Ads

7 Aplikasi Video Call Terbaik 2018 (Hemat kuota)



sekitar 8 tahun yang lalu sangat sulit untuk melakukan video call karena aplikasi video call masih sangat terbatas dan bahkan belum berbentuk mobile.

Saya masih ingat melakukan video call dengan webcam, atau kamera yang ada di laptop menggunakan google hangout dan kualitas videonya masih sangat terbatas karena resolusi video bawaan laptop belum bisa diandalkan.

Tapi sekarang, kamu bisa melakukan video call dengan handphone kamu tanpa harus khawatir dengan resolusi atau kualitas gambar yang jelek. Kamu juga tidak perlu khawatir kuota yang terkuras karena aplikasi video call sekarang sangatlah hemat kuota.

Oke, langsung kita bahas.

Aplikasi Video Call Terbaik 2018 

1. Google Duo 

Tamplian website google Duo


Google adalah perusahaan teknologi raksasa yang sangat inovatif dan sangat cepat mengikuti perkembangan. Google merilis sebuah aplikasi mobile yang digunakan khusus untuk melakukan video call dan video chatting pada 16 Agustus 2016, aplikasi tersebut diberinama google duo.

Nah apa itu google duo?

Google duo adalah aplikasi mobile khusus untuk melakukan video call atau video chat. Dengan google duo kamu bisa menggunakan handphone kamu untuk melakukan panggilan video dengan mudah.

Google duo juga sangat mudah untuk digunakan, disamping aplikasi yang sangat kecil dan tidak memakan banyak memori google duo juga tidak memerlukan banyak koneksi internet, jadi sangat pas untuk digunakan di indonesia.

Google mengklaim bahwa google duo bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dengan resolusi 720p (HD), dan menggunakan low-bandwith dengan menggunakan teknologi webRTC.

Untuk aplikasi google duo hanya tersedia versi mobile dan tidak tersedia dalam versi dekstop atau komputer ya?

2. Whatsapp

Tampilan website situs whatsapp


Jika ada raksasa teknologi yang bisa bersaing dengan google dialah facebook. Facebook adalah pemilik aplikasi whatsapp. Whatsapp sendiri adalah aplikasi mobile, dekstop, web yang digunakan untuk chat, voice call (panggilan suara), dan video call (panggilan video).

Saya berani bertaruh, pasti sebagian besar dari kamu punya aplikasi whatsapp terinstall di hp kamu kan? 

Kenapa whatsapp sangat digemari? 

Whatsapp bisa dibilang merupakan perintis aplikasi chatting, berhasil mengalahkan BBM (blackberry messenger) yang pernah jaya di jaman nya dan bisa exist sampai sekarang. Whatsapp sangat digemari karena whatsapp sangat mudah digunakan dan sangat tampilannya sangat simpel dengan fasilitas yang mencakup semua kebutuhan.

Whatsapp memiliki video call (panggilan video), chatting atau messaging baik personal ataupun grup, dan juga voice call atau panggilan suara.

Tidak hanya di versi mobile atau handphone, whatsapp memiliki versi dekstop dan versi website. 

Untuk kualitas video call, secara pribadi saya lebih suka dengan google duo dibandingkan dengan whatsapp karena untuk koneksi di indonesia, video call whatsapp masih kurang mumpuni atau masih sering patah - patah. Tapi whatsapp punya pengguna yang sangat banyak di indonesia sehingga masih sangat layak untuk menggunakan aplikasi ini.

3. Line

Tampilan website Line


Kamu pernah memainkan game get rich? game yang gameplay-nya mirip dengan monopoli? kalau pernah berarti kamu sudah menggunakan aplikasi line.

Line merupakan aplikasi yang dibuat atas terjadinya bencana gempa bumi yang menimpa jepang pada tahun 2011. 

Karena kejadian gempa yangt terjadi beberapa developer dari NHN corporation (sebuah perusahaan telekomunikasi di jepang) mengembangkan line sebagai sarana komunikasi para pegawai NHN dan akhirnya dirilis ke publik pada bulan juli pada tahun 2011.

Tanpa diduga line sangat diminati oleh publik dengan terus bertambahnya pengguna hingga server line overload.

Voice call dan video call yang dimiliki line termasuk salah satu yang terbaik karena beberapa kali mencoba menggunakan aplikasi ini untuk melakukan video call atau panggilan video dan sangat lancar.

Untuk perbandingan dengan whatsapp, saya rasa line lebih unggul dalam kualitas video call dan voice call untuk sementara ini, namun untuk memori line sangatlah banyak memakan memori yang besar dibandingkan dengan whatsapp.

Line sendiri merupakan aplikasi multi-platform sehingga kamu bisa install line di dekstop, dan handphone.

4. Skype 

Situs Website Skype
Skype memiliki sejarah yang cukup panjang, skype pertama kali dibuat pada tahun 2003 yang kemudian dibeli oleh microsoft pada tahun 2011.

Skype merupakan aplikasi video call dan video chatting yang dibuat khusus untuk desktop saat pertama kali dirilis, namun pada tahun 2013 skype memperkenalkan aplikasi multiplatform dan bisa di gunakan dengan versi mobile dan dekstop.

Teknologi yang digunakan skype sedikit berbeda dengan teknologi yang digunakan layanan aplikasi video call lainnya, skype menggunakan jaringan yang dikembangkan sendiri dengan nama skype protocol.

Bisa dibilang aplikasi skype ini juga sangat mudah digunakan dan sangat lancar ketika melakukan panggilan video atau video call. Selain itu skype juga menyediakan berbagai layanan seperti video conference, video interview, dll.

5. Messenger 

Situs Website Messenger
Ketika facebook mengeluarkan facebook chat pada tahun 2008, semua orang sangat menyukai aplikasi messaging yang ada di dalam facebook tersebut. Kemudian facebook mengembangkan facebook chat sehingga sekarang menjadi dikenal sebagai messenger, bukan hanya untuk aplikasi messaging tapi juga mempunyai fitur untuk video call.

Disamping kuota yang digunakan sedikit, kualitas video call yang diberikan oleh messenger juga sangatlah bagus. Jadi messenger juga bisa jadi pertimbangan untuk dijadikan aplikasi video call terbaik untuk sekarang ini.

6. Facetime

Facetime apple video call


Nah untuk para pecinta apple ada aplikasi khusus untuk para pecinta device ini, yaitu facetime.

Apa itu facetime?

Facetime adalah aplikasi video chat dan video calling yang di kembangkan oleh apple sendiri, aplikasi ini support dengan segala perangkat apple seperti iphone, ipad, dan mac.

Apple juga tidak mau kalah dalam berinovasi dan mengenalkan facetime pertama kali pada juni 2010 yang dikenalkan langsung oleh steve jobs, sang pendiri apple.

Facetime memiliki keunggulan di penggunaan data yang sedikit hanya sekitar 3mb untuk setiap percakapan melalui video call. Namun beberapa negara melarang aplikasi ini seperti china yang melarang voice call dari facetime tapi mengijinkan video call.

Jadi jika kamu pengguna perangkat apple tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini.

7. Viber 

Viber
Jika kamu seorang yang sangat menjunjung tinggi privacy kamu bisa mencoba aplikasi viber. Dengan tagline "Free and Secure calls", viber menginginkan privacy dari penggunanya terjaga.

Keunggulan dari viber adalah untuk melakukan video call kamu harus melakukan voice call terlebih dahulu, kenapa ini saya sebut keunggulan? karena dengan begitu video call harus dengan kesepakatan kedua belah pihak sehingga viber bisa disebut menjunjung privacy penggunanya.

Untuk memori yang digunakan viber cukup ringan untuk digunakan di handphone dan tampilannya pun mudah untuk digunakan.

Kesimpulan Aplikasi Video Call Terbaik 2018

Karena aplikasi video call yang tersedia sangatlah banyak dan kemungkinan akan terus berkembang, penggunaan aplikasi video call haruslah di sesuaikan dengan kebutuhan tentunya.

Untuk aplikasi yang paling populer seperti whatsapp, line, messenger sangatlah umum digunakan. Sedangkan untuk masalah fungsionalitas google duo menjadi andalan karena google duo sangatlah ringan dan fokus atau khusus digunakan hanya untuk video call saja.

Sedangkan untuk privacy mungkin yang terbaik adalah viber dengan fitur yang mendukung privacy penggunanya.

Jadi, kamu mau mencoba aplikasi video call yang mana? bisa share di kolom komentar tentang pengalaman kamu dengan aplikasi video call ya? 

Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "7 Aplikasi Video Call Terbaik 2018 (Hemat kuota) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel