Mario, hmmm...

Jika kalian adalah seorang pecinta game yang lahir di tahun 90an, kalian pasti mengetahui karakter yang sangat terkenal sampai sekarang ini. Salah satu karakter jagoan yang dimiliki atau melekat dengan salah satu console game, yaitu Nitendo. Ya, dia adalah Mario. Kali ini blog yokiandika akan mencoba membahas mengenai karakter Mario yang sangat fenomenal itu.

"OKIDOKI"

-Mario Kart Wii Voice-
Di game Mario Wii Kart karakter mario sering mengucapkan kata kata yang sangat khas, okidoki. Nah, kita juga akan membahas fakta - fakta menarik lainnya dari karakter game Mario ini ya?

1. Pertama Kali Dibuat Bukan Untuk Menjadi Karakter Utama

Ya betul, karakter mario ini dibuat pertama kali bukan menjadi sebuah karakter utama di dalam sebuah game, melainkan hanya sebagai karakter cameo alias sebagai karakter sampingan. Kemunculan karakter mario sendiri pertama kali adalah di salah satu game Nitendo bernama "Donkey Kong". 

Sumber : jotform.com

Karakternya pun belum bernama Mario melainkan diberi nama "JumpMan". Di gameplay Donkey Kong ini mario menjadi karakter yang menghindari tong yang dilempar pleh donkey kong, sehingga diberi nama jumpman untuk menyelamatkan seorang putri yang selanjutnya kita kenal sebagai "Daisy".

2. Nama Mario Terinspirasi Dari Pemilik Gedung Yang Disewa Nitendo

Satu fakta yang dibeberkan oleh nitendo. Ketika akan dirilisnya game mario setelah game donkey kong sukses besar, seorang tuan tanah yang menyewakan gedung mereka kepada perusahaan nitendo ini menagih uang sewa, dan nama pemilik tuan tanah ini adalah "Mario Segale". Mario segale menerobos masuk di tengah meeting yang sedang diadakan oleh nitendo untuk menagih uang sewa dari gedung yang digunakan perusahaan nitendo.

Dari sinilah game ini kemudian dinamai dengan nama Mario. Sebelumnya, game yang akan dirilis ini bernama jumpman ahead. Menurut Nitendo nama Mario lebih cocok untuk game ini.

3. Karakter Mario Muncul Beberapa Kali Di Game Nitendo Lainnya

Bukan hanya Donkey Kong, karakter Mario ini juga melekat di beberapa game nitendo lainnya. Salah satu game yang mempunyai karakter Mario adalah Golf, Punch-Out, Pinball, dll. 

Sumber : jotform.com
Mungkin ini adalah sebuah atau salah satu strategi nitendo dalam agenda membuat Mario menjadi salah satu icon yang layak untuk di boomingkan pada waktu itu, selain fakta bahwa membuat sebuah karakter yang populer sangat sulit di masa itu.

4. Pembuat Karakter Mario Adalah Shigeru Miyamoto 

Shigeru miyamoto adalah seorang game desainer yang berasal dari jepang dan sangat berbakat. Terbukti dari beberapa karakter ciptaannya yang sangat melegenda, salah satunya adalah karakter Mario ini. Karena dia yang membuat karakter Mario berarti dia juga yang membuat karakter di game Donkey Kong ya? jadi jangan lupakan juga, game simbahnya mario satu ini.

Di salah satu website terdapat fakta lucu yang menyebutkan bahwa, Shigeru Miyamoto ini sengaja membuat karakter Mario memakai sebuah topi, kenapa? Karena dia merasa kesulitan menggambar rambut dari mario.

5. Mario Menjadi Karakter Yang Paling Populer Mengalahkan Mickey Mouse

Tepatnya pada tahun 1990, ada sebuah perusahaan yang disebut dengan Marketing Value, yang membuat polling mengenai fakta ini. Dan nyatanya terbukti bahwa Mario lebih populer daripada karakter yang menurut saya juga sangat terkenal yaitu Mickey Mouse dikalangan anak - anak pada waktu itu.

6. Theme Song Mario Ditulis Oleh Seorang Komposer Bernama Koji Kondo 

Harus diakui, kalian pasti tidak mengetahui siapa pembuat theme song mario, atau kalian sudah mengetahuinya? yang jelas lagu dari mario ini sangatlah khas, dengan hanya mendengar sekilas saja seharusnya kita sudah mengetahui bahwa lagu tersebut adalah dari game mario. Lagu ini, diangkat dan dicover beberapa kali oleh para penggemarnya.

7. Mario Mempunyai Karakter Jahat Mirip Dengannya 

Karakter jahat dari mario bernama "Wario". Nama ini diambil dari bahasa jepang "Warui" yang berarti jahat dalam bahasa indonesia. 


Oke, jadi cukup sekian dulu artikel mengenai Mario, yang merupakan salah satu karakter favorit saya pribadi ya? Sambil saya juga bernostalgia game jadul super mario. Nah gimana menurut kalian? fakta apa nih yang belum dicantumin di sini? bisa tambahin ke kolom komentar deh. Oh ya, jangan lupa share juga jika dirasa bermanfaat ya. Terimakasih.

Baca juga artikel :