Ads

Apa Sih Google Stadia? Mengenal Gaming Platform Dari Google

Stadia Gaming Platform

Sebuah kejutan yang cukup mengagetkan bagi kita semua para pecinta game di tanah air atau bahkan seluruh dunia, dari Google yang merupakan salah satu dari raksasa teknologi yang ada di bumi ini, lebay nggak sih? Tapi memang ini sebuah berita yang saya sendiri benar - benar takjub dan belum sempat terpikirkan bahwa akan ada produk game seperti Google Stadia ini. Apa sih Google Stadia? dan bagaimana Stadia ini akan mengubah dunia game secara drastis di masa yang akan datang? hmmm, oke blog yokiandika akan coba membahas mengenai Google Stadia yaitu sebuah platform game terbaru dari google.

"Building a game platform for everyone" - Sundar Pichai, CEO of Google 2019 -
Google Stadia adalah sebuah game-platform terbaru yang dikembangkan oleh Google. Jadi apasih yang dimaksud dengan game-platform? dan apa bedanya dengan game - game lain atau console game lain? Oke, jadi google disini akan memberikan sebuah wadah bagi para pemain game (entah itu pemain profesional, streamer, atau pecinta game lainnya), dan developer game atau sering kita sebut sebagai pengembang dan pembuat game, dalam satu wadah yang disebut dengan Google Stadia ini.

Phill Harrison yang merupakan penanggung jawab dari Google Stadia, di konferensi GDC 2019 menjelaskan bahwa salah satu kelebihan dari Google Stadia ini adalah memainkan game secara instan tanpa harus memikirkan install game, install update game, dan hal - hal lainnya , yang berarti kita bisa memainkan game langsung saat kita melihat trailer game di youtube.

Langsung mainkan game dengan Google Stadia dari melihat video di youtube
Google sendiri telah menguji platform stadia ini dengan salah satu game yang dikembangkan oleh Ubisoft yaitu assain creed "odissey" dengan kata lain game dari ubisoft ini merupakan game pertama yang tersedia di platform Stadia ini.


Cross-platform Game Dengan Stadia

Berita ini sebenarnya mengagetkan saya sebagai pecinta game karena game ini bisa dimainkan di perangkat apa saja. Ya, benar apa saja. Kalian bisa memainkan di laptop, di PC, di tablet, dan tentu saja di mobile. Tentu saja ini merupakan sebuah terobosan dari google, karena kita sering kesulitan dengan adanya game console, karena saat kita tidak bisa memainkan game yang ada di console nitendo di console lain seperti PS (Playstation).

"Play on devices you already have"
Dari jargon yang diberikan diatas ini jelas sudah bahwa google ingin sekali memberikan kemudahan dalam bermain game di semua jenis perangkat yang kita punya. Kedepannya kita akan memainkan game yang sama, sebagai contoh Assasin Creed di semua perangkat yang ada, bahkan google sudah memperlihatkan demonya di acara GDC (Game Developer Conference), sangat memungkinkan bagi kita untuk bermain satu game di berbagai device atau perangkat, tanpa harus susah - susah menginstall.

Stadia Controllers

Google Stadia Controllers
Namun perlu diketahui, untuk bisa memainkan sebuah game di semua perangkat atau device yang kita punyai (PC, Laptop, Tablet, Smartphone), kita harus mempunyai sebuah perangkat yang menjembatani atau sebagai perangkat perantara. Tidak mungkin kan, kita memainkan game yang sama di berbagai perangkat tanpa adanya perantara? yang ada kita dikira paranormal. Nah perangkat ini yang disebut dengan Stadia Controllers. Bentuknya biasa seperti controller pada umumnya, tapi terdapat beberapa tambahan tombol yang patut untuk dilihat. 
  • Capture Button : Untuk share dan menyimpan game yang sedang dimainkan ke youtube.
  • Google Assistant Button : Terhubung dengan google assistant mic yang ada di controller
Cara kerja dari Stadia controller ini dengan menggunakan koneksi wifi, sehingga controller ini mampu mendeteksi perangkat yang akan kita gunakan untuk memainkan game. Selain itu Stadia Controller ini juga terhubung langsung ke data center yang digunakan untuk menyimpan game yang akan dimainkan sehingga selanjutnya akan tampil diperangkat kita.

Stadia Data Center

Oke, pertanyaan selanjutnya adalah dimana platform ini menyimpan data game? Seperti yang seharusnya dan sudah pasti kita tahu, saat menginstall game kita menyimpan data game di hardisk kita. Dala kasus tertentu seperti game - game online tertentu seperti yang ada di platform steam seperti DOTA 2, PUBG, CS:GO, kita tetap menyimpan data game di hardware perangkat komputer kita. Nah, di platform Stadia ini sedikit berbeda, Google menyediakan Cloud komputer yang dijadikan wadah sebagai tempat penyimpanan datanya, nah itu dia yang disebut dengan Data Center Stadia.

Jika dilihat google ingin menambahkan produk yang juga berguna bukan hanya untuk para pemain game melainkan juga untuk para pengembang game. Pengembang game tidak perlu memikirkan berbagai faktor seperti platform dari game apakah akan dimainkan di mobile, atau dekstop, dsb. Dengan Google Data center yang disediakan google ini, pengembang game bisa fokus untuk memberikan terbaik dan kreatifitasnya dengan game yang akan dikembankannya.

Oh iya satu lagi Stadia Data Center juga mengklaim bahwa dengan menggunakan platform ini google menjamin bahwa koneksi yang digunakan lebih stabil karena mereka menggunakan teknologi yang menurut mereka sangat baik untuk mengurangi latency koneksi. 
Topology Platform Stadia


Kesimpulan

Google Stadia merupakan sebuah platform game yang bisa menjadi sebuah terobosan baru di industri game yang dikembangkan google. Permasalahan di dunia game yang sekarang masih ada seperti keterbatasan hardware, sharing permainan game di internet, cross-platform game yang masih sangat minim ingin diselesaikan oleh google dengan menggunakan teknologi Stadia ini. Google juga ingin memperpendek jarak antara pemain game dan developer game melalui satu wadah. 

hmmm, jadi seperti itu kira - kira teknologi terbaru yang dimiliki oleh google melalui stadia ini, akankah teknologi ini sampai di indonesia? sabar ya, paling ya setahun dua tahun kalau saja masuk sih. Menurut kalian gimana nih teknologi baru di dunia game ini? menarik untuk diikuti? boleh deh tulis di komentar pendapat kalian di kolom komentar. Jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini bermanfaat ya? Terimakasih.

Baca juga artikel : 

0 Response to "Apa Sih Google Stadia? Mengenal Gaming Platform Dari Google "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel