Ads

Perangkat Keras Komputer (Pengertian, cara kerja dan fungsi)


Halo, selamat datang di blog yokiandika, di artikel ini kita akan membahas mengenai perangkat keras komputer mulai dari pengertian, cara kerja, macam perangkat keras dan fungsi secara mendetail.

Ada apa dengan perangkat keras komputer? Kenapa kita harus mengetahui informasi mengenai perangkat keras komputer? 

Di jaman sekarang ini yang katanya adalah generasi milenial komputer bukanlah merupakan barang yang mewah. Komputer selain memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan seperti mengetik, membuat laporan bisa juga dijadikan untuk pekerjaan lainnya seperti komputer untuk game, pekerjaan editing untuk media.

Menurut data dari statista, penjualan komputer baik dekstop, laptop di tahun 2017 mencapai 259.4 milyar yang berarti bahwa penggunaan komputer sudah merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin dalam keseharian kita. Untuk itu ada baiknya, pengetahuan mengenai komputer harus disebarkan secara luas dan bukan dikhususkan untuk jurusan yang mempelajari komputer saja. 

Nah, di artikel ini kita akan membahas tentang perangkat keras komputer.

Pengertian Perangkat Keras Komputer 

Perangkat keras komputer adalah perangkat fisik yang menjalankan fungsi dari komputer agar dapat berjalan dengan baik. Perangkat keras komputer pada dasarnya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), Monitor, Keyboard, Hardisk, Motherboard, graphic card, dll.

Perangkat keras ini tersusun sedemikian rupa sehingga bisa melakukan fungsi kerja masing - masing untuk menjalankan sebuah komputer. Berikutnya kita akan menjabarkan dan melihat lebih detail mengenai macam - macam dari perangkat keras komputer. 

1. Motherboard atau Mainboard

Motherboard adalah salah satu perangkat keras komputer yang paling penting, dimana motheroard berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras komputer lainnya. Pada intinya motherboard adalah media atau tempat terpasangnya perangkat keras lain. Jika dianalogikan motherboard bisa dianalogikan sebagai pondasi tempat berdirinya sebuah rumah.

Fungsi dari Motherboard : 
  • Sebagai tempat terhubungnya perangkat keras komputer 
Bagian perangkat keras motherboard yang paling standar pada umumnya: 
  1. CPU Socket : Tempat untuk processor.
  2. PCI (Peripheral Component Interconnection) : Socket yang digunakan untuk video, sound, dan juga network.
  3. Memory slot : Digunakan sebagai tempat RAM.
  4. IDE (Interface Drive Electronics): Untuk IDE ini adalah slot dimana hard drive atau hardisk dikoneksikan.
Itu adalah bagian dari motherboard standar, namun ada beberapa teknologi baru di motherboard seperti : 
  • PCI Express : Merupakan protocol PCI baru yang digunakan.
  • Onboard video, sound, networking.
  • RAID Controllers

2. Central Processing Unit (CPU)

CPU atau central processing unit adalah otak dari komputer. Komponen ini merupakan perangkat keras yang mongontrol alur data, dan segala tugas - tugas untuk dikerjakan komputer.

Secara umum komponen atau bagian CPU, yaitu terdiri dari : 
  • Control Units :  bertugas untuk mengekstrak perintah dan menerjemahkan kemudian mengeksekusi dari memori.
  • ALU (Arithmetic Logic Unit) : bertugas untuk logical operation.
  • MMU (Memory Management Unit) : untuk beberapa CPU yang bagus memiliki MMU
Sumber : https://www.webopedia.com/imagesvr_ce/4966/cpu-diagram.gif

3. Memori 

Memori? kita sudah menyebut beberapa kata memori yang digunakan di komputer. Ketika membicarakan perangkat keras maka kita membicarakan Random Access Memori atau yang biasa kita sebut dengan RAM.

Lebih mudahnya RAM bertugas untuk menyimpan data secara sementara agar proses eksekusi suatu perintah bisa dijalankan dengan cepat. Data yang tersimpan di RAM bersifat volatile dengan kata lain jika komputer dimatikan maka data yang tersimpan di RAM akan hilang, tidak seperti di hardisk yang bisa disimpan bahkan ketika komputer dimatikan.

Jenis - jenis RAM :

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory) 
DRAM adalah jenis yang paling umum digunakan untuk perangkat keras atau hardware, seperti yang telah diketahui bahwa RAM jenis ini membutuhkan listrik atau power untuk menyimpan data.

  • SRAM (Static Random Access Memory)
Sama halnya dengan DRAM, SRAM juga membutuhkan aliran listrik secara konstan namun perbedaannya adalah pada transistor yang berfungsi sebagai saklar yang berfungsi untuk mengetahui data yang mana membutuhkan refresh.

Secara keseluruhan SRAM lebih mahal dan lebih cepat proses pengolahan data yang tersimpan.

Tipe - tipe RAM.
Sumber : https://searchstorage.techtarget.com/definition/RAM-random-access-memory

4. Graphics Card dan VGA 

Graphics card dan VGA? jadi perbedaannya apa? dan fungsinya apa? 

Graphics card atau bisa disebut dengan Graphics Processing Unit (GPU), sedangkan VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. Keduanya tidak bisa dipisahkan karena VGA adalah slot standar yang ada di graphics card, sedangkan graphics card sendiri merupakan perangkat keras yang dihubungkan di motherboard. 

Di jaman sekarang ini graphics card dilengkapi dengan konektor, sebagai contoh HDMI, VGA slot, dll. Graphics card biasanya di buat berdasarkan tujuan tertentu seperti game, workstation, dll. Seperti salah satu graphics card dari Nvidia Geforce, dll.

5. Power Supply Unit (PSU)

Fungsi utama dari PSU ini adalah mengubah aliran listrik AC menjadi DC untuk digunakan perangkat keras atau hardware komputer. 

Power supply unit merupakan perangkat keras yang mutlak ada karena tanpa adanya power supply, perangkat keras di dalam komputer tidak akan berfungsi. 

Demikian adalah perangkat keras yang ada di komputer kalian sehari - hari. Kalian bisa melihat perangkat keras itu di dalam case komputer kalian. Jika ada tambahan tentang perangkat keras yang ada di komputer silakan tambahkan di kolom komentar. Semoga artikel ini membantu jangan lupa share ke teman - teman kalian.

Baca juga : 

0 Response to "Perangkat Keras Komputer (Pengertian, cara kerja dan fungsi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel