Photo by Ben White on Unsplash

Saya tahu perasaan dari teman - teman semua yang punya hobi fotografi, tapi kalian mungkin masih kuliah atau masih belum punya pekerjaan yang tetap?

Ya, saya bisa merasakannya. Saya akui fotografi merupakan hobi yang sangat mahal, apalagi jika kalian ingin membeli kamera, perlengkapan fotografi, dll. Itu butuh biaya yang tidak sedikit.

Jangan khawatir, blog yokiandika akan memberikan solusi yang bisa dilakukan yaitu mengambil gambar tidak perlu menggunakan kamera mahal, cukup menggunakan smartphone yang kalian punya. Tapi kan kualitas foto tidak sebagus mirrorless, atau DSLR atau apalah, ya memang itu bisa menjadi alasan kalian yang punya hobi fotografi, tapi ini adalah jalan satu - satunya bagi kalian untuk keluar zona "nyaman" agar tetap mengambil gambar. Dengan begitu keahlian kalian juga terasah.

Smartphone sekarang juga memiliki banyak sekali kelebihan di sektor kamera kok, walaupun secara teknik kita tidak bisa mengatur aperture, atau shutter speed secara manual, setidaknya kita akan belajar angle pengambilan foto dong, benar gak sih? 

Mengutip sesosok fotografer idola saya Om Arbain Rambey, Beliau kalau tidak salah pernah bilang begini :

Kamera hanya alat! Sebuah foto tercipta dengan pilihan posisi, pilihan komposisi, dan pilihan yang tepat untuk menjepret rana. - Arbain Rambey - 
Nah jadi masih saja beralasan untuk tidak jadi melakukan hobi kalian gara - gara tidak ada kamera? kalian punya smartphone!

Oke deh kita langsung saja ke tips - tips berfoto dengan menggunakan smartphone yang akan disampaikan di artikel kita kali ini : 

Kenali Menu Di Kamera Smartphone Kalian

Tampilan Menu Kamera di Iphone

Kenapa kalian harus mengenali menu - menu yang ada? ya karena setiap smartphone itu memang memiliki perbedaan dalam hal menu, ada yang mendukung HDR, panorama, ada yang memiliki effect bawaan, dll. Kalian akan sangat terbantu jika kalian mengetahui menu - menu yang ada dan menerapkannya sesuai dengan situasi yang ada.

Nah saya berikan sebuah contoh, saya pribadi sering mengabadikan foto dengan menggunakan kamera smartphone milik saya (iphone 5), ya saya memang orang yang jadul jadi jangan salahkan saya jika masih menggunakan Iphone generasi 5. Nah, saya sering menggunakan mode HDR karena range warnanya lebih beragam daripada saat kita tidak menggunakannya.

Ambil Banyak Foto Dalam Satu Angel Foto

Yang dimaksud dengan banyak foto adalah beberapa foto sama (bisa 2 atau 3 foto), dengan angel yang sama. Hal ini digunakan sebagai pilihan gambar atau foto yang paling bagus. Biasanya teknik ini digunakan juga saat kita melakukan foto selfie terutama beberapa teman cewek saya. Mereka biasanya mengambil beberapa foto sama (di angle yang sama) sehingga memudahkan untuk memilih foto yang terbaik.

Bersihkan Lensa Foto Secara Berkala 

Nah, walaupun hal ini tidak berpengaruh secara langsung di hasil foto. Tapi terkadang menjadi faktor utama yang bisa kalian perhatikan. Saat kita membawa smartphone di saku selama berjam - jam terkadang lensa menjadi kotor atau berembun. Bersihkan lensa dengan kain yang lembut, itu akan memperbaiki kualitas gambar yang kita ambil.

Memakai Aplikasi Tambahan 

Sebenarnya saya tidak menyarankan kalian menginstall aplikasi tambahan saat berfoto menggunakan smartphone, namun jika kalian ingin mencobanya tidak ada salahnya. Banyak sekali aplikasi yang bisa kalian install, seperti pernah terkenal kamera 360, sebagai aplikasi foto selfie yang sangat terkenal, atau kalian bisa install aplikasi lainnya.

Padukan Pengambilan Foto Secara Landscape atau Portrait

Posisi kamera hp saat pengambilan foto juga sangat berpengaruh terhadap hasil foto, tidak percaya? Coba praktekkan, ketika kalian mengambil sebuah foto pemandangan di sore hari dengan landscape, apa yang terjadi? Bukankah foto yang dihasilkan menjadi kurang maksimal? 

Padukan kedua posisi ini dan cari yang terbaik dengan memilih hasil foto. Saya cenderung melakukan pengambilan foto dengan landscape, karena disamping praktis saat akan melakukan editing pengambilan landscape juga mempunyai kelebihan dimana objek yang kita foto menjadi lebih luas.

Lakukan Editing Tapi Jangan Berlebihan 

Proses olah digital atau editing ini bisa dilakukan menggunakan software editor seperti photoshop yang sekarang juga bisa kalian install di Android kalian. Dengan proses editing ini, foto bisa menjadi lebih matang dan lebih menarik untuk dilihat, asal jangan terlalu banyak editing ya? karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Grid dan Positioning 

Grid merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh beberapa smartphone yang ada di pasaran. Dengan menggunakan fitur ini, tentunya kita bisa melihat detail posisi untuk objek yang akan kita foto. Kalian bisa dengan mudah memposisikan objek di kiri, kanan, tengah atau dimanapun sesuka hati kalian.

Coba coba atau Improvisasi Menggunakan Manual Mode

Manual mode tentu akan membantu memaksimalkan hasil foto, tapi perlu diingat sebelum menggunakan manual mode kalian harus mengetahui terlebih dahulu menu - menu yang ada di smartphone atau hp kamu. Manual mode ini berfungsi untuk mengatur pencahayaan seperti ISO, atau mengatur fokus pada titik tertentu.

Foto Sampai Kalian Puas 

Practice makes perfect, begitulah para orang sukses bilang mengenai skill. Kemampuan itu diasah dengan praktek. Ada juga teori terkenal tentang 10.000 hours, yang jika kita ingin ahli dibidang tertentu kita harus melakukannya selama 10.000 jam! Jadi jangan menyerah dan jangan mudah puas dengan hasil yang kita dapat. Tingkatkan hasil setiap kali kalian melakukan foto sehingga bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Jadi itu dia 9 tips dan trik yang bisa kalian lakukan untuk berfoto menggunakan hp dan smartphone, jadi nikmat apa lagi yang kalian dustakan? Kalian ingin menjalankan hobi fotografi tanpa kamera mahal? Bisa! Alasan apalagi yang ingin kalian ucapkan? 

Semoga artikel ini membantu dan jika memang membantu bisa kalian share ke teman - teman kalian sehingga artikel ini menjadi bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih!

Baca juga artikel lainnya :