Source : Unsplash

Bermain sebuah game atau permainan memang sangatlah menyenangkan, apalagi memainkan game terbaik yang sedang trending. Game juga merupakan salah satu industri yang sangat cepat perkembangannya.

Jika kita flashback ke 5 sampai 10 tahun yang lalu industri game mobile sendiri masih sangat terbatas baik secara kualitas grafik, animasi, gameplay, dan jumlah pemain. Sekarang semuanya sudah berkembang menjadi lebih baik sehingga sangat memuaskan para pecinta game khususnya game mobile untuk handphone.

Di jaman sekarang ini, kita bahkan bisa memainkan game secara bersamaan atau para gamer biasa menyebut dengan katai "party", dengan kata lain kita bisa bermain tim dengan teman kita sendiri yang bisa menambah keasikan dalam bermain game tersebut.

Pada tahun 2016 penelitian yang dilakukan oleh statista, ada sebanyak 71 persen pengguna intenet di Asia pasific yang bermain game di hp mereka, diikuti oleh amerika latin, asia.

Cukup banyak bukan para mobile gamer? 

Kita akan membahas beberapa list dan daftar game terbaik untuk Android dan Iphone yang bisa kamu mainkan bersama teman - teman kamu.

1. Mobile Legends : Bang Bang

Sumber : ggengine.com

Mobile legends merupakan game mobile online bertipe moba atau multiplayer online battle arena yang terinspirasi dari game PC seperti DoTA dan LOL. Mobile legends di buat dan diluncurkan oleh moonton selaku developer game.

Game ini sangatlah populer dan masih menempati deretan teratas game gratis di apple appstore dan android play store.

Gameplay Mobile Legends : Bang Bang 

Permainan ini dimainkan oleh 10 player dengan setiap tim terdiri dari 5 player, dengan tujuan untuk menghancurkan base lawan. Dibagi menjadi 3 atau tiga lane permainan yaitu tengah (middle), atas (top), dan bawah (bottom), di setiap lane terdapat 3 turret, yaitu turret level 1, level 2 dan level 3. Setiap player mobile legends harus mempertahankan lane masing - masing sesuai role hero (karakter) yang mereka pilih.

Selain lane terdapat monster (minion khusus yang terdapat di luar lane) yang berguna sebagai sarana leveling (menaikan level player) dengan cepat, minion ini dikenal dengan minion hutan oleh para player. Di setiap tim terdapat 2 minion hutan yang special yang sering digunakan untuk menambah skill passive (buff) yang mempunyai efek untuk mengurangi cooldown skill dan lain - lain.

Setiap hero memiliki level maximal 15 dan umumnya memiliki 3 skill aktif yang digunakan untuk menyerang lawan sesuai dengan keunikan hero tersebut. Kemenangan dari game mobile legends : bang bang ini adalah ketika base lawan dihancurkan. Rata - rata jalannya permainan adalah 3 - 20 menit tergantung dari seberapa lama setiap tim mampu mempertahankan base masing masing.

Game ini tersedia di hp dengan os android dan iphone, kamu bisa langsung download dari apple appstore dan android playstore. Memori internal yang dibutuhkan untuk mendownload game ini adalah sekitar 300MB.

2. PUBG (Player Unknown Battleground) Mobile Version 


PUBG atau Player Unknown Battleground adalah game pc yang bergenre "battle royale", yaitu game dimana setiap player mencoba bertahan di satu daerah atau sebuah map. Game pubg pertama kali rilis adalah di versi pc dan di develop oleh salah satu developer game dari korea bernama blue hole yang kemudian bekerja sama dengan tencent game untuk membuat pubg versi mobile.

Game pubg mobile juga merupakan 4 besar game top grossing di android playstore setelah mobile legends : bang bang dan garena freefire dengan jumlah aplikasi terdownload sebesar 50 juta.

Gameplay PUBG Mobile 

Pubg mobile memiliki beberapa server untuk dimainkan dan beberapa mode seperti classic dan arcade. Untuk mode umum atau yang sering dimainkan yaitu classic ada dua tipe yaitu FPP (First Person Perspective) dan TPP (Third Person Perspective) sedangkan untuk mode arcade sementara ini hanya tersedia untuk TPP.

Sedangkan player bisa bermain di tiga pilihan map yaitu Erangle (inspirasi tempat eropa timur), Miramar (gurun pasir atau asia tengah), dan Sanhok (inspirasi tempat dari asia tenggara).

Terdapat 100 player yang umumnya dibagi menjadi player dan bot (player yang diprogram komputer) yang didaratkan dengan pesawat dan berebutan senjata di suatu tempat kemudian bertahan sampai dengan zona terakhir. Pemain yang berhasil bertahan sampai zona terakhir dinyatakan menang.

3. Garena Free Fire 

Free Fire adalah game yang diproduksi oleh salah satu perusahaan pengembang game yang cukup besar yaitu garena. Free fire mengadopsi genre battle royale yang sedang ngetrend saat ini. Game ini memiliki kesamaan baik dalam gameplay dan cara bermain dengan pubg mobile. Beberapa perbedaan hanya pada animasi grafik dan gameplay di garena Free Fire tidak ada bot (player yang diprogram) atau dengan kata lain Free Fire adalah murni player online.

Free Fire memiliki animasi yang bagus, namun dibandingkan dengan pubg mobile free fire kurang realistis. Secara realistis pubg lebih realistis dibandingkan dengan Free Fire. Namun animasi dan grafik dari Free Fire sangatlah smooth dan enak untuk dimainkan juga.

Dengan area permainan yang sama dengan pubg mobile orang yang berhasil bertahan sampai dengan zona terakhir akan menjadi pemenang.


Nah, itu adalah daftar dari game mobile terbaik yang layak kamu coba bersama dengan teman pada tahun ini yaitu tahun 2018. Selain banyak orang yang memainkan game tersebut, khususnya di indonesia, game tersebut juga memang dibuat dengan tujuan untuk bermain bersama dengan tim. 

Apa rekomendasi game dari kamu? Boleh komen di kolom komentar ya?