Esports. Kadang sebuah kata ini sangat membingungkan untuk beberapa orang, khususnya untuk generasi yang lahir sebelum tahun 90an. Pengertian esports sendiri baru saja muncul di beberapa tahun terakhir. Apalagi di Indonesia, negara yang baru berkembang pasti sangatlah sulit untuk menerima fakta yang ada mengenai esports ini. Oh iya jika kalian ingin mengetahui sejarah esports indonesia, silakan baca dulu artikel tersebut. Beberapa waktu yang lalu sempat digelar kompetisi di seluruh kampus baik universitas maupun politeknik yang berkompetisi di sebuah event esports, PUBG Mobile Campus Championship. Apakah saat kita bermain game bisa disebut dengan kegiatan esports? Hmmm tentu saja hal ini perlu kita kaji ulang.

Pengertian Esports adalah Elektronik sports. Ya, pengertiannya sangatlah singkat jika diartikan secara harafiah. Apa hubungannya dengan game? Suatu game bisa dikatakan sebagai esports jika game tersebut mengadakan kompetisi, jadi dengan kata lain esports sendiri merupakan sebuah kompetisi, sama seperti olahraga pada umumnya. Ada berbagai turnamen yang digelar, ada juga para pemain profesional yang bermain di tim, dan juga di beberapa game bahkan ada turnamen musiman yang diadakan secara berkala, terdapat klasemen. Intinya, Esports adalah kompetisi game yang terorganisir.

Di Indonesia sendiri belum banyak digelar kegiatan esports seperti di negara - negara lain, dimana esports ini sudah menjadi sebuah hal yang wajar. Kemungkinan di Indonesia sendiri masih belum bisa di terima di masyarakat kita. Tapi di beberapa tahun ini, kebangkitan esports di indonesia sendiri cukup di dukung, terbukti dengan adanya beberapa turnamen yang diprakarsai oleh lembaga pemerintahan seperti KOMINFO, yang menggelar Piala Presiden 2019. Kedepannya munkin perkembangan esports di indonesia akan terus maju.


Esports Merupakan Kompetisi Yang Terorganisir

Jika kalian menyukai sebuah pertandingan olahraga seperti sepakbola ataupun bulutangkis, kalian pasti sering menonton pertandingannya di televisi yang menyiarkan pertandingan tersebut. Tidak berbeda dengan Esports, kompetisinya juga disiarkan dan bisa dinikmati oleh para penggemar dan para pemainnya pun hidup seperti layaknya atlet olahraga sepakbola atau bulu tangkis pada umumnya. Mereka melakukan latihan berat, mereka dijaga kesehatannya, dan juga diberi fasilitas agar mampu menunjukkan peforma yang memuaskan. Di dalam sebuah esports, mereka dipanggil dengan sebutan pemain profesional

Selain itu di beberapa game yang dikompetisikan sebagai contoh DOTA 2 yang sudah cukup matang kompetisinya. Di game ini terdapat pembagian turnamen yang ketat, turnamen esports dota 2 yang paling bergengsi adalah The International, dimana tim terbaik dari seluruh dunia yang dibagi beberapa regional bertemu di satu tempat untuk memperebutkan juara. Untuk bisa berlaga di The International ini juga tidak mudah, tim - tim tersebut harus memenangkan pertandingan kualifikasi yang tidak mudah untuk dimenangkan. Inilah yang disebut dengan esports kompetisi yang ketat dan berat.

Walapun masih banyak pro dan kontra bahwa esports bisa dijadikan sebagai cabang olahraga, tapi mengingat dari segi kompetisi, esports sudah layak untuk bisa dikompetisikan lebih lanjut menjadi sebuah cabang olahraga yang diakui. 

Seperti Cabang Olahraga Lainnya Esports Juga Menghibur 

Jika diperhatikan lebih jauh, terlepas dari pro dan kontra yang ada seperti bahwa esports belum mampu membuktikan bahwa olahraga ini menyehatkan dari segi raga, namun dari segi hiburan Esports layak untuk dijadikan sebagai cabang olahraga. Seperti yang bisa kita lihat, jika kita menonton sebuah pertandingan sepakbola, kita juga sering menganggap hal tersebut menjadi sebuah hiburan, sama halnya dengan menonton kompetisi esports juga bisa dijadikan sebagai hiburan.

Seperti yang telah dijelaskan, turnamen esports ini juga menyajikan turnamen yang digelar secara berkala dan selalu menyajikan berbagai pertandingan yang seru dan menghibur. Selain itu, berbagai portal esports yang ada juga menyajikan berbagai berita update mengenai tim - tim esports, sebagai contoh blog yokiandika ini juga menyajikan update turnamen, update para pemain profesional yang berlaga di kompetisi, dan update - update lainnya.

Esports Juga Merupakan Salah Satu Tempat Bisa Membanggakan Negara 

Kompetisi esports bisa juga digunakan sebagai wadah untuk memperkenalkan sebuah negara. Saya beri contoh tim esports asal indonesia yang sudah beberapa kali menjuarai ataupun mengikuti beberapa turnamen internasional dengan memakai nama perwakilan negara indonesia.

  • RRQ yang berhasil menjuarai Turnamen internasional PB (Point Blank) pada tahun 2017
  • Bigetron Esports yang baru - baru ini mewakili indonesia di gelaran PMSC (salah satu turnamen internasional PUBG Mobile paling bergengsi)
  • Aerowolf Ads yang beberapa tahun lalu juga mengikuti PUBG invitational
Tentunya hal ini juga merupakan kegiatan positif yang layak untuk didukung karena mereka juga berhak diberi apresiasi oleh pemerintah.

Untuk Menjadi Pemain Profesional Tidak Semudah Yang Dibayangkan 

Kalo kita lihat beberapa atlet olahraga yang sudah sukses di dunia, seperti pemain sepakbola Christian Ronaldo, atau atlet dari indonesia seperti Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon. Mereka tidaklah mudah menjadi pemain seperti yang sekarang. Mereka harus berlatih dengan sangat keras sehingga bisa menjadi atlet seperti yang kita lihat sekarang.

Hal tersebut juga berlaku di pemain esports, mereka bukan cuma anak yang hanya sekedar bermain game untuk senang - senang, tapi mereka berlatih sangat keras untuk bisa menjadi tim terbaik di game yang mereka mainkan. Para pemain game yang ingin berkarir sebagai pemain profesional ini bisa berlatih dalam sehari sampai berjam - jam untuk melatih skill, strategi dan berbagai cara agar mereka bisa memenangkan berbagai turnamen.

Kesimpulan

Pengertian esports yang kita bahas di artikel ini merupakan sebuah terobosan yang bisa kita lihat dari segi kompetisi esports ini sendiri. Dari segi kompetisi esports bukanlah sekedar bermain game untuk kesenangan, melainkan sebuah dedikasi yang diberikan oleh para pemain game untuk menampilkan game yang mereka mainkan ke tahap kompetisi. Mereka bermain game untuk mendapatkan prestasi yang mungkin bisa mereka banggakan. Nah, jadi gimana nih pendapat kalian mengenai esports? apakah kalian setuju? Bisa tulis komentar kalian di kolom komentar ya? Jangan lupa share artikel ini jika artikel ini dirasa bermanfaat ya? Terimakasih.

Baca juga artikel :