Perkembangan teknologi digital terkadang menyebabkan timbulnya berbagai masalah yang lain yang ikut muncul. Salah satu dari masalah itu adalah penyalahgunaan konten dan aplikasi internet, dimana ini menjadi momok bagi orang tua dalam mengawasi anak - anak mereka. Pro dan kontra, permasalahan ini memang masih berlanjut, tapi tetap harus diakui perkembangan teknologi juga memudahkan anak - anak untuk belajar hal baru dengan cara yang mereka senangi.

Beberapa aplikasi android yang dikhususkan dan dikembangkan untuk anak sudah banyak, dan di beberapa kasus memang terbukti bahwa aplikasi android anak ini mampu untuk membuat anak menjadi lebih mudah belajar dan mau untuk belajar hal yang baru. Di artikel ini blog yokiandika akan membuat list mengenai aplikasi android anak terbaik yang bisa digunakan oleh orang tua agar anak tidak salah mengkonsumsi konten - konten yang kurang pas di umur mereka.

Bagaimana Cara Melihat Apakah Aplikasi Android Pantas Dikonsumsi Anak- Anak?

Google yang merupakan pemilik atau istilahnya distributor resmi dari semua aplikasi android sudah mulai mendukung pembatasan aplikasi - aplikasi android berdasarkan umur sejak tahun 2015. 

Google benar - benar menyadari bahwa pembatasan umur dari aplikasi ini penting karena selain untuk pembedaan konten berdasarkan umur, google juga ingin memudahkan orangtua agar lebih mudah mengawasi anak ketika menggunakan teknologi digital.

Selain itu menurut artikel yang dibuat oleh androidcentral, Google juga mereview manual semua aplikasi yang dibuat berdasarkan umur, terutama umur dewasa.

Cara untuk mengetahui aplikasi tersebut pas untuk anak bagaimana?

Nah, saat kita coba mendownload melalui google playstore kita bisa langsung mengetahui aplikasi tersebut ada minimal umur atau tidak dengan melihat tanda di bawah nama aplikasinya (bisa dilihat lebih jelas di gambar berikut).

Tanda Lingkaran Merah merupakan tanda minmal umur
Jika dilihat di contoh gambar ada tanda 3+, yang berarti bahwa aplikasi whatsapp messenger ini cocok dan pantas untuk dimiliki oleh orang yang berumur lebih dari 3 tahun.

Cara Google Menentukan Pembatasan Umur 

Sebenarnya cara menentukan rating umur yang diberlakukan google ini cukup rumit untuk dijelaskan, jika kalian penasaran kalian bisa kunjungi halaman google age rating berikut.

Intinya google mengambil beberapa peraturan - peraturan mengenai age rating, seperti eropa, amerika, brasil, dan lain - lain kemudian menerapkannya di aplikasi yang ada di google playsotre.

Nah, langsung saja kita akan membahas aplikasi android untuk anak yang sangat cocok untuk diinstall.

1. Youtube Kids 

Youtube Kids
Setahun yang lalu saya pernah bertemu dengan seorang orang tua yang sangat keren. Sebenarnya saya tidak terlalu mengerti mengenai parenting, tapi yang dilakukan oleh orang tua tersebut adalah mereka memperbolehkan anaknya menginstall hanya 3 aplikasi. Jadi ketika ada aplikasi yang ingin anaknya install dia mengharuskan untuk menghapus aplikasi lainnya.

Dan yang di install anak tersebut salah satunya adalah Youtube Kids. 

Anak tersebut menggunakan youtube kids untuk menonton video kartun anak - anak berbahasa inggris, ya bahasa inggris tanpa subtitle dan tanpa bantuan kamus. Anak itu menguasai dua bahasa inggris dan indonesia, ya walaupun bukan dari youtube kids saja anak itu belajar bahasa inggris tapi anak itu mengasah bahasa inggrisnya menggunakan aplikasi ini. Saya takjub dengan anak itu.

2. Intellijoy Early Learning Academy


Salah satu aplikasi android untuk anak yang sangat baik untuk sarana belajar bagi anak yang belum memasuki pendidikan resmi.

Berbagai materi yang menurut saya jika digunakan oleh anak sangat mengasikkan dan tidak membosankan. Materi tersebtu mencakup bahasa, perhitungan, dan lain - lain. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis di google playstore.

Aplikasi android yang satu ini dikhususkan untuk anak dibawah 8 tahun, karena materi yang diberikan mencakup untuk umur 3, 4, dan 5 tahun.

3. Khan Academy Kids : Free Educational Games & Books



Sebagai seorang anak memang pada dasarnya akan sangat sulit untuk diajak belajar secara serius. Tapi ada trik lama yang bisa dilakukan agar anak - anak mau belajar, biasanya adalah dengan iming - iming belajar sambil belajar.

Aplikasi dari Khan Academy ini merupakan aplikasi yang bisa dibilang bisa memenuhi syarat belajar sambil bermain. Di aplikasi android untuk anak dari Khan Academy ini, terdapat beberapa game yang membuat si anak menjadi sangat penasaran untuk belajar hal baru.

Anak - anak bisa belajar membaca, menulis, perhitungan, social-emotional development, problem-solving skill, dll. Selain itu aplikasi yang ditawarkan ini adalah gratis, bisa di download di google playstore.

4. ABC Kids 


ABC Kids merupakan sarana belajar yang mengasikkan untuk anak. ABC memiliki materi yang lebih mengkerucut atau khusus untuk belajar mengenai huruf.

Aplikasi ini juga bebas dari iklan dan subscription atau bisa dibilang aplikasi ini gratis untuk anak - anak tanpa harus khawatir iklan dan produk in-app purchases.

5. Kids Doodle - Colors & Draw

Bagi anak - anak yang gemar menggambar ada sebuah aplikasi android yang sangat membantu mengembangkan kemampuan gambar mereka, yaitu Kids Doodle.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang unik, dimana proses menggambar dari setiap anak bisa dilihat disebuah video.

Kesimpulan 

Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi android untuk anak, dan beberapa aplikasi android memang tidak support jika diinstall di Indonesia seperti PBS Video, Nick Jr. Saya juga bingung kenapa aplikasi tersebut tidak bisa diakses di Indonesia, karena sebenarnya banyak sekali konten yang mendidik di dalamnya.

Jadi aplikasi mana yang menurut kalian paling pas untuk anak - anak? 

Bisa share pendapat, kritik dan saran kalian di kolom komentar ya? Jangan lupa juga share artikel ini agar bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih.

Baca juga artikel :