Ads

Harga Huawei P30 Pro Apakah Sepadan Dengan Spesifikasinya?

Pre-Order Huawei P30 Pro.
Sumber : Huawei
Satu lagi kabar gembira untuk para pecinta gadget dan smartphone di Indonesia, khusunya penikmat blog yokiandika. Ada satu pabrikan smartphone yang mengumumkan akan meluncurkan dan merilis produk baru di pasar Indonesia. Setelah beberapa waktu yang lalu Redmi mengeluarkan ponsel gahar nah murahnya, Redmi Note 7, kini huawei juga tidak mau kalah dengan mengenalkan produk Huawei P30 Pro.

Harga dari Huawei P30 Pro sendiri secara resmi belum dikeluarkan atau diumumkan oleh pihak Huawei Indonesia. Pabrikan smartphone dan ponsel asal china ini cuma mengumumkan bahwa Pre-Order P30 Pro akan dibuka mulai 12 april 2019, jadi buat teman - teman ingat ya, yang sudah nungguin ini hp simpen di note baik - baik tanggal pre-order.

Tapi dari beberapa sumber seperti di artikel androidauthority, menyebutkan bahwa harga dari Huawei P30 Pro bisa dibeli dengan kisaran harga 999 euros sampai 1249 euros, yang kalau di rupiahkan adalah sekitar 15jutaan. Tentunya bisa lebih bisa kurang ya sampai di Indonesia.

Selanjutnya coba kita bahas mengenai spesifikasi dari Huawei P30 Pro

Spesifikasi Huawei P30 Pro Yang Akan Rilis Di Indonesia 

Jika diamati dari kisaran harga Huawei P30 Pro diatas kita mengetahui bahwa spesifikasi yang harusnya dimiliki oleh smartphone ini adalah spesifikasi smartphone menengah keatas. Oke langsung saja kita bahas satu persatu.

Desain

Huawei P30 pro ini menampilkan desain yang keren lah sesuai dengan pasaran smartphone dan ponsel masa kini dimana lebar layar mendominasi dan meminimalisir penggunaan bezel. Kemudian juga, penempatan notch atau space untuk kamera yang terlihat elegan. Pantaslah kalau menurut saya dari segi desain dengan harga yang ditawarkan. Untuk dimensi kita lihat langsung :
  • Panjang x Lebar x Tinggi(tebal) : 158 mm x 73.4 mm x 8.41 mm.
  • Ukuran Layar : 6.47 Inch, FHD + 2340 * 1080, OLED. 

Kamera 

Satu hal yang sangat menonjol yang bisa dijadikan kelebihan yang sangat susah untuk dikalahkan oleh para pesaing Huawei P30 pro, adalah kamera. Kenapa kamera? 

Memang saya belum pernah melihat dan mengecek kualitas kamera itu sendiri langsung, tapi bayangkan dengan spesifikasi kameranya, ini adalah pertama kali saya melihat ada kamera handphone dengan spesifikasi seperti ini. Coba kita jabarkan.
  • Kamera Depan : 32 MP dengan f/2.0 aperture.
  • Kamera Belakang : Quad alias 4 Kamera dari Leica, 40MP (lensa wide angel, f/1.6 aperture, OIS), 20MP (lensa Ultra wide, f/2.2 aperture) + 8 MP (lensa telephoto, f/3.4 aperture).
Nah dengan empat kamera ini bisa ngapain aja sih? 

Gambar 4 kamera Huawei P30 pro


Jadi, gini menurut teori fotografi yang masih pemula ini, kegunaan lensa itu berbeda - beda sesuai dengan tujuan dari saat kita mengambil gambar, huawei ingin memaksimalkan hasil dari foto yang diambil dengan memberikan empat kamera di perangkat. Dengan kata lain huawei mencoba untuk menunjukkan bahwa kamera di perangkat ini adalah untuk segala medan, segala kondisi dan situasi yang berbeda - beda.

Lensa mana yang sering digunakan?

Standardnya atau bisa dibilang default-nya, yang akan paling sering digunakan Huawei p30 pro ini adalah kamera yang berada di bagian tengah (jika diperhatikan di gambar adalah di bagian tengah kamera utama). Kamera yang tengah ini adalah kamera yang memiliki 40MP dengan fitur lensa wide seperti yang telah disebutkan sebelumya.

Untuk lensa yang paling atas dari ketiga lensa ini digunakan untuk kondisi yang mengharuskan menggunakan lensa wide, sebagai contoh pemandangan, atau mungkin foto banyak orang. Lensa ini menggunakan fitur ultra wide angle, dengan 20MP, f/2.2, juga sudah disebutkan di spesifikasi kamera.

Nah untuk yang kamera bagian bawah adalah kamera yang digunakan untuk zoom sampai 5x optical zoom, atau dibidang fotografi bisa dibilang sebagai lensa tele. Lensa yang satu ini digunakan untuk objek jauh yang ingin kita lihat secara mendetail.

Lensa teralhir adalah lensa paling kecil, digunakan sebagai sensor Time-of-light (ToF). Jadi penjelasan mudahnya sesnsor ini digunakan untuk membuat gambar terlihat realistis dalam artian efek blur, 3D, dan efek visualnya bisa "wow". Kapan - kapan akan bahas deh mengenai ToF ini.

Performa Huawei P30 Pro 

Langsung di bagian ini kita akan melihat seperti apa performa dan spesifikasi dapur pacu dari smartphone dari Huawei ini.
  • OS atau Operating System : Android Pie atau Android 9 dengan software bawaan Emui 9.1 .
  • Memori : 8GB RAM dan 256 GB ROM.
  • Keamanan : Finger Print Sensor.
  • Processor : HiSilicon kirin 980.
Jika melihat sekilas sih emang keren sekali spesifikasi yang diberikan, panteslah untuk smartphone dengan harga segitu, apalagi untuk pasar indonesia. Tapi jika kalian masih penasaran, ini ada sebuah hasil benchmark dari gsmarena :
Sumber : gsmarena
Jika dilihat dari perbandingan bencmark dengan brand lain memang terlihat sedikit mengecewakan, tapi jika dilihat dari generasi Huawei sebelumnya cukup terdapat peningkatan walaupun tidak signifikan sih. 

Kesimpulan 

Jadi apakah harga Huawei P30 pro di indonesia ini sepadan dengan spesifikasi yang didapat? 

Ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan ini. Pertama adalah penggunaan. Penggunaan untuk smartphone ini paling cocok adalah digunakan untuk mobile fotografi sih , secara fitur kamera yang diberikan keren. Dan jika kalian menggunakan handphone ini bukan untuk kegiatan berat seperti nge-game, memang bisa jadi rekomended.

Tapi kalau untuk game dan pekerjaan berat lain sih, di kelas ini masih banyak smartphone yang lebih keren spesifikasinya.

Jadi apakah artikel ini menjawab pertanyaan kalian? atau masih bingung? silakan tulis di kolom komentar ya? Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Baca juga artikel :

0 Response to "Harga Huawei P30 Pro Apakah Sepadan Dengan Spesifikasinya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel