csv file terkadang sangat membingungkan, dibuka datanya nggak kebaca,dll.
Sumber : Unsplash

Halo temam teman blog yokiandika, di artikel kali ini kita membicarakan mengenai salah satu file yang sering kita jumpai di kehiduan sehari - hari yaitu file csv. Kita akan membahas bagaimana caranya membuka file csv, apa pengertian file csv, dan apa perbedaan dengan file dokumen sejenis.

Saya merupakan orang yang sangat aktif di dunia internet, dan tentu saja tidak terlepas dari sosial media. Karena saya aktif di sosial media, beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah postingan di facebook yang berhubungan dengan file csv. Beberapa orang menanyakan, "bagaimana mengedit file csv di excel", kemudian pertanyaan seperti "kenapa file csv yang saya buka di excel tidak seperti tampilan excel pada umumnya". Sebenarnya pertanyaan ini sudah banyak terjawab di berbagai internet, namun masih saja pertanyaan seperti ini selalu muncul.

Nah langsung saja kita bahas secara mendetail mengenai file csv ini.

Pengertian File CSV 

Jika teman - teman sering bergelut dengan data - data yang banyak, dimana mengharuskan menyimpan data untuk diolah pastinya sudah tidak asing dengan file csv ini, karena kemungkinan kalian pasti sudah pernah membuka file ini.

CSV (Comma-separated Value) adalah sebuah file, berupa text yang menggunakan koma sebagai pemisah value. Lebih jelasnya adalah csv menyimpan data berupa kolom yang tiap kolomnya dipisahkan dengan menggunakan tanda koma ( , ). 

Awal mula dari pencetusan ide ini adalah karena sebuah permasalahan yang terjadi dimana ketika, para pencetus csv ini mengalami kesulitan saat ingin menyimpan data sebagai file spreadsheets, untuk di analisa isi data-nya, dengan kata lain pada waktu itu belum ada cara untuk menyimpan file database dalam bentuk spreadsheets. Nah, akhirnya csv ini dibuat karena dengan menggunakan csv ini kita akan mudah untuk menyimpan atau menampilkan dan mengolah data sebagai spreadsheet dan begitupun sebaliknya.

Berikut adalah contoh salah satu bentuk file csv :
Harga,Nama,Spesifikasi,Deskripsi
50000,Casing Iphone,"iphone 5, iphone 6","..."

Jika dilihat sebagai data tabel berikut adalah data tabel dari file csv diatas terdapat 2 baris data dan 2 kolom data. Permasalahan dari file csv ini adalah dimana saat kita mendapatkan data atau file berbentuk csv entah dari teman, atau mungkin kita download dari internet, saat kita membuka file tersebut kok tidak berbentuk data tabel? bagaimana caranya membuka dalam bentuk yang sudah teratur sehingga kita mudah untuk melihat data yang diberikan. 

Cara Membuka File CSV Agar Tersusun Rapi 

Oke langsung saja dengan pokok permasalahan bagaimana cara membuka file csv ini agar langsung tersusun rapi dan terlihat datanya sehingga kita bisa langsung mengolah data tersebut. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan atau kita bisa menggunakan berbagai aplikasi, tapi kita akan membuka file csv ini dengan aplikasi yang sering kita gunakan sehari - hari.

Membuka CSV dengan menggunakan Google Sheets

Aplikasi Google Sheets adalah sebuah aplikasi web-based yang digunakan untuk membuka file - file spreadsheets, salah satunya adalah csv. Yang keren dari aplikasi google sheets ini adalah kita tidak perlu mendownload dan menginstall aplikasi di komputer, pc, atau latop kita. Yang kita butuhkan hanya browser (chrome lebih baik, namanya juga google sheets kan kompatibelnya dengan produk google lain, hehehe), dan koneksi internet. Untuk bisa mengakses google sheets silakan klik google sheets. Oh iya kalian juga harus punya google akun ya? 

Google Sheets by Google.

Untuk membuka file csv di google sheets sangatlah mudah dan kita tidak perlu kesulitan untuk mengubah tampilan data karena tampilan csv di google sheets sudah pasti sudah tersusun rapi. Bagaimana cara membukanya? ikuti beberapa langkah berikut :

1. Buka Google Sheets di browser 
2. Setelah itu klik tanda (+) atau "Blank" yang ada di halaman tersebut
3. Kemudian klik File > Open 

 
4. Dan pilih file csv yang ingin kalian buka (oh iya catatan : karena google sheets merupakan aplikasi web-based atau berbasis web kalian harus mengupload file kalian di google drive lewat akun google kalian dulu ya)

5. Dan selamat File CSV kalian sudah berhasil dibuka, kalian bisa mengeditnya sesuai keinginan kalian. (File ini juga bisa disimpan dalam berbagai ekstensi seperti .xls, dll).

Membuka File dengan Microsoft Excel 

Nah, selain google sheet, kita juga bisa membuka file csv dengan menggunakan microsoft excel, ini adalah aplikasi yang benar - benar umum digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Tentunya kalian pernah menggunakannya bukan. Cara membuka file csv di microsoft excel ini agak berbeda dari saat kita membuka file csv di google sheet, karena secara default, file format csv tidak akan berbentuk tabular khusus di format penulisan indonesia ya? Ada apa dengan indonesia? kita akan bahas di bagian ketiga.

1. Pertama buka microsoft excel di Komputer, PC, laptop kalian 


2. Kemudan pilih dan klik "Blank Workbook" untuk membuka dokumen baru 

3. Setelah itu Pilih Data > Get Eksternal Data > Pilih "From Text"

4. Kemudian pilih File CSV di folder komputer kalian dan buka file, kalian akan mendapatkan tampilan berikut.

5. Pilih Delimited kemudian pilih Next, Kemudian pilih atau centang di bagian "comma" dan klik next lagi,

6. Setelah itu klik finish dan data yang tadinya tidak berbedntuk tabular kini bisa kalian lihat dalam bentuk tabel.

Cara Membuka CSV dengan Excel Otomatis 

hmmmm apa yang dimaksud dengan otomatis disini? jadi gini seperti di cara bagian atas kita sudah membuka file csv dengan cara mengimpor di Excel bukan? nah cara itu sedikit lebih panjang bukan? otomatis disini adalah kita tidak perlu mengimpor di excel melainkan langsung dobel klik di file csv, file tersebut langsung tertata rapi di excel, yang kemungkiana besar rata - rata akan tidak berbentuk tabel. Bagaimana caranya? pertama kita harus mengganti format yang ada di windows kita menjadi English (UK) untuk bisa melakukan ini.

Berikut adalah caranya : 

1. Pertama kita buka control panel dengan cara klik windows kemudian ketikan di search box "control panel"


2. Kemudian plih di bagian "Clock dan Region" dan ganti menjadi "English (United Kingdom)" di bagian "Format", kemudian klik apply

3. Setelah itu kalian sudah bisa langsung membuka file csv secara tersusun rapi langsung dengan "double klik". Selamat!

Kesimpulan 

Menurut saya file csv sangat berguna dan sangatlah kompatibel untuk digunakan di berbagai kebutuhan. Untuk itu kita perlu mengetahui lebih jauh mengenai file csv ini, nah ke -3 cara diatas adalah cara untuk membuka file csv agar, file tersebut tersusun rapi seperti layaknya file tabel. Cara tersebut memang tidak ada yang paling benar, melainkan seharusnya digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh saya yang menggunakan file csv hampir setiap hari sehingga saya memutuskan menggunakan cara mudah ke - 3, agar langsung bisa membuka file csv dengan double klik langsung.

Jadi, cara mana yang sudah kalian coba? apakah berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan kalian?  coba dong share di komentar. Jangan lupa share ya jika artikel ini berguna dan bermanfaat ? Terimakasih.

Baca juga artikel tips lainnya :