Akhir tahun ini atau tepatnya pada bulan desember 2018 ini para pecinta drama korea kembali disuguhi drama terbaru yang akan tampil. Pada tanggal 1 Desember lalu telah rilis drama korea yang berjudul Memories of the Alhambra. Setelah beberapa drama korea pada september 2018 yang juga tidak kalah menarik akhirnya ada juga drama yang mempunyai latar teknologi. Drama korea memang sangat menarik untuk diikuti, belakangan banyak sekali pelajaran hidup yang bisa di petik dari drama korea, yah walaupun tidak banyak tapi masih adalah ya?

Jadi penasaran dengan drama memories of the alhambra ini? sabar ya? sebentar lagi kita bahas lengkap di artikel ini.

Drama ini mengangkat cerita non-fiksi, sci-fi yang mempunyai latar belakang tempat di salah satu kota di spanyol yaitu granada. Alhambra sendiri adalah sebuah tempat di granada, yaitu sebuah kastil kuno peniggalan sejarah yang memiliki keindahan karena kesan keindahan sejarah yang dimilikinya.

Drama memories of the alhambra ini dibintangi aktor dan artis kawakan korea seperti Park shin Hye, Hyun bin sebagai pemeran utama pria dan wanita. Park shin hye yang berperan sebagai Jung hye joo yaitu seorang pemilik sebuah hotel kecil di tengah kota granada dan Hyun bin sebagai Yoo jin wooseorang petinggi dari sebuah perusahaan besar di korea.

Yoo jin woo melakukan perjalanan ke granada untuk bertemu dengan seorang developer game AR (Augmented Reality) dari korea. Namun semuanya sia - sia, ketika dia datang ke granada dia tidak berhasil menemukan developer atau pengembang game tersebut, malahan dia bertemu dengan musuh bebuyutannya yang merupakan sahabat lamanya yang juga sama - sama sangat berminat dengan game tersebut. Yoo jin woo juga terkejut dengan fakta bahwa developer game tersebut adalah adik dari pemilik dan pengelola hotel yang ditempatinya saat ini yaitu Jung hye joo (Park Shin Hye).

Sebenarnya ada hal yang sangat menarik yang terjadi di episode pertama dan kedua setelah menonton drama ini yaitu :

Granada sebagai latar tempat 

Seperti judul dari drama korea ini "memories of the alhambra" latar tempat dari drama korea kali ini adalah granada, yaitu sebuah ibukota provinsi dari granada yang mempunyai sebuah ikon berbentuk kastil peninggalan sejarah yaitu alhambra.

Granada terletak di kaki gunung sierra nevada yang mempunyai ketinggian 738 meter diatas permukaan air laut, granada sendiri hanya berjarak satu jam perjalanan dari pantai mediterania dengan menggunakan mobil.

Granada merupakan tempat bersejarah yang menjadi tempat terjadinya perang budaya dan agama pada tahun 1400an. Beberapa sejarah yang pertempuran dari dinasti Nasrid yang merupakan dinasti yang paling kuat di granada pada waktu itu dan Aragon juga menjadi dari cerita drama korea ini (tentu saja bukan sejarah yang sebenarnya ya?).

Pada masa itu granada menjadi tempat yang sangat strategis pasalanya, tempat ini bisa dijadikan pusat perdagangan dari arab ke eropa, terutama perdagangan emas dan bahan pangan.

Granada. Source : Photo by Petr Slováček on Unsplash
Sampai sekarang granada masih dijadikan tempat yang dijaga nilai sejarahnya sehingga banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri berkunjung untuk menikmati keindahan kota ini. Nah di drama "Memories of the Alhambra" ini sangat menarik karena banyak mengambil latar di kota ini.

Teknologi Augmented Reality

Teknologi memang berkembang pesat dan sangat cepat. Terkadang beberapa film dan tv series memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat cerita dan alur Science fiction atau lebih dikenal sebagai Sci-fi sehingga lebih menarik minat dari penonton, tentunya masih ada unsur percintaannya ya? namanya juga drama korea yang terkenal dengan alur cerita cintannya.

Teknologi yang diceritakan disini adalah teknologi game berbasis augmented reality (AR). Jadi apasih augmented reality itu? 

Augmented reality atau AR adalah teknologi untuk menciptakan kesan visual nyata. Sebagai contoh dalam dunia game mobile adalah game pokemon GO. Kita bermain pokemon go dengan menangkap pokemon dengan peta nyata. 

Ada beberapa devices yang digunakan untuk perantara render augmented reality, yaitu : 
  • Eyeglass (kacamata)
  • Bionic Contact Lens (Lensa mata) : dalam cerita drama ini menggunakan kontak lensa ini.
  • HUD (Head-up Display)

Game yang dimaksud di alur memories of the alhambra ini adalah kalo menurut saya adalah game berbasis RPG yang bertemakan perang antara pasukan nasrid dan aragon. Sebenarnya sudah ada beberapa drama korea yang membuat teknologi sebagai latar cerita seperti Rich man, tapi drama kali ini juga menghadirkan animasi canggih yang jarang kita temui di drama korea lainnya.

Penasaran kan dengan alur drama korea ini? Nah itu tadi merupakan artikel mengenai drama korea dengan mengguanakan teknologi yang keren. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa share, komen artikel ini ya? 

Terimakasih!