Akhir tahun ini Indonesia kembali di suguhi kabar duka. Saudara kita di daerah banten dan lampung terkena musibah tsunami yang terjadi pada tanggal 21 Desember malam. Semua orang terkejut, karena bahkan penyebab dari tsunami tersebut masih belum diketahui bahkan setelah beberapa jam kejadian. Kemudian setelah beberapa jam berlalu baru dapat dikonfirmasi oleh bmkg bahwa bencana yang terjadi disebabkan oleh aktifitas gunung anak krakatau yang sedang erupsi, lebih tepatnya adalah longsoran dari gunung anak krakatau yang menyebabkan air laut pasang dan terjadilah tsunami.

Indonesia sendiri menurut penuturan dari bapak Sutopo Purwo Nugroho belum mempunyai alat pendeteksi tsunami yang terjadi karena longsoran bawah laut, yang ada adalah alat pendeteksi tsunami yang disebabkan oleh gempa tektonik. Ini yang menjadikan tsunami selat sunda ini tidak dapat dideteksi dan menyebabkan banyak timbul korban jiwa. Tentunya kita berharap agar pemerintah mampu segera menghadirkan teknologi sensor ini agar kedepannya bencana seperti ini bisa di cegah timbulnya korban yang banyak.

Beberapa waktu setelah kejadian tsunami di selat sunda ini terdapat beberapa yang mengakses facebook crisis response, termasuk saya. Apa itu facebook crisis response? dan bagaimana facebook crisis response bekerja

Pengertian Facebook Crisis Response 

Facebook crisis response merupakan fitur yang diberikan facebook untuk berkomunikasi dan menginformasikan sebuah kejadian bencana alam, bencana sosial atau pun kejadian - kejadian kemanusiaan yang mendesak.



Ada beberapa poin penting yang bisa digunakan di fitur facebook yang satu ini, yaitu : 
  • Mark Your Self Save : Facebook membuat fitur ini untuk meyakinkan teman dan keluarga di facebook bahwa anda aman.
  • Give and Find Help : Dengan fitur ini facebook berharap bahwa bantuan akan datang ke orang yang tepat dari orang - orang disekitar.
  • Raise Money : Memberikan bantuan berupa donasi di tempat kejadian.
  • Get Infomation : Berita terupdate mengenai kejadian bencana yang terjadi.
Facebook Crisis Response Tsunami Selat Sunda
Facebook Crisis Response Tsunami Selat Sunda
Facebook Crisis Response ini bisa digunakan sebagai alternatif dalam mencari bantuan, memberikan bantuan dan mengetahui berita ataupun informasi terupdate yang terjadi di sekitar bencana. Berikut adalah contoh dari timeline facebook crisis response : 
Facebook Crisis Response Timeline
Facebook Crisis Response Timeline


Seperti dapat kita ketahui terdapat beberapa menu seperti find help dan give help, dan ada bagian friends in Area. Dengan find help kita bisa mengetahui adanya bantuan seperti makanan, shelter atau tempat tinggal sementara dan obat - obatan. Dengan menggunakan menu give help kita bisa memberikan bantuan yang bisa kita berikan kepada orang yang membutuhkan bantuan di tempat kejadian bencana. Jadi ada baiknya kita menggunakan media sosial bukan? memanfaatkannya dengan memberikan bantuan bukan malah memperkeruh suasana. 

Untuk Friends in Area sendiri adalah untuk teman facebook kita yang berada di sekitaran tempat kejadian. Facebook menggunakan current location yang ada di profil facebook kita untuk mengetahui bahwa kita di tempat kejadian atau tidak.

Nah itu tadi merupakan sedikit informasi mengenai teknologi dan fitur yang diberikan oleh facebook yang kita mungkin jarang gunakan. Ternyata menggunakan facebook bisa membantu kita dalam membantu sesama. Ada baiknya kita menggunakan media sosial dengan bijak dengan tidak memperkeruh keadaan atau malah menyebarkan kebencian karena ternyata facebook sudah menyediakan fasilitas untuk membantu sesama. 

Jika artikel ini membantu bisa tolong sebarkan dan jika kalian ada pertanyaan, kritik, ataupun saran kalian bisa cantumkan di kolom komentar ya? Terimakasih.