Ads

Ingin Kecepatan Website Secepat The Flash ? Begini Cara Mempercepat loading Website


Di dunia yang serba modern ini memang akses internet sangatlah cepat dan tak terbatas. Bayangkan ketika kita bepergian ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi sama sekali dan kita ingin mencari tempat makan entah itu restaurant, caffee yang rekomended kita pasti akan membuka web browser dan mencarinya melalui media di internet.

Tapi bisa bayangkan? Ketika kita membuka sebuah website dan ternyata website yang kita buka membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terbuka alias lemot. Kita pasti akan segera skip website tersebut dan pindah lagi ke website lain yang kecepatannya lebih cepat.

Nah di artikel kali ini blog yokiandika akan membahas, beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan website, dan juga membahas mengenai kenapa kecepatan atau loading speed sebuah website ini sangatlah penting.

Kenapa Loading Speed Website Harus Cepat?

Di atas telah dijelaskan beberapa alasan mengapa kecepatan website menjadi salah satu faktor penting untuk sebuah website, yaitu adalah kepuasan dari para pencari informasi, terutama orang - orang yang mencari informasi, produk lewat search engine. Para pencari informasi ini bisa jadi adalah seorang customer potensial yang kedepannya akan membeli produk, atau bisnis yang kalian jalankan.

Selain itu google juga menjelaskan lewat think of google, bahwa jika terjadi delay waktu kecepatan load sebuah website akan mempengaruhi konversi sebesar 62%. Google menjadikan kecepatan website terutama website versi mobile sebagai salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh website. Kecepatan website merupakan salah satu faktor SEO yang diperhatikan oleh Google. Jika website kalian ingin teranking ke google maka kalian harus memiliki website yang memenuhi standar dari google.

Google menganggap kecepatan rata - rata yang dibutuhkan sebuah website pada umumnya dan seharusnya adalah kurang dari 2 detik.

Cara Check Loading Webpage

Ada banyak cara untuk mengecek waktu load sebuah website. Berikut adalah cara untuk bisa mengecek kecepatan waktu loading website kalian.

Google Speed Page Insight


Google sendiri memiliki webpage analyzer, sehingga menghasilkan suggestion atau cara - cara yang bisa kalian pakai untuk mempercepat website kalian. Berikut adalah tampilan dari Google Pagespeed Insight.

Cara mengecek kecepatan webpage adalah dengan memasukan url dari website kalian dan, google page insight akan menghasilkan beberapa anjuran seperti mengcompress image, atau mengoptimasi penggunaan javascript dan lain - lain.

GTMetrix



GT metrix merupakan page analyzer yang sudah ada cukup lama. Saya adalah orang yang pertama kali dikenalkan gtmetrix, sekitar 5 tahun lalu. GTMetrix menggunakan pagespeed dan YTslow yang kemudian menghasilkan sebuah score kepada webpage dan beberapa rekomendasi untuk membuat website kalian menjadi lebih cepat.

Pingdom


Pingdom ini sedikit unik. Sebenarnya pingdom sama seperti webpage analyzer lain tapi dengan beberapa keunikan seperti kita bisa mengecek berdasarkan tempat, sebagai contoh asia, eropa,dll.

Webpagetest


Webpagetest juga merupakan webpage analyzer yang cukup populer untuk digunakan. Sama seperti webpage analyzer lain webpagetest juga memberikan rekomendasi yang diberikan untuk membuah webpage menjadi cepat.

Setelah mengetahui rekomendasi dari webpage analyzer kita akan mempunyai beberapa rekomendasi dari analyzer jadi akan lebih mudah untuk kita mempercepat load dari website kita. Tapi jika kalian belum memiliki website, kalian harus juga memperhatikan faktor lain seperti hosting terbaik yang bisa kalian pilih karena hosting juga memiliki peranan penting terhadap kecepatan sebuah website. Nah kita akan bahas cara mempercepat kecepatan website satu persatu.

Memilih Layanan Hosting Terbaik

Cara yang satu ini adalah cara yang paling simpel namun jarang sekali diperhatikan oleh kebanyakan orang. Hosting bisa sangat mempengaruhi kecepatan website. Memilih hosting tidak harus dimulai dari yang mahal, karena biasanya saat kita membangun sebuah website kita mulai merintis audience, di indonesia sendiri sudah banyak pilihan hosting murah yang sangat kompeten dalam menyediakan layanan hosting.
Hosting memegang peranan penting dalam kecepatan sebuah website dikarenakan, di dalam web hosting sendiri memiliki beberapa komponen yang berpengaruh kepada website itu sendiri. Cara kerjanya sama seperti saat membuat komputer kita bekerja lebih cepat.

