Selesai membaca artikel ini, kalian para sobat dan teman dari blog yokiandika akan mengetahui beberapa aplikasi android yang paling berguna dalan keseharian kalian. Perhatikan baik - baik ya? 

Sebuah teknologi yang diciptakan dengan berbagai tujuan, dan diantaranya ada yang diciptakan sebagai hiburan semata, memudahkan pekerjaan yang kita lakukan sehari - hari, mempersingkat waktu, dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari teknologi yang diberikan dari sebuah aplikasi android.

Kategori aplikasi android yang berguna itu seperti apasih? dan hubungan aplikasi android dengan kehidupan sehari - hari itu apa? Aplikasi android bisa dikatakan sebagai aplikasi yang berguna khususnya di kegiatan sehari hari jika aplikasi tersebut bisa mencakup 3 hal berikut :

#1. Aplikasi itu sering digunakan untuk membantu memudahkan pekerjaan 

Memang kita sebagai manusia yang katanya disebut dengan generasi millenial, tidak bisa terlepas dari smartphone kita. Coba deh, lihat sekeliling kita, pasti melihat orang yang sedang memegang smartphone. Tapi apa yang mereka lakukan dengan smartphone mereka? apakah benar - benar mereka menggunakannya dengan baik? 

Aplikasi yang berguna diharapkan bisa  membantu memudahkan pekerjaan bukan untuk menghambat pekerjaan kita, tapi meningkatkan produktivitas.

#2. Aplikasi tersebut digunakan secara berkala 

Sebuah aplikasi android bisa dikatakan berhasil apabila aplikasi tersebut digunakan oleh kebanyakan orang. Jadi percuma saja ada aplikasi tercanggih tapi tidak ada yang menggunakan, karena aplikasi tersebut bisa dibilang kurang sukses.

#3. Aplikasi tersebut belum tereskplor 

Hal terakhir adalah aplikasi tersebut belum kita kenal. Ada beberapa aplikasi yang sebelumnya belum pernah saya pakai, sebagai contoh kasus saya adalah aplikasi pembayaran online dan ketika saya install ternyata aplikasi tersebut sangat - sangat berguna untuk kehidupan sehari - hari saya. Hal - hal kecil seperti ini memang kadang sepele tapi kita tidak tahu apa fitur yang ditawarkan sebuah aplikasi android, jika kita tidak mencobanya bukan? 

Jadi kita akan mulai bahas satu persatu aplikasi android paling berguna ini, siap - siap siapa tahu ada beberapa aplikasi yang belum pernah kalian coba dan mungkin juga ada aplikasi yang tentunya sudah pernah kalian coba.


1. ColorNote

Saya pernah beberapa kali membahas mengenai beberapa kali mengenai aplikasi android yang meningkatkan produktifitas. Nah, itulah alasan mengapa aplikasi yang satu ini sangat penting dan sangat berguna di kehidupan sehari - hari. Dalam sehari kita melakukan berbagai macam aktifitas yang berbeda - beda seperti melakukan pekerjaan, main sama teman, dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan aplikasi ini kita bisa mencatat segala hal - hal penting.

Sebenarnya tidak harus ColorNote juga sih, banyak aplikasi android tentang note yang bisa kalian download di google playstore, salah satunya adlaah ColorNote ini. Kelebihan dari ColorNote yang paling saya sukai adalah aplikasi ini tidak membutuhkan memori yang banyak dan sangat ringan sehingga dipenggunaan sehari - hari sangat fleksibel di berbagai kegiatan.

2. Aplikasi Chatting (whatsapp, messenger, line, dll)

Kenapa saya tidak menyebutkan salah satu nama aplikasi chatting yang ada secara spesifik? ada alasan dibalik itu. Jujur saya merupakan pengguna whatsapp dari beberapa tahun yang lalu mungkin kalau dihitung saya sudah menggunakan aplikasi ini selama kurang lebih 7 tahun. Tapi beberapa orang menggunakan aplikasi chatting lain, sebagai contoh saya memiliki bos yang menggunakan kakaotalk, jadi saya juga menggunakan kakaotalk.

Intinya adalah gunakan aplikasi chatting sesuai dengan kebutuhan, prioritaskan untuk kebutuhan yang paling banyak, karena kita juga tidak mungkin menginstall semua aplikasi chatting yang ada bukan? Aplikasi chatting penting karena di jaman sekarang ini siapa sih yang tidak menggunakan internet? Jadi aplikasi chatting adalah aplikasi paling berguna kedua disini.

3. Aplikasi Berita (Google News, Detik, Medium, dll)

Jika kalian tidak ingin tertinggal berita - berita yang up-to-date, segala informasi terbaru, atau hanya membaca artikel kesukaan kalian aplikasi berita dan artikel ini sangat berguna buat kalian. Jadi apa saja aplikasi berita ini? Ada banyak!

Saya akan beri contoh beberapa aplikasi yang saya gunakan dan saya install di smartphone android

Google News 

Darimana lagi saya bisa mendapatkan berita berita populer di internet kalau bukan dari raksasa mesin pencarian Google? Google news menyediakan berbagai macam berita up-to-date, sehingga setiap hari kalian akan disungguhkan dengan berita - berita yang mengejutkan dan informatif.

Medium

Untuk orang - orang yang gemar membaca, saya sarankan untuk download aplikasi medium ini dan segera daftarkan akun di medium, kenapa? banyak sekali artikel bermanfaat yang ada di medium ini, medium ini adalah salah satu dari aplikasi favorit saya. Tapi untuk artikel premium kalian diharuskan untuk berlangganan untuk bisa membacanya.

Twitter

Lho bukannya twitter itu media sosial? 

kok dimasukkan di aplikasi berita? 

pasti kalian mendendangkan kalimat tersebut dalam hati kan? 

Iya twitter memang media sosial yang sudah cukup lama berdiri, tapi ada satu kelebihan yang dimiliki oleh twitter. Masih banyak orang, praktisi, pelaku bisnis, organisasi, menggunakan twitter sebagai sarana penyalur informasi, dan juga alur informasi di twitter ini sangat cepat dan sangat update, kalian juga bisa follow akun yang menurut kalian sejalan dengan informasi yang ingin kalian terima. Salah satu media sosial yang rekomended di masa sekarang sih menurut saya.

U-dictionary

Nah, aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi kamus berbagai bahasa yang harus kalian install. Aplikasi ini menyediakan berbagai fasilitas seperti artikel dalam bahasa inggris, video bahasa inggris, dan segala sesuatu yang bisa meningkatkan skill bahasa inggris kalian, lho. Siapa sih yang tidak mau bisa bahasa inggris sekarang ini? kayaknya bahasa inggris itu sudah menjadi bahasa yang harus dikuasai menurut saya pribadi.

4. Aplikasi Lainnya 

Jadi gini, aplikasi lainnya adalah aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan, tapi suatu saat kita bisa saja membutuhkannya. Nah saya kasih langsung daftarnya deh. 

Go-jek 

Suatu malam kita pengen makan dan mager males keluar. Buka aja aplikasi gojek dan pesan makanan dari aplikasi gojek itu. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagai pembayaran dengan menggunakan fasilitas go-pay. Kita tidak perlu susah - susah menunggu kembalian receh, tinggal scan barcode selesai.

Google Maps 

Aplikasi google maps memang sudah termasuk aplikasi bawaan dari android sih seharusnya, disini cuma mau mengingatkan saja bahwa fungsi dari aplikasi google maps ini sangat banyak. Untuk mencari alamat, share alamat kita ke teman, atau mungkin ingin mencari rekomendasi tempat kencan, rekomendasi tempat wisata, pokoknya banyak deh.

Kesimpulan 

Terlepas dari aplikasi android yang paling berguna, semua aplikasi sebenarnya dibuat dengan maksud dan tujuan. Nah, aplikasi android ini digunakan sebagai sarana untuk memudahkan kita dalam menjalankan kehidupan sehari - hari sesuai dengan kegiatan masing - masing individu. Jadi aplikasi paling berguna itu hanya bisa dinilai dari padangan kalian sendiri. Nah, dari pandangan saya pribadi ada 4 jenis aplikasi yang sangat membantu saya dalam menjalankan kegiatan saya sehari - hari. Jadi untuk teman - teman mana yang paling berguna? 

Baca juga artikel :