Salah satu musuh terbesar seorang gamer adalah lagging. Saya akui, sangat tidak nyaman memainkan game pubg mobile dengan masalah lag.

Saya sering mengalami lag dan untuk itu saya ingin share pengalaman saya mengatasi lag ketika bermain game pubg mobile di artikel saya kali ini.

Nah pertama kita akan perhatikan minimum requirement untuk bermain game pubg mobile. Untuk pengguna iphone berikut list requirement nya :

  • Minimal Iphone 5S 
  • Minimal RAM 1 GB
  • Minimal IOS 9 
Sedangkan untuk pengguna device Android minimal requirement adalah sebagai berikut :
  • Minimal RAM 2GB
  • OS android 5 (Lolipop)
  • Minimal Phone Storage 32GB
Atau jika kamu menggunakan emulator saat bermain game pubg mobile hendaknya minimal requirement untuk PC atau Laptop kamu adalah : 
  • RAM 2GB
  • Minimal OS adalah Windows 7
Berikut kita bahas satu persatu tentang cara mengatasi lag saat bermain PUBG Mobile

1. Perhatikan Koneksi Internet 

Pubg Mobile merupakan game mobile yang membutuhkan koneksi internet karena pubg mobile mempunyai gameplay online. Nah saat bermain pubg mobile silahkan perhatikan koneksi internet yang terhubung di smartphone kamu. Pubg Mobile mempunyai fasilitas untuk mengecek koneksi internet yaitu ping dari server yang ada di bagian bawah kiri saat kamu bermain pubg mobile atau kanan atas saat kamu berada di lobby (menu utama sebelum masuk ke game).


Jika tanda ping atau koneksi tersebut hijau maka koneksi kamu aman untuk bermain game pubg mobile ini sedangkan jika tanda tersebut merah maka sebaiknya kamu mengganti koneksi sehingga kamu bisa dengan nyaman tanpa lag untuk bermain game. Biasanya ketika kamu berada di lobby kamu akan mendapatkan tanda ping berwarna kuning, kalau dari pengalaman ketika bermain game pubg mobile ping kuning ketika kamu masih berada di lobby masih aman untuk bermain game pubg mobile.

2. Pilih Server Dengan Latency (PING) yang paling baik 

Pubg Mobile memiliki beberapa server untuk dimainkan. Pemain bisa memilih server yang mereka inginkan. Server yang ada di pubg mobile adalah ASIA, EU (EROPA), SOUTH AMERICA, NORTH AMERICA, KJR (Korea Japan China).

Nah seperti pada point pertama pilihlah server yang memiliki ping paling kecil atau berwarna hijau di tanda nya karena hal ini bisa mempengaruhi koneksi di sepanjang game. Untuk para pemain di indonesia biasanya bermain di server asia atau KJR untuk mendapatkan ping yang paling kecil.


3. Setingan Grafik yang tepat

Setingan grafik juga merupakan faktor penting untuk bermain game pubg mobile ini. Untuk bisa mendapatkan FPS (Frame Per Second) yang maksimal kita harus melakukan setting sesuai dengan device yang kamu miliki.

Para gamer biasanya sangat gemar bermain dengan minimal fps adalah 60, yang berarti gerakan dari karakter game akan bersamaan dengan ketika kita menjalankan karakter tanpa delay. Nah setingan ini sangat berbeda di setiap device jadi kamu harus melakukan percobaan untuk mendapatkan setingan yang sesuai. 

Berikut adalah contoh mendapatkan 60 fps (Saya menggunakan emulator):
Setingan Emulator Pubg Mobile
Setingan Emulator Pubg Mobile
Kamu bisa sesuaikan dengan device yang kamu pakai, saran saya adalah melakukan setting dengan melakukan training sehingga kamu mendapatkan grafik yang paling nyaman.

 4. Perhatikan Aplikasi di Background dan sebisa mungkin tutup aplikasi tersebut

Sebagai pengguna smartphone, kita sering membuka aplikasi tanpa menutupnya kembali dengan tidak sadar. OS di smartphone sangatlah canggih untuk melakukan hal tersebut, namun beberapa kekurangan adalah kinerja smartphone menjadi tidak maksimal karena pemaikaian RAM terbagi sehingga jika digunakan untuk bermain game hal tersebut dapat menyebabkan lag yang sangat mengganggu.

Sebelum bermain game pubg mobile pastikan kamu menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan sehingga tidak mengganggu kinerja smartphone ketika bermain game.

5. Bersihkan Cache dan junk file di HP Kamu

Nah hal penting lainnya adalah cache dan junk file atau file sampah. Cache adalah memori sementara yang digunakan untuk menyimpan data guna digunakan lagi sehingga menjadi lebih cepat ketika melakukan kerja (sebagai contoh ketika membuka aplikasi). 

Sebenarnya cache ini sangat membantu untuk mempercepat kinerja saat membuka sebuah aplikasi, namun saat bermain game terkadang membuat lag yang sangat mengganggu karena memori cache ini terbatas. 

Bersihkan cache saat ingin bermain agar ketika kamu bermain game pubg mobile kamu meminimalkan memori yang terpakai.

6. Pakai aplikasi game booster 

Teknologi yang berkembang sangat membantu kita dalam melakukan segala hal, termasuk bermain game. Jika kamu tidak ingin repot - repot untuk membersihkan cache ataupun menutup aplikasi sebelum bermain game kamu bisa menginstall beberapa aplikasi seperti game booster sehingga dengan sekali klik aplikasi ini bisa melakukan optimasi sehingga kamu bisa bermain game dengan nyaman.

Game booster ini mempunyao cara kerja dengan membersihkan file - file sampah dan memori cache secara otomatis dan memaksimalkan kinerja smartphone kamu untuk bermain game pubg mobile.

Beberapa contoh aplikasi game booster yang bisa kamu pakai adalah : 
  • Systweak Android Cleaner
  • Dr. Booster
  • Swift Gamer
  • Game Booster Perfom-max
  • Game Booster 3
  • DU Speed Booster 

7. Jangan bermain Pubg Mobile Saat Hp di charge

Untuk poin terakhir adalah bermain game dengan hp di charge. Ini yang sering disepelekan oleh kebanyakan orang dan sering diabaikan. Pasalnya kebanyakan dari kita bermain game bersamaan dengan kita charge hp kita.

HP tidak di desain bekerja bersamaan dengan proses pengisian baterai, disamping rata - rata baterai memiliki daya tampung yang kecil, hal ini juga tidak dianjurkan oleh kebanyakan produsen smartphone yang ada.

Jadi, ketika baterai habis jangan bermain game pubg mobile dulu ya? 

Nah demikian adalah 7 cara mengatasi lag saat bermain game pubg mobile, kamu sudah melakukan cara yang keberapa? Bagaimana pengalaman kamu mengenai mengatasi lag saat bermain game pubg mobile? kamu bisa share pengalaman kamu di kolom komentar ya? 

Semoga artikel ini membantu ya.

Baca Juga : Cara Install Game Garena Free Fire di Tencent Game Buddy