Ads

7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Tahun 2019

Aplikasi editing video di jaman sekarang mampu menjadi alternatif bagi orang yang ingin mengedit video tanpa peralatan yang memadai. Sumber : Photo by rawpixel on Unsplash.

Halo sahabat apa kabar? pastinya sehat kan? kembali lagi di blog yokiandika tempat sharing informasi teknologi, game, dan tips - trik kehidupan sehari - hari. Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi edit video di android terbaik yang bisa kalian gunakan di awal tahun 2019 ini. Aplikasi android memang sudah sangat banyak dan beragam, penggunaan perangkat android maupun IOS sudah tidak bisa dihindarkan lagi, disamping praktis, kehidupan sehari - hari juga sekarang sudah banyak yang mendukung penggunaan aplikasi android.

Beberapa waktu yang lalu saya mendengar sebuah percakapan di sebuah warung makan, dimana mereka membicarakan sebuah drama korea yang mereka tonton dengan menggunakan salah satu aplikasi streaming di platform android dan ios. Belum lagi kita juga bisa membayar transaksi - transaksi secara praktis dengan menggunakan aplikasi pembayaran yang sedang naik daun sekarang ini, seperti ovo, dana, go-pay, dengan sekali klik.

Jika kalian mempunyai hobi membuat video atau ingin bercita - cita menjadi seorang vlogger (youtuber, streamer) atau ingin mendalami videografi dan belum mempunyai perangkat yang memadai, tenang, kalian bisa menggunakan perangkat android kalian untuk mengedit video. Kita akan langsung bahas aplikasi edit video di platform android terbaik yang pastinya harus kalian coba.

FilmoraGO

FilmoraGo

Aplikasi edit video pertama kita adalah Filmora GO. Sebenarnya aplikasi ini adalah aplikasi yang sudah lengkap, di aplikasi ini kita bisa melihat menu edit video, edit foto, dll. Aplikasi ini bisa kita donwload dan unduh gratis di google playsotre, kalian tidak perlu untuk membayar sebelum menggunakan aplikasi ini. Jika kalian ingin berlangganan dengan menghilangkan iklan, dan mendapatkan layanan full, kalian bisa membayar untuk bisa mendapatkan layanan tersebut.

Dengan menggunakan Filmora Go ini kalian bisa menambahkan text, efek musik dan berbagai efek editing video kesukaan kalian yang pastinya sudah disediakan di aplikasi ini. Seperti kebanyakan aplikasi gratis editing video, aplikasi ini tentunya menambahkan watermark pada hasil editing video bagi pengguna aplikasi gratis, ya harus kita akui walaupun mengganggu tapi watermark ini adalah salah satu strategi dari pengembang aplikasi untuk memasarkan produk mereka lebih jauh.
Filmora menu

Selain itu FilmoraGO juga menyediakan tema yang menurut saya sangat membantu dalam proses editing kita karena hanya dengan satu klik saja kita bisa membuat video kita menjadi lebih baik. Setelah selesai mengedit video kita bisa share hasil editing kita ke berbagai media sosial yang ada, seperti instagram, facebook, twitter, whatsapp,dll.

Adobe Premiere Clip

Jika kalian mencari aplikasi editing dengan pengembang atau developer dari Adobe, kalian akan dimanjakan oleh adobe premiere clip, yang merupakan salah satu aplikasi editing video khusus mobile dari adobe. 
Adobe Premiere Clip
Aplikasi ini mengharuskan kita untuk paling tidak memiliki akun adobe, jadi paling tidak kita harus mendaftarkan email kita untuk bisa menggunakan Adobe Premiere Clip ini. Projek yang kita buat di Adobe Premiere Clip juga bisa terhubung dengan Adbobe Premiere Pro CC yang kita install di PC kita lho, untuk mempermudah pengeditan.Selain itu kita juga bisa menggunakan smartphone untuk melakukan streaming dan mengeditnya dengan tema yang telah disediakan di Adobe Premiere Clip ini.

Video Show 

Video Show Video Editing
Salah satu kelebihan dan keunggulan dari aplikasi editing video yang satu ini adalah kemudahan serta banyaknya fasilitas (efek video, efek foto,dll) yang diberikan. Kita tidak harus pandai dalam mengambil video ataupun foto karena di aplikasi ini sudah diberikan banyak sekali pilihan editing. Kekurangannya adalah seperti pada aplikasi editing pada umumnya watermark yang diberikan pada pengguna aplikasi gratisan. Satu lagi yang cukup mengganggu dari aplikasi Video Show adalah pop-up iklan yang tampil di Aplikasi ini terkadang sangat mengganggu.

Power Director


Power Director video editor
Aplikasi Power Director ini merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh CyberLink. Perlu kalian ketahui bahwa CyberLink merupakan salah satu brand yang cukup terkenal di bidang software editing dan media player, entah itu player video dan audio. Jadi menurut saya aplikasi ini layak untuk kalian coba. CyberLink juga merupakan perusahaan yang menghasilkan berbagai produk yang keren berkaitan dengan media foto dan video.

Jika kita masuk ke pembuatan projek baru di power editor ini kita akan disajikan dua pilihan ratio video yang kita inginkan yaitu dengan ratio 9:16 (portrait) dan 16:9 (landscape). 
Pilihan Project pada power Director

Selain itu Power director juga dilengkapi dengan timeline waktu yang sangat berguna dalam proses editing, jadi kita bisa memilih akan mengedit video didetik dan menit berapa kita bisa mengedit video sesuai dengan keinginan kita.
Menu power editor video editing
Seperti pada gambar terdapat beberapa pilihan efek video, dan musik yang bisa ditambahkan pada editor. Kemudian kita bisa membuat fotoslide yang bisa kita tambahkan efek suara. Aplikasi ini bisa menjadi i alternatif bagi teman - teman yang ingin mengedit video melalui smartphone.

Kinemaster

Kinemaster Video Editor

Kinemaster merupakan video editor yang cukup populer dikalangan pengguna android, bagaimana tidak? aplikasi editor ini sudah di download lebih dari 50juta kali berdasarkan dari google playstore dan tampaknya akan terus berkembang karena kemudahan dalam pemakaian aplikasi ini.

Jika dibandingkan dengan aplikasi saingan yang sejenis, Kinemaster ini memiliki kebutuhan memori yang cukup besar, dengan besaran minimal untuk mendownload aplikasi ini adalah sekitar 40MB.
Aspek rasio Kinemaster
Seperti yang bisa dilihat pada gambar aspek ratio yang diberikan kinemaster ini, kita bisa mengedit video sesuai dengan kebutuhan kita. Misal kita ingin membuat video di instagram kita mungkin akan terbantu jika mengeditnya dengan aspek ratio 1:1 karena di instagram video yang ditampilkan adalah video dengan asepk ratio yang 1:1 alias persegi. 

Quick

Aplikasi editor video yang satu ini juga sudah sering saya lihat digunakan oleh beberapa pengguna smartphone. Memang penggunaan video editor yang mudah digunakan, serta terdapat berbagai pilihan editing tools menjadi pilihan utama. Quick ini juga menawarkan kemudahan itu, selain gratis untuk di download aplikasi ini juga sangat user-friendly atau mudah digunakan.

Selain video editor quick juga bisa digunakan sebagai foto editor yang memiliki berbagai menu tambahan seperti font, berbagai tema menarik dan keren. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan banyak memori untuk menyimpan data, hanya membutuhkan memorti sebesar 11MB pada awal instalasi.

Viva Video

Mungkin beberapa dari teman - teman sudah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi Viva Video ini sangat populer terutama di Indonesia, saya belum pernah menggunakan aplikasi video editor yang satu ini namun beberapa kali saya melihat video dengan watermark Viva Video ini.

Viva video mencatatkan namanya sebagai aplikasi dengan jumlah download yang sangat banyak mencapai 10juta orang tercatat telah mendownload aplikasi ini. Dibandingkan dengan beberapa aplikasi video editor lainnya Viva Video mempunyai memori yang besar dengan awal instalasi embutuhkan 40MB memori. Menurut saya aplikasi ini digemari karena banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Kesimpulan 

Dari ke-7 aplikasi editing video ini semua layak dicoba karena setiap aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan untuk masalah watermark saya rasa setiap aplikasi editing yang gratis pasti memiliki kelemahan ini, karena strategi ini dilakukan agar para pengguna android khusunya para pengguna aplikasi editor di android agar mengupgrade layanan mereka ke berbayar.

Jadi aplikasi mana yang sudah kalian coba? Share pengalaman kalian di kolom komentar ya? jangan lupa share artikel ini jika artikel ini dirasa bermanfaat. Terimakasih!

Baca juga artikel :

0 Response to "7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel