Sebenarnya beberapa orang atau beberapa pengguna smartphone baik android maupun IOS bermain game hanya untuk mengisi waktu. Mereka bermaian game mobile sebagai alternatif mengisi kegiatan yang kosong disela - sela pekerjaan yang atau sekedar merefresh dari kegiatan sehari - hari agar tidak bosan dan jenuh.

Alternatif game mobile offline ini biasanya berbentuk game sederhana yang mudah untuk dimainkan dan bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Game ini tidak membutuhkan koneksi internet, hardware yang sangar, melainkan game sederhana yang memiliki gameplay unik dan mengasikkan.

Jika dibandingkan dengan beberapa game yang bisa dikatakan sudah ada kompetisinya, game ini hanyalah sebuah game offline ini gameplaynya terlihat sangat sederhana dan grafiknya pun tidak semenarik game game online tersebut. Nah kita akan coba menjabarkan alternatif game yang bisa dijadikan pengisi waktu luang.

1. Ludo King 

Game pertama yang tidak membutuhkan internet adalah game Ludo King. Game yang dikembangkan oleh Gametion Technologies ini memiliki gameplay yang menarik dan sederhana. Selain itu game ini juga bisa dimainkan bersama teman kalian dengan menggunakan hotspot atau wifi untuk mengkoneksikan smartphone kalian lho. Coba deh kalian lihat video berikut.


Game ludo ini juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya, game ini bisa dimainkan di berbagai platform diantaranya desktop, dan mobile. Kalian bisa bermain melawan teman kalian yang memakai desktop untuk bermain Ludo ini. Sudah mencoba game ini? silakan coba dan nikmati keasyikannya.

2. TTS Pintar 2019

Salah satu aplikasi mobile karya anak bangsa lho, ya TTS Pintar 2019. Aplikasi mobile bergameplay Teka teki silang yang bisa kalian coba mainkan. Game ini memiliki database yang lumayan lengkap dan banyak berbeda dengan aplikasi - aplikasi TTS lain yang mungkin, soal dan bentuk aplikasinya sama. Game ini memiliki banyak review positif juga yang bisa dijadikan pedoman bahwa memang game ini keren ya? ya walaupun banyak ads, atau iklan tapi game ini layak kalian mainan untuk mengisi waktu luang kalian ya? 

Sumber : Google Playstore

3. Slither.io

Nah satu game yang sangat mengasikkan adalah Slither.io. Game yang terinspirasi dari game mobile legend yang pastinya sudah pernah kalian mainkan yaitu, snake. Bagaimana tidak? game ini memiliki gameplay yang mirip dengan snake, yaitu dengan menambah skor melalui bulatan - bulatan yang ada di game sehingga skor dan panjang dari ular bertambah. Game ini juga bisa dimainkan online, juga bisa dimainkan secara offline. Jika bermain offline saja sangat mengasikkan apalagi online? 

Sumber : Google Playstore

4. Bus Simulator Indonesia 

"Ommm telolett Ommmm", Salah satu jargon yang beberapa tahun lalu sangat populer di kalangan netizen indonesia. Kenapa? karena pada waktu itu bus - bus di indonesia terkenal dengan berbagai suara klakson, seperti terompet yang berbunyi "telolet". Game ini juga kemungkinan terinspirasi dari berbagai game - game simulator yang sudah ada sebelumnya, tapi game ini unik karena memiliki background indonesia. Seperti terminal - terminal bus yang ada di indonesia, nama bus yang ada di indonesia, dll. Game ini benar - benar bisa dijadikan sebagai pengisi waktu luang.


5. Helix Jump 

Helix jump merupakan salah satu game yang saya ketahui dari saudara sepupu saya. Sepupu saya bermain game ketika dalam perjalanan di mobil, dan saya bertanya game apa dan dia menjawab dengan helix jump. Kemudian saya penarasan dan meminjam hp sepupu saya itu, ternyata memang game ini sangat asik untuk dimainkan, gameplaynya sangat sederhana tapi juga sangat nagih, alias susah untuk dimainkan. Kalian harus coba sendiri untuk mengetahui sensasinya.

Sumber : Google Playstore

6. Tebak Gambar 

Jika kalian penggemar game - game puzzle yang menggunakan otak untuk memecahkannya, kalian perlu memainkan game Tebak Gambar ini. Di game ini kalian akan disajikan beberapa gambar yang harus kalian pecahkan untuk mendapatkan jawaban yang benar. Gameplay dari game ini adalah berdasarkan dengan level game, semakin levelnya besar semakin sulit dari tebakan yang diberikan. Game ringan yang sangat cocok untuk dijadikan selingan untuk mengisi waktu luang. Belum lagi game ini juga dikembangkan oleh orang indonesia.




7. Hill Climb Racing 

Jika ada salah satu game offline yang bisa membuat pemainnya ketagihan memainkan game tersebut adalah Hill Climb Racing. Game ini memiliki gameplay yang sederhana, berdasarkan dengan level dan beberapa kendaraan yang bisa digunakan. Game ini sudah sangat lama ada dan sampai saat ini masih bertahan di google play store yang berarti game ini memiliki peminat yang sangat banyak dan memang layak untuk dimainkan.

8. Paper.io

Satu game lagi dari pengembang game Voodoo salah pengembang game yang membuat game Slither.io. Vodoo memang layak diacungi jempol karena beberapa game sederhannya sangat digemari dikalangan pengguna android. Memiliki gameplay yang mirip dengan Slither.io game ini sudah ada sekitar 800 ribu orang yang mendownload dari google playstore.

Sumber : Google Play Store

9. DR. Driving

Game ini juga direkomendasikan oleh beberapa ponakan saya yang kira kira masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 2, hmm anak SD jaman sekarang sudah sangat ahli ya bermain game. Dia bilang kalau game ini asik untuk dimainkan dan saya coba sendiri memang asik untuk memainkan game ini. Walaupun gameplaynya terlalu membosankan jika dimainkan terus menerus kalau menurut saya. Layak dicoba lah game ini.

Nah itu tadi merupakan 9 game yang bisa dimainkan sebagai alternatif game mobile offline untuk sekedar mengisi waktu kosong yang kalian punya ya? Sudah main game yang mana nih? Silakan share di kolom komentar deh. 

Baca juga artikel :