Fungsi Grip pada Pubg Mobile

Kamu suka bermain game battle royal yang sedang naik daun yaitu pubg mobile?

Pasti kamu gak bakalan asing dengan istilah grip atau salah satu dari attachment untuk senjata - senjata yang ada di pubg mobile. Tapi sudahkah kamu menggunakan grip dengan tepat? atau kamu masih bingung dengan fungsi grip dan attachment yang ada di pubg mobile? tenang, kita akan bahas tentang attachment yang ada di pubg mobile khususnya grip ya?

Tapi sebelum membahas tentang attachment kita akan membahas dulu mode - mode senjata yang ada di pubg mobile, karena attachment yang ada di pubg mobile harus disesuaikan dengan senjata yang kamu pakai.

1. Senjata Mode Auto

Mode auto adalah mode dimana kamu bisa menembak dengan sekali klik dan menghabiskan seluruh peluru yang ada atau kalo teman - teman pubg mobile bilang senjata bredet. Senjata dengan mode auto kebanyakan bisa kamu temui di senjata - senjata riffle (M416 , AKM) dan smg (vector, UMP). Tapi ada pengecualian khusus di beberapa senjata seperti MK14 atau sniper riffle yang memiliki mode auto.

Kenapa kita harus tahu kapan menggunakan mode auto? 

Mode auto bisa kita gunakan untuk pertarungan jarak pendek, medium, dan jauh. di pertarungan jarak pendek kita membutuhkan kecepatan dan kelincahan pergerakan, sehingga dengan mode auto ini kesempatan peluru untuk mengenai pemain sangat besar karena mode auto bisa menembakan senjata dengan dengan sekali klik.

Sedangkan untuk jarak medium dan jauh dengan mode auto kita bisa melakukan yang namanya spray, jadi apa itu spray? spray adalah menembak dengan mengontrol recoil (pantulan senjata saat kita menembak) dari jarak medium dan jauh dengan menggunakan mode auto.

Nah disinilah fungsi grip teman - teman, ketika kamu melakukan spray kamu harus mengontrol recoil, dengan tambahan attachment grip kamu bisa mengontrol spray kamu dengan lebih mudah.

2. Senjata Mode Burst

Mode burst adalah senjata yang mengeluarkan beberapa peluru (biasanya 3). Mode burst ada hanya untuk beberapa senjata seperti M16 untuk riffle dan UMP untuk smg. Mode burst sangat baik untuk melawan musuh di middle range atau jarak medium dan jauh karena lebih mudah mengontrol recoil namun lemah di pertarungan jarak pendek.

Sebenarnya mode ini juga sangat bagus untuk pertarungan pendek karena dengan satu tembakan kamu bisa mengeluarkan beberapa peluru tapi kamu harus melakukan klik yang berulang ulang atau taping yang sangat sulit untuk di lakukan bagi pemula.

Nah, dengan senjata yang memiliki mode burst seperti M16 ini kamu tidak membutuhkan banyak attachment khususnya grip sehingga kamu tidak perlu pusing - pusing untuk mencarinya.

3. Senjata Mode Single 

Mode senjata yang terakhir adalah mode single. Dari namanya pasti kamu bisa tahu apa itu mode single, mode single adalah dimana senjata mengeluarkan peluru dalam sekali tembak atau klik. Mode single dimiliki semua senjata dan sangat baik untuk jarak jauh karena sangat mudah untuk mengontrol recoil dengan mode single ini.

Kekurangan dari mode single adalah firing speed atau peluru yang keluar dari senjata yang kecil sehingga sangat tidak dianjurkan di pertarungan jarak dekat. Namun di pertarungan jarak jauh mode single sangat membantu untuk mengatur recoil sehingga sangat bagus untuk digunakan terutama untuk senjata yang memiliki recoil besar seperti AKM.


Nah setelah mengulik mengenai mode senjata selanjutnya adalah fungsi grip dan kegunaan sesuai dengan senjata yang dipakai, dengan melihat mode senjata maka grip ini akan sangat membantu di senjata - senjata dengan mode auto (biasanya senjata riffle dan smg).

Langsung kita bahas satu persatu : 

Half-Grip

Half-Grip
Half-Grip

Oke grip yang pertama adalah Half-Grip. Half-grip merupakan forgrip yang sangat sangat mudah didapatkan dan bisa dipasang di kebanyakan senjata di senjata riffle maupun smg. 

Spesifikasi half-grip : 
  • Mengurangi recoil 
  • Meningkatkan pantulan recoil 
  • Mengurangi stabilitas senjata sangat menembak 
jadi apasih pantulan recoil? nah sangat menembakkan senjata di pubg mobile kita akan merasakan sebuah pantulan nah itu yang disebut dengan pantulan recoil. 

Half grip cocok untuk senjata dengan mode burst seperti ump, vector. Grip ini adalah kebalikan dari light grip.

Berikut adalah contoh spray no scope yang dihasilkan oleh halfgrip :

Spray Half-Grip

Spray Half-Grip


Light Grip


Light grip merupakan grip yang unik, saya pribadi jarang menggunakan grip yang satu ini ketika bermain pubg mobile karena saya tipe pemain close range atau jarak dekat, grip ini bagus untuk senjata dengan tipe mode single atau DMR (Sniper Riffle). 

Spesifikasi Light - Grip : 
  • Menambah recoil baik vertical maupun horizontal
  • Mengurangi waktu recovery recoil.
Seperti yang sudah dibahas pada half-grip, light-grip adalah kebalikan dari half-grip, untuk itu sebaiknya light grip baik digunakan untuk jarak jauh sedangkan half-grip untuk jarak dekat.

Berikut adalah contoh spray dari light-grip : 

Spray Light-Grip
Spray Light-Grip

Thumb Grip

Thumb grip merupakan salah satu grip favorit yang sering saya pergunakan selain vertical foregrip dan angled. Disamping mengurangi sedikit vertical dan horizontal recoil, thumbgrip juga mempunyai spray jarak menengah dan jauh yang sedikit lebih mudah untuk di kontrol.

Spesifikasi thumbgrip :

  • Mengurangi recoil baik vertical dan horizontal recoil
  • Meningkatkan pemulihan pantulan recoil
  • Mempercepat animasi scoping (membuka scope)
Thumbgrip ini sangat cocok digunakan untuk mid-range dan jarak jauh, paling cocok digunakan untuk M416, SCAR-L, UMP atau senjata dengan mode senjata full auto (istilahnya adalah senjata bredet ya?).

Berikut adalah hasil dari spray thumgrip di mode training : 
Spray Thumbgrip
Spray Thumbgrip

Vertical Foregrip

Nah foregrip yang satu ini adalah foregrip yang sering saya pribadi pakai, kenapa? ada beberapa alasan kenapa saya sering memakai vertical foregrip daripada grip lainnya, pertama vertical foregrip sangat cocok untuk single shoot seperti sniper riffle dengan tipe DMR dan masih bisa digunakan untuk mode full auto. Saya biasa memakai vertical foregrip di senjata M416, SCAR-L, UMP, Vector, atau bisa dibilang senjata - senjata jarak menengah dan jauh.

Spesifikasi vertical foregrip : 
  • Mengurangi vertical recoil 
  • Scoping animasi berkurang sedikit 
Berikut adalah contoh dari spray vertical recoil : 
Spray Vertical Foregrip
Spray Vertical Foregrip

Angled Foregrip 

Selain thumbgrip dan vertical foregrip, ada satu lagi grip yang sering saya pakai, yaitu angled foregrip. 

Spesifikasi Angled Foregrip :
  • Mengurangi vertical recoil 
  • Mengurangi animasi pada waktu melakukan scoping 
Saya suka menggunakan angled foregrip untuk pertempuran jarak pendek karena membantu mempercepat animasi scoping dan sangat stabil di pertarungan jarak pendek.

Berikut adalah contoh spray pada angled foregrip 

Spray Angled foregrip
Spray Angled foregrip

Laser Sight


Grip ini adalah grip terbaru yang baru saja dirilis pada season 5 ini, yang sebelumnya sudah rilis di pubg versi steamnya. Banyak yang salah kaprah mengenai grip yang satu ini, kenapa? banyak sekali yang bilang laser sight ini mengurangi recoil, atau lebih memudahkan dalam mengontrol recoil baik secara horizontal maupun vertical. Tapi faktanya adalah laser grip ini tidak mengurangi recoil (baik vertical maupun horizontal) sedikitpun, coba kita lihat secara detailnya. 

Pada keterangan yang diberikan oleh laser grip adalah "Reduces Hip-fire atau menambah akurasi hip-fire", jadi apa itu hip-fire? saat kita menembak terutama di jarak yang sangat dekat atau berhadapan, kita sering tidak sempat melakukan scooping, nah akurasi tembakan kita saat tidak melakukan scooping sering sekali menyebar tanpa arah, fungsi dari laser sight ini adalah meluruskan atau merapatkan penyebaran peluru saat tembakan dilakukan tanpa scooping, atau istilahnya adalah menambah akurasinya. 

Jadi laser sight ini jika kita gunakan di jarak menengah dan jauh kurang efektif tapi jika kita berhadapan 1 vs 1 jelas sangat efektif.


Kesimpulan 

Penggunaan foregrip sangat penting untuk setiap senjata yang ada di pubg mobile. Namun, pemilihan foregrip yang tepat sangatlah sulit karena pemilihan foregrip sangat bergantung pada style bermain, gameplay, bahkan map yang digunakan. Untuk itu sering - seringlah bermain dengan foregrip yang berbeda agar mengetahui foregrip mana yang pas untuk kamu ya? 

Semoga artikel ini membantu. Silakan share pengalaman kamu di komen tentang penggunaan foregrip ya? 

Baca Juga : 7 Cara mengatasi lag pada saat bermain pubg mobile