Bermain game online terkadang mengasikan dan sangat menyenangkan, tapi jika kita kalah terus kadang juga menjengkelkan. Kita membutuhkan strategi agar bisa memenangkan sebuah game online.

Kenapa harus mengetahui jenis game online yang ada?


  • Gameplay yang ada di setiap jenis game online berbeda 
  • Strategi yang diterapkan juga pastinya berbeda 
  • Setiap jenis game online memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri 
Menurut poin diatas kita bisa mempelajari strategi game untuk memenangkan sebuah game dengan mengetahui jenis game online apa yang kita mainkan. Nah langsung saja kita bahas mengenai jenis game online yang paling sering dimainkan.

1. RPG (Role-playing Gaming)

Iya, RPG merupakan singkatan dari Roleplaygame dimana setiap karakter pada game mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda satu sama lain. 

Game RPG sendiri masih terdapat beberapa jenis yang berbeda, namun game RPG yang kebayakan berkembang dan masih sangat dimainkan sekarang ini adalah game rpg yang termasuk ke jenis Massively Multiplayer Online Roleplaing Game atau biasa disingkat MMORPG.

Di game MMORPG ini kita bisa melakukan kontak, biasanya berbasis text-messaging untuk melakukan kerja sama sehingga akan mudah mengerjakan sebuah quest atau misi tertentu.

Gampeplay game RPG

Gameplay game RPG ini biasanya memiliki plot atau alur cerita, biasanya dibagi menjadi beberapa bagian dan terdapat seorang gamemaster yang menjadi perantara atau bertugas untuk mengadakan event, memberikan quest tambahan, dll.

Game ber-genre RPG biasanya memiliki beberapa karakter dengan kemampuan yang berbeda - beda, sebagai contoh adalah archer, warrior, mage atau wizard, disetiap karakter tersebut memiliki kemampuan atau ability yang berbeda - beda.

Berikut contoh game RPG : 
  • Dragonest dan Dragonest Mobile 
  • Ragnarok
  • Final Fantasy
  • The Witcher

2. Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Game yang satu ini pasti tidak asing untuk kalian yang sering bermain game secara online, secara game bergenre ini sangatlah populer. 

Siapa yang tidak tahu DOTA 2 atau LoL? untuk para pemain game online pasti sangat familiar dengan game ini. Game MOBA ini menurut saya juga termasuk game yang masuk ke katogeri game RTS (Real Time Strategi), dimana para player dan pemain menggunakan strategi secara langsung saat mereka sedang bermain 

Gameplay MOBA

Biasanya game bergenre MOBA dibagi menjadi beberapa tim, minimal dua tim. Dua tim ini akan bertarung untuk saling mengalahkan dan mempertahankan markas mereka yang biasanya berbentuk sebuah tower atau thrones. 

Setiap tim akan melakukan kerjasama sesuai dengan kemampuan dari yang dimiliki oleh setiap hero atau karakter yang dimiliki.

Beberapa contoh game MOBA :
  • Dota 2 
  • LOL 
  • Mobile Legends 
  • AOV (Arena of Valor)
  • Warcraft dan Starcraft (lebih ke game RTS)

3. Game FPS (First Person Shooter)

Untuk para pemain game yang menyukai game perang atau memiliki gameplay dengan menggunakan senjata game FPS ini pasti sangat tidak asing. Game FPS adalah game dengan First-person perspective atau dengan kata lain, kalian akan menikmati pengalaman menjadi orang yang melakukan perang tersebut.

Gameplay Game FPS 

Game FPS memiliki gameplay yang sangat beragam, sebagai contoh adalah game yang paling terkenal di masanya adalah Counter Strike, dimana player akan dibagi menjadi 2 tim, yaitu tim terroris dan counter-terroris. Sebagai terroris, tujuannya adalah meledakkan bom yang harus dipasang, sebaliknya adalah counter-terroris adalah menjinakkan bom tersebut atau membunuh tim terroris sebelum bom itu dipasang.

Contoh game FPS :

  • Counter Strike Global Offensive
  • Point Blank 

4. Game Survival 

Game bergenre survival saat ini sedang nge-trend, terutama di indonesia. Salah satu game yang terkenal di indonesia adalah PUBG Mobile dan Free Fire. Survival yang artinya adalah bertahan secara harafiah ini mengharuskan player atau pemain harus bertahan sampai waktu yang telah ditentukan dan wilayah yang telah ditentukan. Game survival tidaklah fokus pada jumlah kill melainkan fokus pada bertahan hingga terakhir.

Gameplay Survival 

Biasanya game ini akan memiliki dua jenis zona yaitu zona terlarang dan zona aman (di setiap game berbeda pemanggilannya). Zona aman akan semakin menyempit sehingga semakin berjalannya waktu akan semakin besar kemungkinan setiap player akan bertemu dan bertarung, dan pemain yang terakhir selamat akan menjadi pemenang.

Contoh dari game survival ini adalah

  • PUBG (Player Unknown Battleground) dan PUBG versi Mobile 
  • Free Fire 
  • Fortnite 
  • Blackout


Nah jenis game - game ini yang paling digemari di kalangan gamer atau pemain game online. Menurut saya game ini digemari dikarenakan game - game dengan jenis ini sangatlah kompetitif sehingga memacu kesenangan tersendiri jika sampai memenangkan game tersebut. Game apa yang sering kalian mainkan? Silakan share di kolom komentar ya? kalian juga bisa menambahkan jenis game yang menurut kalian belum dicantumkan di artikel ini.