Mengatur waktu memanglah hal yang sangat sulit, kita harus akui itu. Waktu berjalan secara pasti sehari, orang normal menghabiskan waktu sekitar 6-8 jam untuk tidur, masih tersisa kira - kira 16 jam yang harus benar - benar kita manfaatkan untuk hal yang berguna, seperti bekerja, kuliah, ataupun kegiatan lainnya seperti bermain game.

Jika kalian punya hobi untuk bermain game, artikel ini sangat cocok untuk bisa kamu baca agar kamu tidak terlalu menghabiskan waktu bermain game.

Harus diakui, bermain game memanglah menyenangkan, namun kamu harus sadar bahwa, selain game kamu punya kewajiban yang harus kamu jalankan, seperti bekerja, kuliah, maupun kegiatan yang lainnya, kecuali kamu adalah seorang gamer profesional yang menjadikan game sebagai mata pencaharian, jangan korbankan masa depanmu hanya untuk bermain game.

Saya tida bilang bahwa bermain game itu negatif, karena saya juga pecinta game, saya sangat banyak bermain game, dan juga pernah terjurumus ke lingkaran setan yang mematikan. Saya ingin sharing tentang bagaimana saya membagi waktu antara pekerjaan, kehidupan pribadi dan hobi saya untuk bermain game.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu harus bisa membagi dan mengatur waktumu antara bermain game dan pekerjaanmu. Baiklah kita akan bahas satu persatu bagaimana cara mengatur waktu untuk bisa bermain game dengan tenang.

1. Cara Mengatur Waktu dengan Prioritas!

Sumber : Unsplash.com

Mungkin kamu sering mendengar kata prioritas? saking seringnya mendengar kata prioritas, kamu menjadi kebal dan menganggap itu sebagai angin lalu yang tidak berguna. Kenapa tidak berguna? biasanya orang menganggap kata ini tidak berguna karena mereka tidak mengetahui langkah riil untuk melakukan pekerjaan dengan skala prioritas.

Prioritas adalah suatu kondisi yang penting berkaitan dengan pekerjaan, kegiatan dan bisa juga barang.

Fungsi dari prioritas disini bisa dijabarkan dengan sebagai berikut :

  • Prioritas Utama (urgent dan mendesak) : Sebelum kamu bermain game ingat apakah dulu pekerjaan, tugas kuliah atau hal - hal yang berhubungan dengan visi dan misi mu ke depan sudah selesai? jika belum lihat apakah deadline, atau tenggat waktu pengerjaan masih panjang, jika tidak segera selesaikan dan tunda dulu bermain gamenya.
  • Prioritas Tinggi : Tentu kamu punya kegiatan sehari - hari seperti bekerja atau kuliah? nah fokus pada kegiatan utama kamu.
  • Prioritas Sedang : Prioritas sedang adalah ketika kamu punya pekerjaan yang jika tidak kamu kerjakan tidak akan merugikan kerjaan ataupun perkuliahan dan visi misi mu kedepan.
  • Prioritas Kecil : Di tingkatan ini kamu sudah tidak mempunyai pekerjaan yang tertunda, dan kamu mempunyai waktu yang benar - benar bisa kamu gunakan untuk bermain game. Silakan bermain game.
Nah, dengan skala prioritas kita tahu hal - hal dan kegiatan yang sangat mendesak, sehingga kita bisa membuat langkah berikutnya yaitu dengan memberikan waktu pada setiap kegiatan, termasuk game!

2. Beri waktu yang jelas saat bermain game 

Sumber : Unsplash.com

Sebagai seorang yang hobi bermain game kamu pasti sangat familiar dengan kata berikut "Ah, bentar dong se game lagi deh tanggung" ketika game telah selesai kamu bilang lagi "iya kalo ini serius satu game lagi" dan tidak terasa akhirnya 10 game berjalan.

Pasti sering kan mengalami seperti itu? 

Nah ada baiknya kamu membatasi waktu bermain game kamu, kecuali kamu adalah seorang pro-gamer, yang bisa dibilang akan bermain hingga 8 jam bahkan lebih sehari. Sekarang industri game sudah sangat kompetitif dan banyak orang yang ingin menjadi gamer.

Seperti apa membatasi waktu dalam bermain game? 

Biasanya saya melakukan cara seperti bermain hanya satu game pubg mobile (sekitar 30 menit) ketika game sudah selesai saya langsung close aplikasi, bersihkan cache dan langsung melakukan hal lain, seperti menulis artikel ini.

Saya yakin setiap orang memiliki cara sendiri agar bisa membatasi waktu nya dalam bermain game, pilih yang cocok dan efektif untuk kamu.

3. Buat peraturan dan berlakukan sistem hukuman dan hadiah

Sumber : Unsplash

Kita memang sangat terbiasa untuk melanggar sebuah peraturan terutama, peraturan yang dibuat oleh diri kita sendiri. Menurut psychology today, melanggar hukum merupakan sebuah sikap yang alami namun bukan berarti kondisi ini tidak bisa dicegah, salah satu caranya adalah dengan hukuman dan hadiah (punishment dan rewards).

Apa itu punishment dan rewards

Kamu ingin melakukan sesuatu yang baru atau ingin mengubah kebiasaan buruk sebagai contoh terlalu banyak bermain game dan kamu ingin mengurangi bermain game dengan melakukan hal lain katakanlah membaca buku. Ketika sudah mengganti prioritas dan menetapkan jumlah waktu yang di setiap kegiatan ketika kamu melanggar pereaturan tersebut kamu menghukum diri kamu sendiri (saya menghukum diri sendiri dengan cara menyelasaikan tambahan 1 artikel dan harus selesai saat itu juga).

Sebaliknya adalah ketika kamu menepati peraturan selama satu minggu kamu beri rewads terhadap diri sendiri (misal eskrim untuk dirimu sendiri, atau tambahan waktu bermain game di akhir pekan).

Kira - kira seperti itu sistem rewards dan punishment, kamu bisa sesuaikan sendiri dengan keadaan yang paling cocok dengan kegiatan sehari - hari.

Simpulan 

Sebenarnya hal diatas adalah kombinasi yang sangat efektif untuk membentuk sebuah kebiasaan bukan hanya untuk para gamer atau orang yang hobi nge-game. Bisa kamu terapkan juga pada orang yang hobi nonton kordramas (drama korea), dan hobi - hobi lainnya.

Penerapan cara diatas memanglah sangat sulit, tapi saya yakin jika kamu bisa melakukannya dan satu lagi, jangan pernah menganggap orang bermain game itu salah, karena game merupakan salah satu sarana hiburan untuk sebagian orang.

Bagaimana kamu siap mencoba cara ini? Share pengalaman kamu di kolom komentar ya? 

Semoga membantu, Terimakasih.