Ads

[eSports Indonesia] Perkembangan esports di indonesia

eSports Indonesia mulai berkembang maju dengan sangat pesat, beberapa tim dari dunia game telah berhasil mencatatkan sejarah baru dengan memenangkan kompetisi game atau dikenal sebagai esports ini.

Nah, ingin tahu sejarah esports di indonesia? kita akan mencoba membedah dan flash back ke belakang mengenai gelaran, sejarah dan perkembangan esports di indonesia.

Sebelum itu kita akan bahas dulu esports secara keseluruhan.

Infographic esports indonesia
Infographic esports indonesia

Esports 

esports adalah singkatan dari elektronik sports, yang merupakan kompetisi bermain video game secara profesional. Jenis paling umum yang diperlombakan dalam esports adalah game RTS (Real Time Strategy), FPS (First Person Shooter), MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). 

Sebagai contoh adalah CS:GO (Counter Strike Global Offensive), DOTA 2, LoL (League of Legends), dll. Menurut MLG atau Major League Gaming ada sekitar 85% laki- laki dan 15% perempuan diantara umur 18 - 34 tahun menyaksikan esports.

Sejarah eSports 

Jika dilihat dari sejarah esports mulai muncul di sekitar tahun 2000an dengan banyaknya kompetisi game international yang digelar di banyak negara.

Namun sebenarnya kompetisi game pertama kali digelar menurut wikipedia adalah pada tahun 1972 di Stanford University, dengan game yang dikompetisikan adalah Space War.

Selanjutnya pada tahun 1990 game online mulai berkembang dan terus bertambah orang yang berminat memainkannya.

Sampai sekarang masih sering terjadi perdebatan pro dan kontra tentang esports yang akan dimasukan ke bidang olahraga. Negara - negara seperti korea selatan telah membuka kesempatan kepada muda - mudi yang ingin menjadi gamer profesional, dengan membuka beberapa sekolah untuk para gamer.

Sejarah Esports Indonesia

Di tahun 200an game online sudah mulai masuk ke indonesia dengan beberapa game seperti Counter Strike, warcraft, dota, dll. Kemudian mulai digelar turnamen kecil yang berawal dari antar warnet dan game caffee kecil. Kemudian beberapa tim esports indonesia dibentuk.

Pada tahun 2006 tim esports indonesia yang berawal dari CS (Counter Strike) di bentuk yaitu NXL (Next Level) yang kemudian menyebar dan mengembangkan sayap di game - game online lainnya. Kemudian pada tahun 2013 tim RRQ (Rex Regum Qeon) yang berawal dari DOTA 2 dibentuk, RRQ juga dikenal mempunyai player berbakat di game lain seperti PB (Point Blank), ML (Mobile Legend). Kemudian mulai bermunculan tim - tim esports lain di Indonesia seperti BoomID, EVOS, dll.

Saat ini indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat di bidang olahraga elektronik ini, karena peminat yang sangatlah banyak.

Namun sebenarnya indonesia sudah mulai menunjukan eksistensi di dunia esports di awal tahun 2000 an.

List game untuk kompetesi eSports 

Banyak game yang diperlombakan di ajang esports baik di level lokal maupun internasional, indonesia namanya pernah di dengar di kejuaraan CS:GO level international saat memasuki babak final menghadapi jerman, namun harus mengakui kekalahan di babak final tersebut.

Untuk game PB (Point Blank), salah satu tim indonesia RRQ juga berhasil menyabet banyak sekali kejuaran asia yang digelar. 

Nah ingin tahu game apa saja yang menjadi ajang perlombaan untuk esports? berikut daftar nya 

  • Dota 2 
  • Counter-Strike Global Offensive
  • LoL (Leauge of Legends)
  • Hearthstone
  • Starcraft II
  • Clash Royale
  • Pro Evolution Soccer
  • Arena of Valor 
  • Mobile Legends 
  • Point Blank 
Esports sendiri sudah dijadikan demonstrasi pada ajang asian games 2018 dan akan di adakan secara resmi kemungkinan di asian games 2022 yang akan diadakan di China.

Semoga perkembangan esports akan semakin menarik dan berdampak positif kepada anak - anak muda indonesia.

Jadi game apa yang sering kamu mainkan? 

Share pengalaman kamu ya? 

Semoga artikel ini membantu.

0 Response to "[eSports Indonesia] Perkembangan esports di indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel