Memilih Hp atau smartphone untuk bermain game terlihat mudah tapi nyatanya banyak orang yang masih kebingungan dan merasa kesulitan dalam memilih handphone untuk game. Tips cara memilih smartphone untuk game kali ini akan membahas mengenai cara yang paling efisien untuk memilih handphone untuk bermain game selain budget ya? Karena bagaimanapun juga semua berawal dari budget. Jika kalian punya budget lebih akan lebih mudah untuk memilih, tapi kita akan membahas beberapa faktor lain yang layak untuk dipertimbangkan juga.

Ya, benar, faktor pertama dari memilih HP dan Smartphone untuk game adalah budget. Setiap orang pasti memiliki kisaran budget mereka sendiri, dan ini akan berpengaruh terhadap pilihan, kenapa? Karena dengan budget kita bisa menyesuaikan spesifikasi yang paling bagus dan tepat. Sebenarnya, budget ini tidaklah harus mahal, karena banyak produsen handphone di jaman sekarang yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang terjangkau. Setelah kita menentukan berapa budget untuk dihabiskan barulah kita bisa menentukan Smartphone atau HP yang baik untuk bermain game.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin membeli sebuah HP untuk bermain game, sebenarnya hal ini juga bisa digunakan untuk handphone segala fungsi seperti hp untuk camera ataupun handphone yang hanya kita gunakan untuk kepentingan sehari - hari (media sosial, chatting,dll).

Oke, sekarang blog yokiandika akan memulai dengan faktor - faktor yang perlu diperhatikan ketika kita ingin membeli handphone untuk bermain game :

1. Chipset 

Kita terkadang melihat spesifikasi sebuah handphone melalu sebuah chipset. Dari sebuah chipset kita bisa menentukan akan membeli handphone atau tidak. Kenapa chipset dijadikan sebagai patokan saat membeli handphone? 

Pengertian dari chipset sendiri adalah sebuah chip yang terintegrasi yang merupakan pusat dari internal komponen yang ada di smarphone. Chipset ini sebenarnya lebih tepat untuk disebut sebagai System on Chip. Perumpamaan dari sebuah chipset ini adalah seperti bagian dari sebuah sepeda motor (Roda, Mesin, Rantai, dll) yang disetiap bagian mempunyai fungsi masing - masing. Chipset juga memiliki Processor, GPU (Graphics Processor Unit),dll.

Chipset menjadi sangat penting bagi sebuah smartphone terutama untuk gaming karena chipset merupakan pusat penggerak atau yang menjalankan semua fungsi yang ada di smartphone. Semakin bagus chipset, semakin bagus kinerja dari sebuah handphone.

Salah satu produsen chipset yang ada di dunia atau yang paling sering kita temui adalah Qualcomm yang mengeluarkan chipset Snapdragon, ada lagi mediatek, bahkan apple mempunyai chipset sendiri sebagai contoh adalah bionic pada versi A11.

Market Share Smartphone Chipset
Source: https://www.statista.com/statistics/796887/smartphone-system-on-chip-market-share-by-vendor-worldwide/

Chipset Smartphone untuk Gaming 

Setelah kita mengetahui fungsi dari chipset tersebut kita selanjutnya adalah menentukan chipset terbaik yang ada di kisaran budget yang kita miliki. Setiap pabrikan chipset memiliki keunggulan yang berbeda - beda dan versi chipset yang berbeda - beda. Untuk chipset apple sebagai contoh sudah pasti apple hanya memproduksi chipset untuk satu produk, yaitu Iphone sehingga sangatlah cocok untuk produk mereka. Baiklah kita coba jabarkan satu persatu.

1. Snapdragon

Berikut adalah daftar benchmark chipset berdasarkan gsmarena (lebih besar nilainya lebih baik untuk bermain game):
Benchmark Smartphone Chipset

2. Mediatek 

Untuk pabrikan chipset dari mediatek berikut adalah benchmarknya :
Mediatek Smartphone Chipset

3. HiSilicon

HiSilicon juga merupakan penghasil chipset yang perlu di pertimbangkan. Berikut adalah benchmarknya : 
HiSilicion

4. Exynos 

Benchmark dari Exynos: 
Exynos Chipset
Nah kita bisa memilih smarphone berdasarkan dengan tabel diatas (nilai lebih besar lebih baik). Kebanyakn dari handphone dengan harga 2 sampai dengan 3 jutaan seperti xiaomi sekarang menggunakan qualcomm sebagai chipset, jadi kemungkinan nya adalah Snapdragon 660 dan 636 juga sudah merupakan pilihan yang tepat. Jika kalian memiliki budget yang lebih kalian bisa memilih ke Snapdragon versi 8.x.x karena chipset tersebut lebih cepat.

2. Ketahanan Baterai 

Siapa yang tidak bete ketika bermain sebuah game tiba-tiba handphone mati karena kehabisan baterai? atau harus sibuk mencari sumber listrik agar bisa charge baterai? Atau kadang ada juga yang merasa terganggu saat bermain game sambil charge hp? 

Yah karena itu ketahanan baterai sangatlah penting saat kita memilih sebuah handphone untuk bermain game.

Memang benar Iphone sangatlah keren untuk bermain game, dari segi kualitas grafik, kelancaran dalam bermain game tapi kekurangannya adalah baterai dan mungkin harga yang mahal. Jadi kita harus cerdik memilih ya. Banyak sekali pabrikan smartphone yang menawarkan smartphone dengan kapasitas baterai yang sangat besar di jaman sekarang ini.

3. Memori Internal 

Memori Internal menjadi faktor selanjutnya. Di jaman sekarang ini biasanya handphone dan smartphone jarang ada yang menggunakan tambahan memori eksternal. Kita membicarakan memori flash ya? yaitu sebuah memori yang digunakan untuk menyimpan data berupa media foto, file -file dan instalasi program. 

Memori yang besar lebih menguntungkan karena dengan memori yang besar kita bisa memainkan dan mendownload banyak game untuk di mainkan, terutama untuk game - game besar seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends. 

Nah, saya menyarankan untuk membeli handphone dengan memori internal paling tidak 32 GB, karena aplikasi yang ada sekarang rata -rata lebih dari 100MB.

4. RAM 

Menurut saya RAM juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan ketika kita bermain game. Cara kerja RAM adalah menyimpan data yang digunakan oleh aplikasi yang sedang berjalan sehingga lebih mudah untuk diakses dengan tujuan mempersingkat waktu akses data tersebut.

Jadi semakin besar RAM yang tersedia semakin bagus. Tapi jangan salah kaprah dahulu karena bukan berarti lebih besar RAM menyebabkan kecepatan dari sebuah smartphone menjadi lebih cepat. RAM hanya bertugas untuk mempersingkat pengambilan data sehingga sebuah aplikasi dapat digunakan dengan cepat tanpa menunggu waktu lama. Kecepatan dari sebuah handphone dan smartphone merupakan tugas yang diberikan kepada processor.

Fungsi RAM dapat kita lihat ketika kita membuka aplikasi secara bersamaan. Ketika kita membuka 2 aplikasi maka RAM akan menyimpan data di memorinya sehingga ketika kita membuka salah satu aplikasi kita tetap bisa mengakses aplikasi tersebut seperti pada saat kita sebelum menutup aplikasi. Contoh saat kita menonton video di youtube, kemudian ada notifikasi di whatsapp dan kita membuka whatsapp, setelah membalas chat dari whatsapp kita bisa melanjutkan video yang kita tonton dari youtube seperti sebelum kita membuka aplikasi whatsapp tersebut.

5. Dimensi 

Hal terakhir yang harus diperhatikan ketika harus memilih sebuah smartphone untuk game adalah dimensi. Ukuran sangatlah penting karena saat bermain game kita cenderung lebih nyaman dengan gadget dengan ukuran yang besar. Namun, perlu juga di perhatikan jika kita menggunakan device tersebut untuk kegiatan sehari - hari juga, maka layar yang terlalu besar juga sangatlah tidak cocok. Menurut saya device dengan panjang diagonal 6 inch adalah pilihan yang tepat. Dengan ukuran 6inch kita tidak akan merasa terganggu karena layar terlalu kecil saat bermain game, kita juga tidak akan terganggu saat menggunakan handphone saat beraktivitas dalam kegiatan sehari - hari.

Nah kelima faktor ini yang harusnya bisa dijadikan patokan dasar untuk memilih handphone gaming pertama kamu. Sebenarnya masih ada beberapa faktor yang bisa kamu perhatikan, tapi kelima faktor diatas merupakan faktor umum yang paling tidak, gampang untuk dilihat dan di cek di keterangan spesifikasi smartphone ataupun handphone.

Jika kalian memiliki rekomendasi lain faktor untuk memilih hp lainnya kalian bisa cantumkan di kolom komentar ya? Silakan share artikel ini, agar teman kalian ikut terbantu dalam memilih handphone di awal tahun 2019 ini ya? 

Oh iya terakhir kali saya akan sharing list mengenai rekomendasi handphone gaming untuk awal tahun 2019 berdasarkan budget : 

Budget 2 - 3 jutaan : 

- Redmi Note 5 
- Zenfone Max Pro M2 atau M1  
- Xiaomi Mi 8 Lite 

Untuk budget diatas itu rata - rata semua device sangat cocok untuk bermain game ya? 

Terimakasih.