Ads

PC Gaming : Ketahui hal penting berikut sebelum merakit PC untuk game

PC Gaming Rakitan
Sumber : Unsplash

Untuk bermain game di PC atau komputer kita membutuhkan PC Gaming yang mendukung, paling tidak spesifikasi yang bisa digunakan untuk kerja yang sedikit lebih berat. Jika kamu berencana membuat sebuah PC gaming atau merakit sendiri PC kamu untuk bermain game kamu harus mengetahui hal tentang PC dan komputer sehingga nantinya kamu tidak salah pilih dan menghabiskan budget kamu dengan membeli rakitan yang salah.

Nah ada beberapa faktor yang penting untuk membuat PC rakitan sendiri, yang pertama adalah tentu saja budget kamu. Sesuaikan rakitan PC kamu dengan budget yang kamu miliki karena akan selalu ada yang lebih mahal, tidak seperti saat kita bermain game mobile karena device yang kita butuhkan adalah smartphone. Kita akan coba membedah lebih jauh.

1. Budget yang kamu punya untuk merakit PC Gaming

Hal pertama ini adalah hal penting pertama yang harus diperhatikan, karena budget yang menentukan hasil dari PC rakitan ini.

Kamu bisa menentukan budget mulai dari 5 jutaan sampai tak terhingga ya? hehehe. 

Kita akan mulai dari budget 5 jutaan di artikel ini. Artikel ini juga hanya akan membahas tentang spesifikasi dan cara kerja PC gaming dan tidak berafiliasi dengan merk dan brand manapun. Brand dan merk hanya sekedar pembanding, kalian bisa menentukan sendiri brand dan merk yang ingin kalian pilih.

2. Central Processing Unit yang tepat 

Ketika kamu sudah menentukan budget maka kamu akan sangat mudah memilah dan memilih bagian dan hardware yang akan digunakan sebagai PC gaming kamu.

Kita bisa mulai dengan processor, jadi processor bisa dianggap sebagai otak dari komputer. Processor adalah perangkat yang memproses dan mengeksekusi semua kegiatan yang ada di komputer.

Dengan kata lain kamu memilih processor pertama adalah dengan memperhatikan kecepatan memproses dan mengeksekusi jalannya program, biasanya satuan yang digunakan untuk itu adalah GHZ atau Gigahertz.

Selain itu perkembangan jaman dan teknologi juga telah menciptakan teknologi baru, processor sekarang memiliki inti atau core yang mencapai lebih dari dua, logikanya lebih banyak core yang memproses dan mengeksekusi program akan lebih baik.

Untuk lebih jelasnya kita jabarkan sebagai berikut :

  • Core : Kebanyakan industri teknologi sudah menyediakan multi-core sehingga ada lebih dari satu processcor yang memproses dan mengeksekusi program.
  • Kecepatan processor (GHz) : untuk beberapa kasus lebih cepat lebih baik.
  • L1 Cache dan L2 Cache : Bagian hardware yang digunakan oleh processor untuk mempersingkat waktu dan daya untuk mengakses data dari RAM.
  • Slot : Kita harus memperhatikan slot dari processor apakah mendukung PCI-E atau Teknologi sebelumnya, namun kita tidak perlu khawatir karena sekarang kebayakan processor mendukung PCI-E.
Beberapa contoh vendor processor yang terkenal adalah Intel dan AMD. Kedua produsen ini bersaing dengan ketat dan selalu berada di jejeran teratas produsen processor.

Salah satu contoh produk intel dan amd untuk gaming adalah intel i5 dan amd ryzen.

Untuk budget 5 jutaan saya pribadi akan memilih amd ryzen.

3. Main Board atau Motherboard

Setelah memilih processor selanjutnya adalah mainboard atau motherboard. Pemilihan motherboard ini juga sangatlah penting, karena motherboard adalah bagian yang penting yang menjadi tempat untuk processor itu sendiri. Tugas dari motherboard secara mudahnya adalah sebagai penghubung dan tempat untuk meletakkan komponen- komponen penting lain seperti processor, ram, graphics card, dll, dengan kata lain motherboard adalah penghubung input dan output proses komputasi.

Nah bagaimana cara memilih motherboard yang baik? 

Kita akan coba menjabarkan satu persatu : 
  • Slot dukungan untuk RAM apakah mendukung untuk DDR4 dan jika di upgrade mampu memproses sampai berapa RAM.
  • USB Port : Sebenarnya menurut saya tidak begitu penting namun untuk beberapa alasan menjadi penting karena port usb yang mendukung usb 3.0 dapat memproses dengan lebih cepat.
  • Wi-Fi Connections : beberapa motherboard sekarang sudah mendukung part Wi-Fi yang langsung bisa terkoneksi internet.
Nah beberapa produsen motherboard yang terkenal adalah MSI, GIGABYTE, dan ASUS dengan brand ROG nya. 

4. RAM (Random Access Memory)

Komponen penting selanjutnya adalah RAM (Random Access Memory). RAM atau Random Access Memory adalah hardware atau perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang sedang digunakan oleh komputer.

Banyak sekali produsen RAM untuk gaming salah satunya kamu bisa pilih produk dari HyperX.

RAM yang bagus untuk game mencakup hal - hal berikut :

  • Cocok dan support dengan motherboard (apakah slot dari motherboard DDR4 atau DDR3), untuk motherboard terbaru kemungkinan akan support dengan DDR4.
  • Design : untuk beberapa RAM gaming di desain untuk tahan panas.
  • Kapasitas memori : Kapasitas dari memori ram, sesuaikan dengan hardware lain agar maksimal dalam penggunaannya.

5. Graphic Cards

Nah salah satu komponen peting lainnya adalah Graphics Cards. Kenapa komponen ini penting ? 

Graphics cards berfungsi untuk proses render grafik yang ada di komputer sehingga sangat berguna untuk membantu kinerja komputer secara kesuluruhan. Graphics cards sendiri memiliki processor sendiri atau yang dikenal sebagai GPU (Graphics Processor Unit), juga memiliki memori sendiri untuk proses rendering grafik di komputer.

Pada dasarnya graphics cards adalah hardware penghubung yang menghasilkan grafik yang kita lihat pada akhirnya. Jadi jika kmau ingin membuat pc gaming pemilihan graphics cards ini sangatlah penting.

Untuk produsen Graphics cards yang terkenal di industri game adalah NVIDIA , dan AMD.

Hal penting yang harus diperhatikan dari graphics cards adalah 
  • Slot : Kamu harus menyesuaikan dengan slot motherboard yang kamu punya apakah PCI, PCI Express atau AGP.
  • Pendingin : Kinerja game sangatlah berat maka diperlukan serkulasi yang bagus untuk mendinginkan graphics cards.
  • Memori graphics cards : Untuk proses rendering graphics cards membutuhkan memori untuk menyimpan program dan mengeksekusinya, logikanya adalah leboh besar lebih baik.
Kamu bisa cek benchmark graphic cards di website ini.

6. Power Supply

Setelah itu sekarang adalah memilih power supply, Power Supply merupakan hardware atau perangkat keras yang bertugas untuk mensupply atau menyediakan aliran listrik ke komputer. Dengan kata lain perangkat ini menjadi sumber listrik dan sangat penting apakah aliran listrik yang digunakan sudah optimal atau belum (tidak boleh kurang atau berlebih).

Untuk menghitung asupan listrik kamu bisa menggunakan aplikasi web untuk menghitung listrik seperti di website coolermaster ini.



Intinya adalah sediakan power supply sesuai dengan perangkat yang kamu inginkan dan pilih PSU atau Power Supply di sekitar watt tersebut.

7. Case

Nah komponen terakhir yang sepertinya sederhana namun tidak kalah penting adalah case. Case merupakan tempat untuk menyimpan semua hardware dari komputer.

Namun belakangan ini banyak sekali bermunculan case yang ada untuk industri gaming yang dilengkapi dengan cooling, dan desain khusus agar beban berat game bisa dikurangi.

Menurut saya pribadi case tidak begitu penting tapi jika kamu punya budget lebih silakan anggarkan untuk membeli case yang di desain untuk game, karena mereka membuat case dengan tujuan memaksimalkan kinerja komputer untuk melakukan kerja berat.

Simpulan 

PC gaming merupakan suatu kebutuhan yang sangat pokok untuk orang yang gemar bermain game di komputer. Dengan menyesuaikan budget dan kegunaan dalam membangun sebuah PC rakitan kamu bisa mengoptimalkan hasil.

Semoga artikel ini membantu dan silakan share jika kamu punya rekomendasi PC kamu, di kolom komentar agar kita bisa saling berbagi ilmu dan informasi baru. 

Terimakasih.

0 Response to "PC Gaming : Ketahui hal penting berikut sebelum merakit PC untuk game"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel