Ads

7 Cara Ampuh Merawat Hp Agar Awet Tahan Lama

Photo by Ron McClenny on Unsplash
Merawat hp sebenarnya adalah pekerjaan yang sangat simpel dan tidak membutuhkan banyak usaha yang sulit. Kita tidak berbicara mengenai perawatan kecantikan yang membutuhkan banyak sekali biaya dan banyak usaha layaknya merawat kulit, yang kita butuhkan untuk merawat sebuah smartphone adalah beberapa pengetahuan dasar.

Cara ampuh merawat hp agar awet tahan lama yang akan direkomendasikan di artikel kali ini adalah cara yang paling efektif. Sebelum lanjut ke bagaimana caranya, beberapa poin penting yang harus diketahui adalah komponen hp yang perlu dirawat, yaitu software, hardware, dan fisik handphone

Kenapa kita harus mengetahui komponen perawatan hp?

Karena dengan mengetahui komponen penting hp apa saja yang harus dirawat kita, jadi mengetahui cara merawat hp dengan benar dan efektif.

Ketiga komponen ini sangat penting software berhubungan dengan sistem yang berjalan di hp kalian, aplikasi, yang berhubungan dengan funsional kerja. Kemudian hardware, yaitu berhubungan dengan perangkat keras seperti lcd touch screen, speaker, mic, kondisi baterai dll. Sedangkan untuk fisik adalah tampilan luar dari handphone.

Oke langsung saja kita ke cara merawat hp berdasarkan tiga komponen tersebut.

Baca juga artikel : 

1. Jangan Bermain Game Ketika Hp Sedang Dicharge

Untuk para pecinta game di hp atau mobile gamer, ini adalah sebuah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, saya sendiri mengakuinya. Tapi harus diketahui bahwa ketahanan baterai yang ada di handphone memang terpengaruh dengan kebiasaan menggunakan handphone saat sedang mengisi daya.

Sebenarnya jangka pendek memang tidak terlihat pengaruhnya sama sekali, tapi jika kita ingin merawat hp kita jangka panjang maka sebaiknya jangan terlalu sering bermain game saat mengisi daya.

Disamping handphone kita menjadi overheat atau terlalu panas yang menyebabkan pengaruh ke perangkat keras lain, biasanya saat bermain game sambil mengisi daya, frame rate menjadi down yang tentu menggangu kita saat bermain game. Sebaiknya menggunakan charger bawaan jika terpaksa bermain game saat mengisi daya, jangan menggunakan powerbank atau semacamnya.

2. Tempered Glass dan Sejenisnya Bisa Dijadikan Alternatif

Teknologi yang diberikan oleh pabrikan sekarang ini memang sangat canggih. Beberapa hp dan smartphone dilengkapi dengan lcd anti gores yang membantu mengurangi atau mencegah goresan yang terjadi pada layar hp.

Untuk memaksimalkan dan lebih mengurangi resiko terjadinya goresan pada layar, tidak ada salahnya jika kalian menggunakan tambahan tempered glass yang banyak dijual di pasaran atau toko - toko aksesoris hp. 

3. Lindungi Benturan Dengan Softcase atau Hardcase

Kejadian yang paling sering terjadi sehari - hari saat menggunakan smartphone dan handphone adalah tidak sengaja terjatuh. Kita tidak sadar tidak sengaja menjatuhkan atau menyenggol meja ataupun hal - hal lain yang berhubungan dengan benturan.

Salah satu cara untuk melindungi dan merawat ataupun menghindari cacat fisik yang terjadi adalah menggunakan softcase atau hardcase. Dengan menggunakan pelindung ini setidaknya kita akan mengurangi dampak kerusakan atau goresan yang terjadi akibat benturan.

Tapi saran saya saat memilih case pelindung harus benar - benar cocok dengan tipe hp, karena ketidakcocokan case pelindung terkadang malah menimbulkan goresan terjadi di smartphone kesayangan kita.

4. Sebisa Mungkin Gunakan Spare Part Dan Aksesoris Ori

Yang dimaksud spare part ori disini adalah seperti charger, headset, atau aksesoris lainnya. Banyak sekali pembuat aksesoris tiruan yang lebih murah, tapi tidak ada salahnya jika menggunakan spare part ori.

Sparepart dan aksesoris original biasanya dibuat sesuai dengan produk atau brand mereka secara khusus. Selain lebih awet tentunya fungsional aksesoris dan sparepart ori lebih terjamin dibandingkan dengan tiruan.

5. Install Aplikasi Seperlunya 

Untuk pengguna android khususnya, sering terdapat beberapa masalah seperti memori penuh untuk itu bijaklah dalam menginstall aplikasi terutama bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah dan menengah.

Karena kita tidak mungkin menginstall semua aplikasi yang ada di playstore melainkan harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada salahnya jika menentukan aplikasi apa yang sering digunakan, kemudian install seperlunya.

Sebagai contoh jika sehari - hari menggunakan whatsapp maka tidak perlu menginstall aplikasi BBM, Wechat dan lain - lain yang tidak kita gunakan.

6. Update Software Terbaru 

Beberapa pabrikan handphone dan smartphone seperti samsung dan xiaomi atau lainnya sering melakukan update berkala di software mereka. Tidak ada salahnya jika kita mengupdate ke versi yang terbaru. 

Biasanya update software versi terbaru sering mendapatkan beberapa tambahan fitur, menghilangkan beberapa bug atau error, jadi jangan sungkan ataupun ragu untuk mengupdate software kalian ke versi yang terbaru.

7. Sering Sering Bersihkan Cache Program

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat smartphone android kita adalah dengan cara membersihkan cache program di smartphone. Apa itu cache? ketika kita sedang menjalankan sebuah aplikasi, aplikasi tersebut menyimpan data di memori sederhana agar lebih cepat dalam menjalankan aplikasi. 

Tapi jika terlalu banyak file data yang disimpan alih alih mempercepat malah menambah berat kerja smartphone, nah itu fungsi dari membersihkan cache adalah mengkosongkan memori sementara tersebut guna mengurangi beban smartphone.

Kesimpulan 

Tidak sulit kan untuk merawat sebuah smartphone? 

Cara ampuh merawat hp agar awet dan tahan lama diatas dibuat sesuai dengan cara merawat smartphone dengan memperhatikan komponen hardware, software dan tentu fisik dari sebuah smartphone.

Menurut kalian cara mana yang paling efektif? bisa share pengalaman kalian di kolom komentar ya? Jangan lupa juga share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terimakasih.


















0 Response to "7 Cara Ampuh Merawat Hp Agar Awet Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel