Ads

Chipset Terbaik Untuk Smartphone Menengah Di Tahun 2019


Ingin tahun chipset terbaik di tahun 2019? atau ingin membeli handphone atau smartphone android tapi masih bingung memilih chipset? oke, saya tahu perasaan kalian semua. Di awal tahun 2019 ini menurut saya masih belum ada perkembangan yang sangat "wah", mengingat chipset yang dipakai oleh beberapa produsen smartphone seperti Xiaomi, Samsung, dan lain-lain masih menggunakan chipset yag digunakan di tahun 2018.

Tapi tenang di artikel kali ini blog yokiandika, akan membahas mengenai beberapa chipset smartphone di harga menengah, atau sekitar 2 - 3 jutaan di indonesia. Mungkin juga kita akan membahas perbandingan chipset snapdragon, Exynos (chipset yang dipakai samsung), dan chipset lain yang jika dilihat dari performanya apakah layak untuk kita gunakan. 

Oh iya, jika kalian penasaran kenapa saya membahas hanya untuk android bukan untuk Iphone, kalian bisa baca artikel mengenai IOS vs Android ini. Singkatnya Iphone mengembangkan chipsetnya sendiri secara tertutup jadi ya, tidak ada yang bisa dibahas di chipset iphone.

Chipset Untuk Harga Menengah Kebawah 

Di harga smartphone 2jutaan terdapat beberapa pilihan chipset yang sering dipakai. Salah satunya Snapdragon 636 yang dipakai Xiaomi Redmi Note 5, chipset ini layak disandingkan dengan saingannya yaitu Exynos 7904, yang digunakan Samsung di handphone samsung barunya yaitu Samsung Galaxy M20 yang akan dirilis di India bulan Februari ini.

Kita lihat tabel dari androidauthority ini mengenai chipset di harga menengah kebawah : 
Sumber : Androidauthority
Sepeti yang dapat kita lihat persaingan chipset perbedaan mendasar yang paling kentara di sebuah chipset adalah di GPU. Perlu diketahui bahwa Qualcomm sebagai produsen dari snapdragon mempunyai GPU Adreno yang dipasangkan di chipset sedangkan Mediatek biasanya menggunakan Mali. Banyak ahli dan praktisi yang berpendapat bahwa secara garis besar GPU Adreno memiliki performa yang lebih optimal dibandingkan dengan Mali. Atau mungkin semua chipset Qualcomm lebih baik dari Mediatek? Saya juga tidak tahu. Tapi beberapa sumber mengatakan seperti itu, saya sendiri lebih sering menggunakan Qualcomm dalam kegiatan sehari - hari dengan smartphone saya.

Chipset Untuk Harga Menengah Kebawah (3 - 4jutaan)

Nah untuk kategori chipset yang satu ini mungkin adalah chipset yang digunakan oleh para "mantan" hp flagship ya? seperti Xiaomi Mi A2, eh xiaomi ini flagship bukan ya? pokoknya Mi A2 ini disemati dengan chipset Snapdragon 660 deh. Chipset ini layak disandingkan dengan Kirin 970 dan Exynos 7885.

Nah untuk lebih jelasnya kita langsung lihat tabel berikut ini : 
Sumber : Android Authority

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya tentu saja chipset dengan kategori ini lebih cepat. Namun perlu diingat chipset ini juga dipasang diperangkat yang tentunya lebih mahal. 

Kesimpulan 

Nah jadi bagaimana sudah ada pandangan mengenai chipset? di artikel selanjutnya mungkin kita akan membahas mengenai chipset deh full penjelasan sampai ke detail - detailnya. Nah chipset ini boleh kalian jadikan patokan untuk kalian membeli smartphone, tapi perlu diingat, performa smartphone bukan hanya diukur dengan spesifikasi yang terpampang di tabel diatas lho. Kita juga harus memperhatikan OS yang digunakan, seperti Xiaomi yang menggunakan MIUI, karena itu juga memegang peranan penting untuk masalah kecepatan. Selain itu perlu diperhatikan adalah desain, fungsionalitas, dan masih banyak lagi yang lain. Nah sekian dulu artikel mengenai chipset kali ini, semoga artikel ini bermanfaat ya? Jangan lupa share artikel ini jika kalian merasa tercerahkan, kalian juga bisa menambahkan pengalaman kalian di kolom komentar. Terimakasih!











0 Response to "Chipset Terbaik Untuk Smartphone Menengah Di Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel