Sumber : pexels.com

Ketika kamu mendengar tentang machine learning atau AI (Artifial Intellegence), apasih yang ada dipikiran kamu?

Apakah kamu berpikir tentang robot canggih yang menyelematkan dunia atau membantai umat manusia dengan kepintaran robot tersebut? seperti di cerita film dan drama belakangan ini?

Well, sebenarnya cerita itu digolongkan juga sebagai machine learning dan Artifial Intellegence tapi karena media dan industri perfilman yang juga semakin maju, mereka ingin meraup keuntungan dengan mengangkat cerita yang mungkin sedikit dibesar - besarkan.

Pengertian Machine Learning dan Artifial Intellegence



Kata machine learning sendiri diperkenalkan oleh seorang engineer IBM bernama Arthur Samuel pada tahun 1959.

Machine learning adalah metode dari sebuah analisa data yang digunakan dengan tujuan agar sebuah mesin, aplikasi, dll bekerja lebih baik dengan data yang di dapat.

Tujuan dari machine learning adalah "automation learning" atau mempelajari input atau masukan dengan tujuan melakukan pekerjaan yang lebih baik.

Sebagai contoh mudah adalah sebuah aplikasi ramalan cuaca. Machine learning bisa diterapkan dengan aplikasi ramalan cuaca yang menggabungkan berbagai data menjadi satu yang selanjutnya diolah dengan algoritma machine learning untuk kemudian menghasilkan ramalan cuaca yang paling tepat.

Contoh lain adalah jika kamu adalah pendengar musik atau pecinta film kamu pasti tidak asing dengan spotify dan netflix. Apakah kamu menyadari? Saat kamu menggunakan aplikasi spotify untuk mendengarkan lagu - lagu galau dan aplikasi tersebut merekomendasikan banyak lagu galau lainnya? Nah, spotify dan netflix telah mengkonfirmasi mereka menggunakan algoritma AI dan machine learning untuk membuat rekomendasi lagu dan film berdasarkan aktifitas pengguna mereka.

Nah, dari contoh diatas apakah kamu masih hanya berpikir jika machine learning hanya berhubungan dengan robot canggih yang mengalahkan manusia saja? yah, kemungkinan hal tersebut bisa terjadi adalah sangat kecil.


Mitos vs Fakta Machine Learning dan AI 

  • Robot yang di bangun dengan algoritma AI dan Machine learning mampu berpikir layaknya manusia (mitos), karena pikiran manusia kompleks sehingga masih sangat jauh robot bisa berpikir layaknya manusia. 
  • Mobil tanpa sopir? (Fakta), google tengah mengembangkan mobil pintar tanpa sopir dan sudah beroperasi di kantor pusat google yaitu silicon valley.
  • Machine learning dan AI selalu berhubungan dengan robot (Mitos), faktanya penerapan AI dan Machine learning telah banyak berkembangan di dunia kesehatan, ekonomi dan banyak sektor lain. 
  • Machine Learning dan AI merupakan materi kompleks yang hanya bisa dipelajari orang jenius (Mitos), banyak orang yang terjun ke dunia ini bahkan tanpa pendidikan formal dan penerapan AI bisa diterapkan di hal - hal kecil disekitar kita.
  • Di film dan drama yang ada sering menceritakan bahwa tidak ada batasan di machine learning dan AI (Mitos), faktanya banyak sekali aplikasi AI dan machine learning gagal karena kurangnya support data yang dipakai sebagai masukan atau input.

Masih banyak contoh mitos dan fakta mengenai machine learning dan artifial intellegence yang bisa di gali di dalam kehidupan sehari - hari kita yang bahkan tanpa kita sadari menggunakan teknologi machine learning.

Sebenarnya machine learning dan AI diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah sebuah pekerjaan dengan membuat sistem yang otomatis dapat "belajar" melakukan pekerjaan tertentu, otomatisasi ini membutuhkan banyak algoritma yang rumit.

Sedangkan untuk kemungkinan robot yang menguasai dunia yang berdasarkan dengan teknologi AI masih sangat - sangat minim untuk dibuat. Jadi jangan khawatir dengan perkembangan teknologi yang maju karena teknologi diciptakan untuk membantu peradaban manusia ya?