Photo by Isaiah Rustad on Unsplash

Ya ketika berbicara mengenai game online android yang sedang trend di Indonesia saat ini, pasti kalian selalu berpikir tentang dua game atau beberapa game seperti, Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Arena of Valor. Game - game tersebut memang sedang sangat diminati oleh penikmat game online android di indonesia. 

Tapi, bagaimana jika kalian bosan dengan game tersebut? Kalian ingin berpindah ke game yang baru atau sekedar mencari sebuah pelampiasan sesaat karena bosan dengan game - game itu? Nah ini dia beberapa game online android dari blog yokiandika dan androidauthority, yang mungkin bisa mengatasi kebosanan dengan game yang sudah cukup populer ini.

Daftar game yang ada disini adalah game bergenre MMORPG (Massive Multiplayer Online RPG), kenapa bergenre MMORPG, karena game berjenis ini sangat menyenangkan jika dimainkan bersama teman, seperti layaknya ketika bermain PUBG Mobile ataupun Mobile Legends. Oke langsung kita bedah satu persatu daftar game online androidnya.

1. Dragonest M 

Saya pribadi bingung kenapa game ini sangat minim peminat. Dengan grafik yang keren, gameplay dan alur cerita yang menurut saya tidak membosankan, seharusnya game yang satu ini patut mendapatkan apresiasi yang lebih. Game ini memberikan gameplay yang benar benar RPG banget dengan kualitas yang menurut saya cukup memuaskan. Fitur - fitur seperti PVP, dungeon dan game character yang keren juga sangat layak untuk dimainkan.



Saya pribadi merekomendasikan game ini karena saya sudah memainkan game ini sejak lama, walaupun saya sudah berhenti untuk memainkan karena beberapa alasan seperti gacha (game character) yang mahal, dan beberapa teman in-game saya yang sudah berpindah ke game lain, tapi game ini masih sangat layak untuk menjadi alternatif game online android terbaik.

2. Ragnarok Mobile [Eternal Love]

Nah Ragnarok merupakan game yang sangat populer, di masa lalu. Pertama kali sequel ragnarok muncul adalah pada tahun 2003 dan game tersebut sangat populer. Ragnarok Eternal Love ini adalah versi mobile yang dibuat khusus untuk para penikmat game di smartphone baik di android maupun IOS. 



Beberapa kali saya merekomendasikan game ini di beberapa artikel yang pernah saya tulis di blog yokiandika ini, karena memang game ini sangat layak untuk dimainkan, terutama untuk para pecinta game online. Dengan gameplay seperti layaknya gameplay RPG, pemain mengambil specialisasi dan menyelesaikan berbagai quest, dan bekerjasama dengan mengalahkan monster.

3. HIT

Game yang satu ini memiliki grafik yang sangat bagus dan memanjakan mata. Pantas saja syarat untuk menginstal game HIT ini adalah smartphone dengan RAM paling tidak 1.5 GB. Game ini sangat menarik karena menampilkan gameplay PVP yang sangat kompetitif. Sebenarnya ada beberapa kekurangan dari game ini dimana saat kita bermain PVP (Player vs Player) mode terkadang terkendala dengan frame rate down atau biasa komunitas gamer bilang ngeframe. Tapi diluar dari itu game ini sungguh layak untuk dimainkan.

4. Lineage II: Revolution 

Mungkin jika kalian sudah membaca artikel beberapa hari yang lalu mengenai game mobile terbaik 2018 versi google play store, kalian pastinya tidak asing dengan game yang satu ini. Lineage 2 Revolution ini berhasil mencatatkan namanya di salah satu game online terbaik di google play store lebih tepatnya adalah sebagai "Most Competitive Game 2018". 



Grafik, gameplay dan alur cerita yang menarik sehingga game ini menjadi sorotan para pecinta MMORPG. Game Lineage II Revolution ini jelas bisa dijadikan sebagai alternatif kebosanan yang sedang meimpa kalian nih. Tapi ingat game ini juga membutuhkan device smartphone yang bisa dibilang cukup tinggi dikarenakan grafiknya yang keren.

5. Celtic Heroes 

Game ini jujur saya belum pernah memainkannya, namun game ini direkomendasikan oleh androidauthority dan pantas untuk kita mainkan. Pertama karena gameplay yang unik disini, kebanyakan developer game MMORPG, khususnya di android dan IOS sangat jarang mengangkat cerita dari pahlawan celtic, jadi ini juga menggugah rasa penasaran yang lebih di mata saya pribadi. Untuk grafik dilihat dari trailernya cukup memanjakan mata.