Kita akan coba cek satu persatu komponen web hosting (saya ambil contoh dewaweb) :
Sumber : Website dewa web

  • Lokasi Server
Saat kita mencoba membuat sebuah website, kita pasti tahu target audience website kita. Sebagai contoh kita membuat website travelling dengan targetnya adalah orang indonesia, nah akan lebih baik jika kita memilih lokasi server yang berada di Indonesia. Sebagai contoh di dewaweb ini diberikan sebuah kebebasan untuk memilih lokasi server sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.
  • Dedicated Resources
Jika kita punya budget lebih atau memiliki dana lebih yang memungkinkan akan lebih baik jika kita memilih layanan hosting yang paling tidak server tidak digunakan oleh beberapa website, atau sering disebut sebagai shared hosting. Banyak penyedia layanan hosting yang sudah menggunakan teknologi cloud hosting, dimana beberapa server digunakan untuk membuat website kalian menjadi maksimal.
  • Support
Apa yang dimaksud dengan support disini? Ketik menjalankan website tidak menjadi hal yang mustahil bahwa server terkadang mengalami kendala. Disini peranan support menjadi sangat penting, karena disisi lain website kita harus selalu on setiap saat. Selain itu, support juga harus tersedia saat kita membutuhkan bantuan, misal saat kita menginginkan migrasi server lama ke server baru, atau saat kita ingin meng-upgrade layanan. Pilihlah layanan hosting yang dirasa memiliki support yang bagus.
  • Komponen lainya
Seperti yang kita ketahui sebuah komputer bekerja dengan menggunakan komponen seperti CPU, RAM, dll. Semakin besar komponen tersebut maka semakin cepat pula komputer dalam bekerja. Hal ini juga berlaku untuk komputer sever, jadi perhatikan komponen CPU, RAM saat kita memilih layanan hosting karena ini juga sangat berpengaruh terhadap website kita nantinya. Selain itu teknologi seperti caching juga patut diperhatikan.

Optimasi Media (Video, Gambar, Audio)

Nah bagian hosting sudah selesai kita berlanjut ke bagian kedua kita untuk bagaimana cara mempercepat website kita. Usaha selanjutnya adalah optimasi media. Sering kita melihat website memiliki gambar, video, atau audio. Hal ini menurut saya adalah hal yang sangat wajib untuk digunakan. Kenapa? Karena dengan menggunakan media entah itu gambar, video ataupun audio website kita menjadi lebih menarik dan mudah untuk dinikmati. Tapi beberapa fakta menunjukkan bahwa gambar, video dan media lainnya juga menjadi faktor yang menyebabkan sebuah website menjadi lebih lambat, bukankah ini menjadi sebuah ironi?
Tapi jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mempercepat website melalui optimasi media ini :
  • Melakukan resize gambar sebelum gambar tersebut diupload ke website kalian
Sebelum mengupload sebuah gambar ada baiknya jika gambar tersebut di resize menjadi ukuran yang paling optimal. Tapi ukuran yang paling optimal itu berapa? Jika kalian menggunakan wordpress, biasanya gambar ini sebaiknya kurang dari 2MB.
  • Melakukan kompres gambar
Cara ini lebih mudah untuk dilakukan karena banyak sekali software yang bisa melakukan kompresi gambar. Kalian bisa mengkompres gambar melalui website secara langsung dan online di website image rize ini.
  • Upload video di lain tempat dan embed ke website kalian
Di jaman sekarang ini terdapat banyak sekali tempat yang bisa digunakan untuk mengupload video, seperti youtube, facebook, dll. Website kita akan menjadi lebih cepat jika kita embed video dari tempat lain dibandingkan harus mengupload video secara langsung ke website kita.

Jadikan CDN (Content Delivery Network) Sebuah Alternatif


Content Delivery Network merupakan sebuah teknologi dimana CDN berguna untuk menyimpan file - file yang ada di internet. Singkatnya CDN merupakan server yang digunakan untuk menyimpan berbagai file, data dari berbagai website yang ada di internet.

Jika kita tidak menggunakan CDN, kita akan langsung menyimpan file - file seperti gambar, script (javascript), lansung di web server kita, namun jika kita menggunakan CDN kita bisa menyimpan file tersebut di web server lain sehingga akan mengurangi beban di server kita, begitulah cara kerja dari CDN secara mudahnya.

Kurangi Dan Seleksi Penggunaan Plugin


Jika kalian adalah pengguna CMS wordpress maka kalian pasti tidak asing dengan yang namanya plugin.

Plugin terkadang sangat membantu kita dalam melengkapi fungsionalitas website. Plugin diciptakan atau dibuat agar mempermudah kita dalam mengelola sebuah website, namun jika kita terlalu banyak menggunakan plugin maka ini bisa menjadi sesuatu yang bisa mengurangi kecepatan website. Plugin memang bagaikan dua mata pisau yang tajam, maka bijaklah dalam menggunakannya. Tidak ada salahnya kalian menyeleksi plugin yang kalian gunakan dan hapus plugin - plugin yang tidak digunakan untuk mempercepat website kalian.

Nah itu dia beberapa tips pemula dari blog yokiandika mengenai cara untuk membuat website menjadi lebih cepat yang bisa kalian coba gunakan. Sebenarnya ada beberapa tips lagi tapi menurut saya tips ini merupakan tips yang lebih sulit untuk dilakukan karena membutuhkan teknikal skill yang lebih tinggi. Mungkin di artikel mendatang kita akan membahas lagi mengenai tips lain secara mendetail. Nah jika kalian menganggap tips ini membantu silakan share artikel ini dan jika kalian menemukan tips yang lebih efektif bisa kalian tambahkan di kolom komentar ya? Terimakasih! Happy Sharing dan Learning!

Baca juga artikel lain : 

0 Response to "Ingin Kecepatan Website Secepat The Flash ? Begini Cara Mempercepat loading Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel