Halo teman - teman gamer semua, liburan akhir tahunnya masih asik bukan? Kembali lagi di blog yokiandika tempat sharing dunia game, teknologi dan tips kehidupan sehari - hari. Di kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah game emulator yang sebenarnya, emulator ini sudah lama keluar tapi sampai sekarang statusnya masih beta, yaitu Tencent Gaming Buddy.

Tencent Gaming buddy pertama kali dikeluarkan adalah untuk game mobile bertajuk "battle royale" yang menurut saya sangat populer khususnya di Asia, yaitu "PUBG Mobile". Tapi beberapa waktu yang lalu ketika membuka emulator ini saya terkejut dengan update yang diberikan. 

Seperti yang sudah saya tuliskan dalam artikel "Cara Install Garena Free Fire di Tencent Gaming Buddy", bahwa menginstall game di emulator ini sangatlah tidak mudah dan membutuhkan beberapa akses yang harus kita lakukan secara manual.

Beberapa waktu yang lalu saya mengupdate emulator tencent gaming buddy milik saya dan kaget dengan update yang diberikan terutama adalah update dimana tencent gaming buddy sebagai emulator memberikan pilihan game selain pubg mobile. Sejauh ini saya memang sangat nyaman menggunakan emulator yang satu ini dibandingkan emulator - emulator lain.

Tampilan Tencent Gaming Setelah di Update
Walaupun masih belum banyak pilihan game yang bisa dimainkan di tencent gaming buddy emulator namun ini merupakan sebuah terobosan baru sehingga tencent gaming buddy sebagai emulator bisa digunakan oleh lebih banyak orang, terutama orang - orang yang tidak mempunyai smartphone yang tidak mendukung untuk bermain game.

Cara Install Game di Tencent gaming Buddy

  1. Pertama Silakan download dan install Tencent Gaming Buddy dari link berikut.
  2. Setelah terinstal silakan buka tencent gaming buddy dan buka pada pilihan Game Center.
  3. Disitu terdapat beberapa pilihan game, pilih game yang ingin diinstall sebagai contoh kita coba install Mobile Legends (karena PUBG Mobile sudah terinstall).
  4. Instalasi Mobile Legend di Tencent Gaming Buddy
  5. Kemudian Klik Install dan tunggu beberapa waktu untuk mendownload game.
    Proses download game di Tencent Gaming Buddy
  6. Setelah Selesai mendownload kalian bisa bermain game yang kalian inginkan.
    Tampilan Game Mobile Legends di Tencent Gaming Buddy
Sebenarnya ada banyak sekali emulator game mobile yang bisa kalian install dan pilih untuk bermain game mobile di PC dan Laptop kalian, seperti contoh NOX Player, Bluestack, dll. Tencent gaming Buddy merupakan sebuah alternatif yang bisa kalian coba. Karena sejujurnya saya pernah mencoba emulator seperti nox dan bluestack namun sampai saat ini belum ada yang seringan Tencent Gaming Buddy. 

Tencent Gaming buddy sendiri merupakan sebuah emulator yang dikembangkan dan dirilis oleh sebuah developer game yang disebut Tencent Games. Tencent Games merupakan bagian dari Tencent Korporat yang merupakan perusahaan holdings yang berada di negara cina. Tencent Games yang berdiri pada tahun 2003 akhirnya fokus mengembangkan game yang berbasis online. Hingga akhirnya saat PUBG keluar sebagai sebuah game battle royale yang sangat populer, Tencent Games ingin membuat dan mengembangkan PUBG dengan versi mobile dan bekerja sama dengan Blue Hole selaku pengembang dari game PUBG. 

Sekarang PUBG Mobile sendiri merupakan salah satu game yang sangat banyak dimainkan oleh baik pengguna smartphone maupun, emulator. Bahkan beberapa waktu yang lalu PUBG Mobile berhasil menggelar sebuah turnamen kelas dunia yang disebut PMSC (PUBG Mobile Star Challenge) yang berhasil dimenangkan oleh perwakilan dari Thailand.

Nah kira - kira seperti itu mengenai update dari Tencent Gaming Buddy sebagai emulator game mobile yang bisa kalian jadikan sebagai alternatif lain emulator. Jika artikel ini membantu silakan share kepada teman - teman ya? Jangan lupa berikan komen untuk tambahan beserta dengan kritik maupun saran dari kalian. Terimakasih!