Ads

Istilah Game yang Orang Awam Jarang Ketahui


Halo teman - teman, kembali di artikel baru blog yokiandika ini ya. Kali ini kita akan membahas tentang game lagi nih.

Pembahasan tidak mengenai game baru yang keluar atau tips bermain game melainkan kita akan membahas istilah - istilah yang sering digunakan oleh para gamer yang orang awam jarang ketahui artinya.

Kenapa saya pengen ngebahas hal ini?

Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke salah satu pusat perbelanjaan dan saya duduk di foodcourt untuk memesan makanan. Di belakang meja saya ada percakapan yang tidak sengaja saya dengarkan.

"Yah, senjata yang paling imba di pubg mobile apasih? " Terdengar suara anak kecil yang kemungkinan bertanya kepada ayahnya.

Si ayah menjawab "Ayah jarang main pubg mobile, kalo di pubg steam sih ayah paling seneng sama senjata M416"

Kemudian terdengar suara wanita yang menyela "Jangan ngomongin game mamah gak ngerti".

Kejadian tersebut memotivasi saya untuk membuat istilah - istilah yang sering digunakan oleh para gamer. Saya menebak bahwa si ayah tersebut adalah seorang yang punya hobi ngegame, dimana dia juga sering ngegame bareng sama anaknya. Sebenarnya istilah game berbeda - beda pada setiap permainan, kita coba sebut satu persatu ya?

1. IMBA

Pertama kali mendengar kata imba adalah sekitar 8 tahun yang lalu ketika saya bermain game pada waktu itu adalah DOTA. 

Arti kata IMBA sendiri berasal dari akronim imbalance yang berarti tidak seimbang. Imba sendiri adalah istilah yang digunakan untuk mengutarakan sebuah keadaan dimana salah satu karakter, item, ataupun apapun yang berhubungan dengan sebuah game mempunyai kekuatan yang timpang.

Sebagai contoh : "wah, musuhnya imba banget gak bisa menang ini" yang berarti bahwa musuh berada di atas angin.

IMBA juga mempunyai persamaan dengan istilah OP yang merupakan singkatan dari kata "Over Power" yang berarti tidak seimbang.

2. AFK

Nah, istilah ini adalah istilah yang sangat sering terdengar bagi saya pribadi di game apapun, khususnya game online pasti ada isitilah ini karena istilah AFK digunakan di semua game online yang ada.

AFK adalah singkatan dari kata away from keyboard, yang bisa diartikan jauh dari keyboard secara harafiah.

Jadi kesimpulannya adalah AFK merupakan keadaan dimana karakter game kita diam atau tidak bergerak bisa karena faktor koneksi internet maupun kegiatan lainya yang menyebabkan karakter untuk diam.

3. RUSH 

Istilah rush ini sering terdengar di game - game FPS atau game First-Person Shooter, atau game - game yang berbasis battle royale.

Sebenarnya istilah ini adalah istilah yang digunakan untuk menekan musuh atau menyerang musuh secara bersamaan. Di game MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena, biasanya istilah ini sama artinya dengan istilah PUSH.

4. Party

Jika kalian berpikir party disini adalah pesta, menurut saya itu ada benarnya juga. Party merupakan istilah yang sering keluar di game game MOBA. 

Istilah ini berarti bermain game secara bersama atau team-up bersama teman. Jika kalian bermain game DOTA 2 berarti kita bermain bersama teman dan setim. Istilah ini juga bisa dsamakan dengan SQUAD, ketika kita bermain PUBG baik di steam maupun mobile.

5. TB

"Woii TB-in gue sini cepet!"

Biasanya istilah ini keluar di game apapun baik MOBA, RPG, maupun FPS. Untuk arti TB sebenarnya belum ada kata baku namun dari komunitas game banyak yang mengartikan "tahan bahan".

Di game TB berarti adalah menjadi korban atau pengalih perhatian untuk tim. Seorang TB biasanya adalah seorang yang berada di garis terdepan.

6. Carry

"Kasih carry senjatanya biar kaya dia" terdengar percakapan di game pubg atau "Farming dulu carrynya biar cepet jadi" yang terdengar di chat game dota 2. Biasanya sering terlihat percakapan seperti itu. 

Jadi apa itu carry? 

Carry diambil dari kata bahasa inggris yang mempunyai arti bawa secara harafiah. Untuk di game biasanya carry adalah seorang player atau karakter yang paling bisa "diandalkan". Biasanya seorang carry adalah seorang hiter.

7. Cacing 

Istilah cacing sering keluar di game pubg khususnya di pubg mobile. Di komunitas para pemain game pubg mobile sering terdengar istilah cacing ini. Cacing di pubg mobile berarti adalah menggunakan fasilitas prone atau tiarap agar tidak terlihat oleh musuh.

8. GB 

Menurut beberapa forum di komunitas game luar, sering muncul kata - kata GB. Istilah GB ini menurut saya pribadi adalah singkatan dari kata "Game Booster" dengan kata lain bisa diartikan membantu menaikkan level, peringkat, atau apapun yang berkaitan dengan game. 


Itu merupakan istilah - istilah yang sering keluar di game - game online yang sering di ucapkan oleh para pemain game, yang mana sering kalian gunakan? Silahkan tambahkan di kolom komentar ya? 

Semoga artikel ini bermanfaat, akan sangat membantu jika kalian share artikel ini ke teman - teman kalian, saya akan update istilah baru yang akan terus bertambah.

0 Response to "Istilah Game yang Orang Awam Jarang Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel