Piala Presiden Esports yang digelar pada akhir bulan maret ini, atau tepatnya pada tanggal 30 - 31 maret 2019 ini sudah selesai. Salah satu gelaran esports yang didukung langsung oleh pemerintah yang bekerjasama dengan beberapa vendor esports ini cukup meriah, mempertemukan beberapa tim yag sudah cukup populer di gelaran Mobile Legends turnamen di Indonesia.

Beberapa game terdapat drama kejutan yang cukup mengagetkan seperti di semifinal onic esports yang berhasil mengalahkan psg RRQ yang bisa dibilang salah satu raksasa di turnamen Mobile Legends, dan juga Louvre yang mengalahkan EVOS.

Hal ini menyebabkan bahwa terjadi El-Classico, diperebutan gelar ketiga atau bisa dibilang Bronze Match. Memang menarik beberapa tim yang digadang bakalan menjadi juara ternyata harus merelakan gelar mereka menjadi peraih medali emas Piala Presiden Esports.

Di game Bronze match yang memperebutkan medali perunggu ini, mempertemukan PSG.RRQ melawan Esports Esports, dengan sistem pertandingan BO3 atau Best Of Three

Perebutan Juara 3 Piala Presiden Esports 2019 

Disini PSG.RRQ yang dikalahkan oleh Onic Esports harus menghadapi Evos Esports yang juga gagal melaju ke Final setelah harus mengakui kuatnya tim Louvre JG. Sistem pertandingan perebutan juara 3 ini juga Best of Three (Bo3).

Game Pertama

Game 1 Perebutan Juara 3
Gambar di atas merupakan line-up yang diberikan dan dipertontonkan dari kedua tim ini. Dari menit awal PSG. RRQ sudah mendominasi atas EVOS Esports. Tidak seperti di game semifinal PSG.RRQ terlihat bermain dengan sangat lepas sehingga hasilnya pun cukup positif dengan mendominasi di keseluruhan game.

Game pertama ini dimenangkan oleh PSG.RRQ dengan kemenangan yang cukup jauh dengan skor kill poin hingga 30 untuk tim pemenang.

Game Ke - 2


Di game ke-2 ini game berlangsung lebih seru dibandingkan dengan game pertama. Di menit awal kedua tim menampilkan pertarungan yang sangat seimbang, walaupun PSG.RRQ lebih unggul sedikit dari segi kill poin.

Tapi di mid game PSG.RRQ lebih terlihat unggul dalam poin kill, tapi dari turret sangat seimbang. Sementara untuk networth dari kedua tim tentu dimenangkan oleh PSG.RRQ. Dari permainan berlangsung semua berjalan kearah kemenangan PSG.RRQ kalau dilihat dari mid-game ini.

Dan disekitar menit ke 13, PSG RRQ akhirnya berhasil memenangkan game ke-2. Dengan kemenangan ini berhak mendapatkan medali perunggu dari Piala Presiden Esports 2019, dengan hasil kemenangan 2 - 0 atas Evos Esports, Selamat PSG.RRQ!
PSG.RRQ : Peraih Medali Perunggu Piala Presiden Esports 2019


Perebutan Juara Piala Presiden Esports 2019 

Final dari Piala Presiden ini menghadapkan 2 tim terbaik yaitu Louvre JG dan Onic Esports. Keduanya berhasil mengalahkan 2 tim besar dan harus berhadapan di final untuk memperebutkan Medali Emas. 

Onic esports sendiri berhasil mulus dari penyisihan hingga ke final tanpa merasakan kekalahan dan berhasil menjadi tim yang menyapu bersih kemenangan di gelaran esports 2019 ini.

Di tahun ini memang dominasi di beberapa turnamen Mobile Legend besar yang ada di Indonesia memang sedang dipegang oleh Onic Esports.

Game 1 Grand Final Piala Presiden Esports 2019

Game 1 Grand Final Piala Presiden 2019

Di game pertama gelaran final piala presiden 2019, terlihat dominasi dari Louvre Juggernaut, di menit awal dari game dimana turtle pertama berhasil diambil oleh Louvre setelah berhasil kill 4 hero tim Onic Esports.

Pertengahan game pertama, kedua tim bermain lebih hati - hati, tidak terjadi banyak pertempuran. Hanya saja dominasi dari Louvre JG ini masih terlihat, bahkan turtle kedua juga berhasil dimiliki oleh Louvre dan juga perolehan networth yang juga dimenangkan oleh Louvre.

Keseruan datang di sekitaran mid-game dan late-game, dimana Onic Antimage yang menggunakan hero Hayabusa, berhasil menunjukkan tajinya sebagai the real assasin. Hayabusa disini sedikit susah dikonter oleh hero - hero yang dimiliki oleh Louvre. Dan juga menurut panelis Piala Presiden Esports 2019 ini juga split-push yang dilakukan oleh Onic Sangat cerdas.

Setelah melalui game yang sangat intens, Onic berhasil memenangkan game 1.

Game 2 Grand Final Piala Presiden Esports 2019

Game 2 Piala Presiden 2019

Baiklah kita bahas game ke 2 dari final yang mempertemukan Onic Esports vs Louvre JG. Game ke-2 ini tidak se-intens, game pertama, tapi di awal game atau menit awal kedua tim bermain sangat aman untuk menghindari kesalahan. Walau begitu game ini juga sangat seru.

Di mid-game permainan masih sangat hati - hati, dengan kill yang tidak begitu banyak. Namun di mid-game ini Louvre JG berhasil disalip networthnya oleh Onic Esports. Permainan dari Onic Esports mulai mendominasi.

Akhirnya di game ke 2 ini Onic Esports mampu menumbangkan Louvre JG, dengan total waktu sekitar hampir 20 menit.

Game 3 Grand Final Piala Presiden Esports 2019

Game 3 Piala Presiden Esports 2019
Game ketiga ini sangat seru dan sangat terlihat skill dari kedua tim. Memang kedua tim ini sangat berhak untuk menjadi dua tim terbaik di turnamen piala presiden 2019. Kedua tim bermain hati - hati di awal game hingga mid-game, namun terlihat Louvre tertekan di awal hingga mid-game.

Untuk mid-game hingga late-game sendiri, masih seperti di awal game Onic berhasil menekan Louvre JG. Beberapa turret, dari Louvre JG telah berhasil di rebut oleh Onic. Antimage dan kawan - kawan berhasil memainkan permainan yang bagus higga late-game, sehingga berhasil memenangkan game ini.

Akhirnya Onic Esports berhasil memenangkan game dengan skor 3-0.

Klasemen Piala Presiden Esports 2019 Mobile Legends

Setelah dua hari digelar gelaran piala presiden ini telah sukses digelar. Turnamen yang didukung oleh pemerintah sendiri ini sudah digelar pada tanggal 30 - 31 maret 2019. Dan berikut adalah klasemen dari Piala Presiden 2019. 

  • Juara 1 : Onic Esports
  • Juara 2 : Louvre Juggernaut
  • Juara 3 : PSG.RRQ
Jadi siapa aja nih yang nonton pertandingan livenya? menurut kalian seru gak sih? apa harusnya ditambah lagi game yang dikompetisikan? Boleh komentar di kolom komentar.


Baca juga artikel :