Ads

Iphone vs Android : Smartphone manakah yang terbaik?


Iphone vs Android adalah sebuah perbandingan yang mungkin sampai sekarang masih sangat sering ditanyakan, diperdebatkan. Kenapa hal ini bisa menjadi perdebatan yang sangat panjang dan mungkin bahkan tidak akan terselesaikan?

Kita akan membahas di artikel ini mengenai Iphone vs Android. Kita akan melihat bagaimana performa, harga dan kualitas - kualitas lainnya yang dimiliki oleh setiap smartphone.

Sebenarnya untuk mengetahui perbandingan secara objektif kita harus mengetahui sejarah dari masing - masing vendor, dalam hal ini tentu saja, sejarah android dan iphone. Satu hal lagi sebenarnya membandingkan kata - kata android dan iphone itu kurang pas, kenapa? karena iphone adalah smartphone yang sedangkan android adalah OS atau bisa dibilang Operating System yang terinstall di smartphone. OS sendiri adalah software yang terinstall di smartphone agar kita bisa melakukan semua kegiatan dengan handphone kita, seperti browsing, messaging, dll. Iphone sendiri memiliki OS yang disebut IOS.

Nah jadi kenapa nih kita masih meributkan dan membandingkan Android dan Iphone? Bukannya seharusnya Android vs IOS? perbandingan seperti ini barulah adil untuk kedua pihak, bukan? kalau ingin membandingkan harusnya dengan nama merk dong?

mmm jawaban dari kami sendiri adalah karena kemungkinan iphone mampu merebut hampir setengah dari marketshare. Bayangkan apple dengan iosnya bisa merebut hampir setengah dari pasar android, sedangkan android sendiri memiliki sangat banyak produsen seperti samsung, xiaomi, google pixel, dll. Sehingga buzzer yang muncul adalah android yang dibandingkan dengan iphone.

Marketshare Iphone vs Andorid. Source : https://deviceatlas.com/blog/android-v-ios-market-share
Disclaimer : Artikel dari blog yokiandika ini berusaha dibuat se-objektif mungkin dan mencantumkan beberapa sumber yang bisa dijadikan acuan. Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi yang bisa dijadikan sebagai salah satu referensi untuk memilih smartphone yang akan kalian gunakan. Kami tidak berafiliasi dengan vendor, produsen atau provider manapun.
Oke kita akan langsung menuju ke pembahasan selanjutnya yaitu sejaran dari IOS dan Android karena untuk membandingkan kedua penguasa smartphone ini kita harus mulai mengetahui sejarah mereka.

Sejarah Android 

Android pertama kali di bentuk oleh Android Inc pada tahun 2003 di bulan oktober. Android inc sendiri didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. OS android dibuat berdasarkan kernel linux dan dibangun dengan platform open source.

Apa itu Open Source? open source adalah licensi gratis dan semua orang bisa berkontribusi dalam pembangunan atau pengembangan os android, tidak heran banyak versi atau lebih tepatnya nama dari setiap android, sebagai contoh MiUI yang di develop oleh xiaomi, dll.

Pada tahun 2005, perusahaan teknologi raksasa google membeli android dan sampai sekarang android berkembang dibawah naungan Google,inc. Sampai saat ini android sampai ke versinya yang ke 9 yang bertajuk Android Pie. Google biasanya memberikan update tahunan terhadap versi android dan selanjutnya akan diikuti oleh perangkat telepon, biasanya smartphone terbaru (flagship) akan menggunakan android versi terbaru.

Karena android OS sekarang ada dibawah naungan google, tentu google mempunyai beberapa keuntungan untuk memonetize atau membuat uang dari android. Tapi bukannya android itu open source? atau dapat di kembangkan dan digunakan secara gratis? ya memang benar bahwa android adalah open-source project tapi google memiliki satu layanan yang disebut dengan Google Mobile Services (GMS) termasuk aplikasi seperti google search, google assistant, dll, dimana project itu merupakan project yang di kembangkan oleh google dan jika sebuah smartphone ingin diinstall dengan GMS maka harus memiliki licensi dari google.

Namun berdasarkan dari beberapa forum di quora, sebenarnya GMS adalah layanan yang diberikan secara gratis, tapi persyaratan pengujian smartphone yang akan diinstall GMS itu yang tidak gratis. Setelah smartphone diproduksi mereka harus diuji agar dapat mempunyai licensi sehingga dapat dipasarkan.

Karena android merupakan sebuah open source project, komunitas pengembang android ini cukup besar dan sangat banya jumlahnya. Mereka bersatu untuk mengembangkan android menjadi lebih baik dan lebih mudah untuk penggunaanya. Salah satu forum android yang besar dapat kalian lihat di xda-developer.

Kelebihan OS Android : 

Beberapa sumber mengatakan bahwa komunitas pengembang atau developer community dari android ini sangatlah besar dan baik. Mereka selalu mengembangkan software android bersama, memperbaiki masalah - masalah yang sering terjadi di android secara bersamaan. Kita akan coba uraikan kelebihan OS Android ini : 
  • Open Source : Dapat diakses oleh siapa saja dan gratis untuk digunakan.
  • Memori Management : Android dapat di jalankan di device yang mempunyai spesifikasi rendah hingga tinggi, tidak heran banyak pilihan harga hp yang mempunyai OS Android.
  • Interface : User interface yang dimiliki oleh android sangatlah simpel dan mudah dioperasikan sehingga memudahkan pengguna untuk pengoperasian smartphone atau handphone.

Sejarah IOS 

IOS merupakan Operating System yang dibuat oleh Apple,inc untuk hardware mereka. IOS pada awalnya dibuat memang untuk mobile device yang diproduksi oleh apple seperti iphone, ipad, ipod, dll.

IOS pertama kali dikenalkan pada januari 2007 yang kemudian beberapa bulan kemudian apple memperkenalkan Software Development Kit (SDK) untuk mengembangkan aplikasi untuk IOS. Namun IOS SDK ini tersedia hanya untuk pengguna mac os dan tidak tersedia untuk pengguna windows pc. Untuk pengguna Windows sangat sulit untuk bisa mengembangkan aplikasi untuk ios ini.

Kelebihan IOS : 

  • IOS dikembangkan berdasarkan guidlines langsung dari Apple langsung sehingga kualitas software harus memenuhi persyaratan dari apple,inc.
  • IOS memiliki User Interface yang sangat digemari oleh penggunanya. 
  • IOS dikembangkan berdasarkan hardware mereka sendiri yaitu apple sehingga pasti akan sangat compatible dalam artian maksimal.

Nah setelah mengetahui sejarah dari kedua sistem operasi ini kita mengetahui bahwa android dan IOS dikembangkan dengan tujuan yang berbeda. Android yang dikembangkan dengan open source sedangkan IOS close source. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa android pasti akan bersaing di harga sedangkan iphone akan bersaing di kualitas hardware dan software mereka. Jadi jangan lagi berdebat mengenai harga karena memang pasti iphone akan selalu memasang harga yang lebih tinggi.

Untuk android sendiri karena lebih mudah dalam akses SDK (Software develop kit) android, sehingga akan lebih mudah memasang di berbagai jenis smartphone sehingga harga smartphone android lebih beragam.

Jadi, sebenarnya untuk mengetahui smartphone yang terbaik hendaknya dimulai dari hal - hal sederhana sabagai berikut : 

1. Budget 

Yah kalo satu hal ini adalah hal paling mendasar dalam memilih smartphone. Saya punya sedikit cerita mengenai budget dan smartphone.

Beberapa bulan yang lalu saya sangat ingin meng upgrade smartphone yang saya miliki. Pada waktu itu saya menggunakan iphone 5S yang sudah saya gunakan sekitar 2 tahun lamanya. Kenapa saya ingin upgrade? Pertama jika kalian pernah menggunakan iphone generasi 5 pastinya kalian mengetahui kelemahan terbesar dari iphone 5S? yaitu baterai.

Nah, setelah saya melihat budget yang saya punya dan saya lihat harga iphone 7 saya sudah pasti memutuskan bahwa saya upgrade ke android karena budget saya tidak bisa dipaksakan untuk membeli iphone 7. Terus kenapa saya tidak upgrade ke iphone generasi 6? oke akan saya jelaskan pendapat pribadi saya. 

Penggunaan smartphone saya sangatlah membutuhkan banyak daya, untuk kegiatan sehari - hari saya menggunakan iphone untuk berkomunikasi dengan bos, teman kerja, dll, belum lagi saya bermain game (karena hobi), social media, kamera (tidak setiap hari). Saya membutuhkan hp dengan daya tahan baterai. Akhirnya saya berpindah ke android (Samsung galaxy J7), ya walaupun iphone 5s saya masih saya pakai. Saya punya teman yang memakai iphone 6 dan baterainya sangatlah boros sehingga saya enggan untuk berganti ke iphone 6 dan untuk generasi 6S masih terlalu mahal untuk saya pada waktu itu.

Karena basic saya adalah pengguna android maka saya mudah saja memutuskan atau memilih smartphone android.

Nah bisa dibilang budget sangatlah penting. Kalian harusnya menyesuaikan dengan budget kalian sendiri.

2. Fungsi Smartphone 

Nah setelah budget maka poin selanjutnya adalah fungsi smartphone yang akan kalian beli. Entah itu untuk multimedia, gaming, ataupun fungisonalitas standar seperti telepon, dll.

Karena dengan mengetahui fungsi yang paling sering kalian gunakan pastinya akan membantu kalian dalam memilih smartphone yang paling tepat. Seperti cerita yang saya share pada poin pertama diatas. Jadi kenali fungsi yang kalian sering gunakan.

Untuk multimedia memang harus diakui iphone pasti lebih unggul dengan kualitas video dan foto yang sangat bagus. Sebenarnya untuk mobile gaming iphone juga sangat bagus namun kekurangan yang dimiliki oleh iphone adalah baterai mereka karena iphone sangat pelit kapasitas baterai.

Kalo kalian menggunakan smartphone hanya untuk messaging, telepon dan social media saya rasa android sangatlah lebih dari cukup, apalagi sekarang banyak smartphone android yang sudah dibekali hardware yang cukup keren di pasaran hp menengah ke bawah, lihat saja xiaomi yang mampu merebut pasar samsung.

3. Teknologi yang ditawarkan 

Nah, jika dengan budget dan fungsionalitas smartphone sudah terpenuhi maka yang terakhir dan yang tidak kalah penting adalah teknologi yang ditawarkan.

Ada apa dengan teknolog? Kenapa teknologi sangat penting untuk dilihat? 

Karena teknologi yang ditawarkan sangat berpengaruh terhadap support seperti software update, dukungan dari produsen seperti service center dll.

Kita ambil contoh iphone 5, yang hanya mendapatkan IOS update sampai IOS versi 10. Jika kalian ingin mengupdate software IOS maka kalian harus beli Iphone baru. Hal ini menjadi kelebihan dari android karena minimal requirement untuk android lebih rendah daripada IOS.

Persebaran Android version
Persebaran Android version : Source : https://developer.android.com/about/dashboards/
Dari diagram tersebut dapat dilihat bahwa, persebaran android version lebih merata. Biasanya android memberikan dukungan update untuk device yang paling tidak sampai ke lolpipop. Ini bisa menjadi keunggulan  dari android karena support untuk device mereka tidak terlalu timpang dan mengharuskan mengganti smartphone.

Sedangkan untuk IOS, biasanya hanya melakukan dukunngan untuk smarphone terbaru mereka atau paling tidak untuk device yang masih mereka jual. Sementara ini IOS version tersedia hingga versi yang ke 12, dengan persebaran sebagai berikut : 
Persebaran IOS version. Source : https://data.apteligent.com/ios/

Apple memberlakukan update IOS hingga ke versi 12 hanya untuk generasi 6. Sedangkan untuk generasi ke 5 kebawah hanya akan sampai pada IOS 10. Kenapa? Karena apple berdalih agar IOS dapat berjalan maksimal maka harus didukung dengan hardware yang lebih bagus. Menurut saya itu masuk akal untuk perusahaan sekelas Apple.

Selain software kita juga perlu memperhatikan hardware, hardware yang perlu diperhatikan disini adalah kecepatan processor, RAM, Memori internal (karena kebanyakan smartphone sekarang tidak dibekali dengan memori eksternal). Kita akan bahas satu persatu.

Kecepatan Processor 

Untuk kecepatan processor biasanya ditandai dengan satuan giga hertz (GHz). Semakin cepat processor maka semakin cepat smartphone tersebut melakukan tugasnya, seperti melakukan telepon, bermain game, dan tugas - tugas smartphone lainnya. Jadi dapat disimpulkan semakin besar kecepatan processor semakin baik smartphone tersebut.

RAM (Random Access Memori)

Setelah kecepatan processor hal yang perlu diperhatikan adalah besarnya kapasitas RAM pada smartphone. Apa itu RAM atau Random Access Memory? dan apa tugas RAM? 

RAM adalah tempat penyimpanan data sementara yang saat ini sedang dijalankan. Saya beri sebuah analogi, Pak tono memiliki sebuah toko dia berjualan sepatu, dia sedang menjual sepatu di toko nya dan dia memiliki stok digudang yang tempatnya terpisah. RAM tersebut dianalogikan sebagai toko tempat pak tono sedang berjualan. Karena menyimpan barang display sepatu yang dimiliki. RAM sendiri biasanya memiliki kapasitas yang lebih sedikit.

Nah semakin besar ram yang dimiliki maka akan semakin banyak pula kemungkinan menyimpan data yang sedang berjalan sehingga process yang akan dijalankan menjadi lancar.

Kapasitas memori 

Hal ini berkaitan dengan memori ROM bukan hanya sekedar memori internal biasa. ROM ini bisa kita ibaratkan dengan gudang yang bisa menyimpan banyaknya sepatu (lihat pada analogi pak Tono). Semakin besarnya ROM ini semakin baik karena dapat menampung berbagai aplikasi di smartphone kamu.

Kesimpulan Iphone vs Android

Setelah membahas panjang lebar kita sampai juga ke kesimpulan yang kita dapatkan dari perang Iphone vs Android. Sebenarnya, saya yakin pembahasan kedua raksasa smartphone ini tidak akan habis sampai sini. Namun, saya yakin dengan mengetahui dan membaca pengetahuan dasar di artikel ini cukup bagi kalian untuk memutuskan smartphone mana yang terbaik untuk kalian.

Smartphone memang sangat cepat berkembang, jadi jangan sampai salah memilih agar kalian bisa menikmati fitur - fitur yang disediakan.

Semoga artikel ini membantu kalian, dan jangan lupa baca juga 4 handphone murah yang layak kamu beli. Share juga ke teman kalian agar teman kalian juga tidak salah untuk memilih smartphone yang terbaik.

Sampai jumpa.

0 Response to "Iphone vs Android : Smartphone manakah yang terbaik? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel