satunya adalah email provider.

Baiklah langsung kita akan bahas cara untuk mendaftar email di Yandex.

a. Buka Yandex mail dan klik "create account".

b. Isi data yang disediakan kemudian klik "register" (tidak harus menggunakan nomor telepon, alih alih menggunakan pengingat lainnya digunakan saat lupa password).

c. Selamat kalian sudah bisa menggunakan email yandex

5. iCloud Mail 

Oke jika kalian benar - benar mengedepankan privasi memang Apple selalu jago dalam hal menjaga privasi menurut saya pribadi. Untuk bisa membuat sebuah email yang menggunakan Icloud kalian diharuskan untuk memiliki nomor telepon, dan juga Apple memiliki kebijakan yang mengharuskan setiap orang hanya memiliki satu akun, untuk menghindari penyalahgunaan akun.

Sebenarnya saya tidak menganjurkan untuk menggunakan Icloud Mail, memang aman tapi kelemahannya adalah kalian harus memiliki device atau perangkat apple terlebih dahulu.

Karena saya sedang tidak menggunakan perangkat apple saya jujur tidak bisa memberikan bagaimana cara untuk membuat icloud email. Saya hanya akan merekomendasikan website resmi icloud email berikut.

6. AOL Mail

Verizon juga mempunyai sebuah produk yang bagus sehingga kalian bisa gunakan, salah satunya adalah email provider AOL Mail. AOL sendiri merupakan internet based product services.

Apa itu internet based product services?

Produk AOL sendiri merupakan informasi, game berbasis web, video, dan semua produk yang berhubungan dengan internet.

Jadi cara membuat AOL Mail ini terbilang mudah juga, berikut cara membuatnya.

a. Buka website AOL Mail. Kemudian Klik "Create Account" untuk membuat akun baru.

b. Isi form signup yang ada kemudian klik "Continue" (mengharuskan menggunakan nomor telepon).

c. Kirim kode verifikasi ke nomor kalian dengan klik "Text me Verification Code". Dan kemudian masukan kode verifikasi.

d. Klik "Continue" dan selamat email AOL sudah berhasil dibuat dan siap untuk digunakan.


7. Zoho Mail

Zoho mail ini adalah sebuah email provider dibawah Zoho corporation. Zoho sendiri merupakan sebuah perusahaan berasal dari India yang didirikan sekitar tahun 1996. Produk utama dari perusahaan ini adalah CRM tools berbasis web. Perusahaan ini sangat berkembang terutama di India, dan terkenal menjadi pelopor berkembangnya industri teknologi di India.

Bagaimana cara membuat email di Zoho, simak cara berikut :

a. Buka Zoho mail, kemudian pilih salah satu layanan personal atau bisnis (Saya akan memilih personal karena gratis dan hanya untuk dijadikan contoh).

b. Silakan isi form sign-up sesuai dengan keinginan (mengharuskan menggunakan nomor telepon), kemudian klik "sign-up for free".

c. Kemudian pilih oneAuth. dan Email Zoho sudah bisa digunakan.


Kesimpulan 

Setiap email provider gratis memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Dan tidak ada salahnya untuk menggunakan alternatif lain seperti yang diberikan diatas 7 Alternatif email diatas. Tujuan dari pembuatan email adalah berkomunikasi, untuk itu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemudahan akses ke email provider tersebut.

Menurut kalian mana nih yang paling bagus? apakah kalian sudah mencoba semuanya? Boleh dong di share di kolom komentar. Jangan lupa share ya, jika artikel kali ini bermanfaat. Terimakasih!

Baca juga artikel : 

0 Response to "Cara Membuat Email : Google, Yahoo, Yandex, Outlook, Lengkap!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel