Akhir tahun sudah datang dan pergantian tahun ke tahun 2019 akan datang. Kita akan membahas mengenai aplikasi android yang masih sangat berguna untuk produktivitas kalian menghadapi tahun 2019.

Setiap hari terdapat berbagai aplikasi android terbaik silih berganti datang ke google playstore, entah itu hanya aplikasi yang hanya akan naik daun secara sementara ataupun aplikasi android yang memang sangat bermanfaat sehingga akan digunakan secara terus menerus oleh para penggunanya.

Blog yokiandika akan membahas mengenai aplikasi android yang akan membantu produktivitas kalian untuk bekerja, ataupun belajar sehingga kalian bisa memaksimalkan potensi kalian dengan bantuan aplikasi ini. Dari mulai manajemen waktu, aplikasi hiburan untuk membuat fokus pada pekerjaan, ataupun aplikasi yang berguna untuk belajar mengenai hal - hal baru.

Langsung saja kita lihat aplikasi android ini :

1. Evernote 


Aplikasi yang satu ini sangatlah berguna untuk kalian yang menginginkan ketepatan waktu, dalam mengerjakan sebuah pekerjaan ataupun sebuah proyek. Evernote adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengorganize pekerjaan dan mencatat semua detail pekerjaan. Aplikasi ini tersedia di IOS dan Android OS. Kalian bisa download di google playstore ataupun IOS appstore secara gratis, namun jika kalian ingin bisa menggunakan fitur premium kalian bisa upgrade pilihan kalian untuk menggunakan fitur premium 

Fitur yang ditawarkan oleh evernote : 

  • Web Clipper : web clipper ini sangatlah berguna untuk menyimpan sebuah artikel, berita, ataupun page dari website, fitur ini dilengkapi dengan thumbnail lho, jadi kalian bisa melihat tampilan yang sangat elegan.
  • PDF, DOCS file attatchment : Kalian bisa membuat catatan yang bisa di tambahkan file pdf maupun word di dalamnya.
  • Multi-platform : Kalian bisa menggunakan evernote baik di versi aplikasi mobile (android dan IOS) maupun dengan dekstop dengan menggunakan browser yang ada di komputer, dan tersinkronisasi, artinya kalian tidak perlu dua kali kerja.
Nah, itu dia fitur andalan dari evernote. Namun menurut saya pribadi masih terdapat beberapa kekurangan dari evernote, yaitu adalah aplikasi ini terlalu berat untuk diinstall atau dipasang di smartphone android kelas menengah kebawah. Tetap saja melihat dari fitur dan fasilitas yang ditawarkan aplikasi ini akan sangat membantu mengorganisir pekerjaan kamu.

2. Trello


Aplikasi ini merupakan aplikasi produktivitas yang saya gunakan sehari - hari baik untuk pekerjaan maupun proyek pribadi saya. Alasan saya menggunakan trello adalah aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memori usage nya pun tidak banyak untuk diinstall di smartphone kelas menengah kebawah. 

Fitur yang ditawarkan oleh Trello : 

  • Multi-platform : Seperti kebanyakan dari aplikasi yang berbasis produktivitas, trello juga menawarkan fitur multi-platform dimana kalian bisa menggunakan aplikasi mobile dan dekstop (web-based) secara bersamaan.
  • Details : Apa yang dimaksud dengan detail ini adalah terdapat fitur seperti komen, file attatchment (pdf,docs,dll) yang bisa kita masukan di boards (sebutan untuk setiap projek di trello).
  • Terintegrasi dengan aplikasi lain : Kita bisa mengintegrasikan trello dengan aplikasi lain seperti google drive, evernote, slacks, dll.
Itu dia fitur dan keunggulan dari trello. Jika kalian ingin lebih mengorganisir segala kegiatan, pekerjaan, dengan tim kalian ataupun proyek pribadi kalian bisa menginstall aplikasi ini di smartphone kalian, aplikasi ini cukup ringan kok.

3. Slack


Slack yang merupakan singkatan dari "Searchable Log of All Conversation and Knowledge" adalah sebuah software yang berbasis cloud yang dibuat dengan tujuan mempermudah komunikasi antar team dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. 

Menggunakan slack sangatlah memudahkan pekerjaan, berdasarkan pengalaman saya ketika bekerja di salah satu perusahaan IT, biasanya sebuah perusahaan membagi tim dengan membuah channel berbeda di slack, sebagai contoh tim developer, tim marketing, tim desain, dll. Tujuan dari slack ini adalah mempermudah dalam komunikasi atau mengupdate pekerjaan dari setiap tim yang telah dikerjakan.

Fitur yang ada di slack : 

  • Channels : Seperti yang telah disebutkan, setiap channels biasanya terdapat satu tim yang terdiri dari beberapa anggota tergantung dari besarnya tim tersebut, kalian bisa saling berkomunikasi tentang update pekerjaan, ataupun informasi lain.
  • Search : yang saya sangat sukai di slack ini adalah informasi yang terdapat pada channels bisa dengan mudah ditemukan, ini sangat membantu jika kita ingin mengetahui perkembangan pekerjaan, ataupun update mengenai pekerjaan.
  • Keamanan Data : Menurut saya kemanan yang ada di slack sangat diutamakan, dengan menggunakan 2 factor authentication dan SSO (Single ID) yang sangatlah cukup untuk mendukung keamanan.
Jika kalian ingin membangun sebuah tim kalian akan sangat dibantu dengan slack ini. Namun menurut saya untuk pekerjaan pribadi slack ini kuranglah efektif kecuali jika kalian memang ada di sebuah perusahaan yang cukup besar dan menggunakan slack sebagai alat komunikasi wajib dalam pekerjaan.

4. Aplikasi Podcast 


Kenapa saya hanya menulis aplikasi podcast?

Jujur saya belum menemukan aplikasi podcast di android yang memang bagus untuk diberikan rekomendasi. Untuk pengguna apple mungkin akan ada aplikasi bawaan dari apple dan aplikasi itu sangat bagus. Jadi apasih podcast? podcast adalah sebuah digital audio series yang biasanya dikeluarkan untuk di dengarkan baik secara online maupun offline.

Kenapa podcast penting untuk produktivitas? Karena di podcast kalian bisa mendengarkan hal - hal yang luar biasa, mulai dari tips dan trik, motivational speech (kata - kata yang memotivasi), bahkan saya belajar bahasa inggris melalui podcast ini.

Karena saya adalah pengguna kedua jenis smartphone yaitu IOS dan Android, saya lebih sering mendengarkan podcast melalui IOS yang sudah mempunyai aplikasi bawaan bernama apple podcast. Namun jangan khawatir jika kalian adalah pengguna android saya rekomendasi yang saya ambil dari website podcastinsight (bukan rekomendasi dari saya pribadi) :

  • RadioPublic
  • Pocket Cast
  • Castbox
  • Podbean
  • Stitcher
  • TuneIn Radio
  • Spotify 
Itu dia aplikasi podcast di android yang layak kalian coba. Saya pribadi menginstall spotify di android, karena saya juga suka mendengarkan musik, tapi sekarang spotify juga mempunyai podcast channels yang menurut saya juga sangat layak untuk dicoba. 



Jadi aplikasi android mana yang ingin kamu coba? Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi android khususnya untuk meningkatkan produktivitas kamu, seperti dropbox, google drive, dll yang berguna untuk menyimpan dan share file. Namun biasanya aplikasi goole drive sudah pre-install atau sudah terinstall secara otomatis di smartphone kamu jika kamu adalah pengguna android, jadi kita skip saja aplikasi yang sudah terinstall. Bagaimana apakah artikel kali ini membantu? jika iya, boleh kalian share artikel ini ataupun jika tidak silakan tinggalkan kritik dan saran kalian di kolom komentar ya?